Kali pertama bepergian ke luar negeri? Terlepas dari apapun tujuan dalam melakukan perjalanan ke luar negeri, sebaiknya terlebih dahulu ketahui pentingnya memiliki asuransi perjalanan luar negeri yang menawarkan klaim yang praktis dan mudah. Jenis asuransi satu ini bahkan bisa didapatkan dengan mudah secara online tanpa mengharuskan kamu pergi ke lokasi kantor penyedia asuransi terdekat.

Penasaran seperti apa sebenarnya asuransi perjalanan ke luar negeri? Yuk cari tahu melalui artikel Qoala Plus satu ini.

Pengertian Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Pengertian Asuransi Perjalanan Luar Negeri
Sumber foto: William Potter via Shutterstock

Asuransi perjalanan cuma menghabiskan uang? Eits, jangan salah! Pada dasarnya sejumlah uang yang dikeluarkan untuk membeli produk asuransi adalah untuk mendapatkan perlindungan terhadap risiko yang mungkin terjadi. Misalnya, saat kamu melakukan perjalanan ke luar negeri, ada beberapa risiko yang mungkin terjadi seperti kehilangan bagasi, jatuh sakit, meninggal di negara orang lain, dan lain sebagainya.

Nah, untuk melindungi traveler dari musibah-musibah tersebut, hadir asuransi perjalanan ke luar negeri dengan segudang manfaat perlindungan utama dan tambahan. Asuransi perjalanan luar negeri juga dikenal dengan sebutan asuransi perjalanan internasional.

Sebenarnya, apa itu polis asuransi perjalanan? Asuransi perjalanan merupakan asuransi yang digunakan untuk meng-cover atau menanggung kejadian tidak terduga selama perjalanan ke luar negeri. Kejadian tersebut bisa berupa beberapa hal seperti yang dicontohkan di atas atau hal lain yang sesuai dengan ketentuan polis asuransi.

Pada saat pembelian, pemegang polis atau nasabah asuransi biasanya akan mendapatkan informasi perihal jaminan apa saja yang perusahaan asuransi tawarkan. Namun, akan lebih baik jika terlebih dahulu memastikan bahwa asuransi pilihan kamu akan menanggung risiko atau memberikan manfaat yang ingin kamu dapatkan selama melakukan perjalanan mulai dari penerbanga dari negara asal hingga kembali ke negara asal.

Jadi agen asuransi terbaik dengan bergabung sebagai Mitra Qoala Plus dan dapatkan cuan berlimpah!

Fungsi dan Manfaat Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Fungsi dan Manfaat Asuransi Perjalanan Luar Negeri
Sumber foto: REDPIXEL.PL via Shutterstock

Membeli asuransi perjalanan artinya kamu akan mendapatkan manfaat perlindungan dari berbagai risiko. Adapun fungsi dan manfaat dari asuransi perjalan luar negeri adalah sebagai berikut:

1. Kompensasi Kehilangan Bagasi

Saat kehilangan bagasi dalam perjalanan, tertanggung akan mendapatkan kompensasi atas kejadian tersebut sebagai manfaat dari asuransi perjalanan luar negeri. Besarnya tergantung dari kesepakatan yang tertanggung buat dengan perusahaan asuransi. Biasanya, hal tersebut juga tergantung dari premi asuransi yang tertanggung bayarkan.

2. Kompensasi Kehilangan Paspor

Selain kompensasi kehilangan bagasi, asuransi perjalan luar negeri terbaik juga akan memberikan kompensasi atas hilangnya paspor. Umumnya, asuransi jenis satu ini juga akan mengcover kehilangan dokumen penting lainnya.

3. Kompensasi Penundaan Penerbangan

Saat terjadi penundaan penerbangan, kamu mungkin merasa kecewa. Namun, apabila hal tersebut terjadi, kamu bisa mengajukan klaim asuransi perjalanan luar negeri agar bisa mendapatkan kompensasi penundaan penerbangan dari perusahaan asuransi yang kamu pilih. Tentunya, ini merupakan fungsi dan manfaat lain dari pentingnya memiliki asuransi perjalanan, bukan?

4. Biaya Perjalanan Darurat

Biaya perjalanan darurat adalah salah satu risiko yang dicover oleh asuransi perjalanan. Dengan begitu, tertanggung tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang karena akan menjadi tanggungan perusahaan asuransi.

5. Biaya Medis

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi selama melakukan perjalan luar negeri. Apabila tertanggung harus mendapatkan perawatan dan pengobatan medis, mereka bisa mengajukan klaim atas biaya medis agar nantinya ditanggung oleh perusahaan asuransi luar negeri.

6. Biaya Evakuasi Medis

Evakuasi medis yang dilakukan terhadap pemegang polis atau tertanggung saat melakukan perjalanan memerlukan sejumlah biaya. Namun, biaya tersebut akan dibebankan kepada perusahaan asuransi sesuai polis yang disepakati tertanggung dan penanggung.

7. Santunan Kematian dan Disabilitas

Apabila terjadi risiko kecelakaan yang menyebabkan kematian atau disabilitas, maka tertanggung atau ahli waris bisa mengajukan klaim untuk mendapatkan santunan dari perusahaan asuransi. Ini merupakan manfaat lain dari asuransi perjalanan yang seseorang beli sebelum mereka pergi melakukan perjalanan termasuk perjalanan ke luar negeri.

8. Kompensasi Kerusuhan

Jika terjadi kerusuhan yang mengganggu dan merugikan, tertanggung bisa mengajukan klaim agar mendapatkan kompensasi atas kejadian tersebut.

9. Biaya Hukum

Asuransi perjalanan luar negeri maupun dalam negeri juga menawarkan manfaat berupa biaya hukum atas terjadinya risiko yang melibatkan tertanggung dalam perkara hukum tertentu.

10. Pertanggungan Tambahan (Rider)

Seperti jenis asuransi lain, asuransi perjalanan yang kamu beli untuk perjalanan ke luar negeri juga menawarkan rider yaitu berupa manfaat tambahan. Yaitu manfaat perlindungan yang tidak ditawarkan oleh asuransi perjalanan pada umumnya. Kamu bisa memilih manfaat tambahan apa saja yang ingin didapatkan agar mendapatkan perlindungan lebih maksimal selama perjalanan.

Manfaat asuransi perjalanan satu ini biasanya bisa didapatkan dengan mengeluarkan uang yang lebih untuk membayar premi. Semakin banyak rider yang kamu pilih, semakin tinggi pula besaran premi yang harus dibayarkan.

11. Sebagai Dokumen Pendukung Perjalanan

Tahukah kamu jika asuransi perjalanan luar negeri juga menjadi dokumen pendukung perjalanan internasional? Perjalanan ke negara tujuan tertentu mengharuskan seseorang memiliki asuransi seperti perjalanan ke negara-negara di Asia. Bahkan, asuransi perjalanan juga dibutuhkan saat kamu hendak pergi beribadah Haji atau Umroh.

Pemegang visa Schengen Eropa juga harus memiliki asuransi perjalanan terlepas dari apapun tujuan mereka di negara yang masuk dalam wilayah Schengen Eropa. Berapa biaya asuransi perjalanan ke Eropa? Langsung saja hubungi pihak penyedia asuransi yang kamu percayakan untuk mendapatkan perlindungan perjalanan.

Ini menjadi manfaat sekaligus alasan kenapa asuransi perjalanan tidak boleh disepelekan atau dianggap remeh. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin perjalanan akan terhambat di mana kamu mengalami kendala untuk melakukan perjalan di negara-negara tertentu.

Yuk, gabung sebagai Mitra Qoala Plus dan dapatkan training seputar produk asuransi maupun berbagai pelatihan lainnya hingga cuan berlimpah!

Cara Beli Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Cara Beli Asuransi Perjalanan Luar Negeri
Sumber foto: MK photograp55 via Shutterstock

Belum tahu cara membeli asuransi perjalanan untuk perlindungan saat berada di luar negeri? Saat ini, banyak produk asuransi untuk tujuan perjalanan yang bisa didapatkan secara online. Terlepas dari produk mana yang akan kamu pilih, umumnya cara belinya tidak jauh berbeda.

Di mana kamu harus mengisi formulir yang tersedia di website atau link pembelian asuransi dari penyedia asuransi perjalanan luar negeri.

Sebagai contoh, apabila kamu hendak membeli asuransi perjalan luar negeri AXA Mandiri, ada beberapa informasi yang harus kamu isi, termasuk:

  • Pilihan jenis mata uang pembayaran apakah rupiah atau dollar Amerika
  • Pilih jenis perjalanan tunggal atau tahunan
  • Destinasi perjalanan dengan mengklik kolom yang tersedia dan pilih negara tujuan
  • Jenis paket apakah spesial asia, gold, atau platinum dengan manfaat yang berbeda-beda
  • Perjalan yang dilakukan apakah perorangan atau keluarga
  • Waktu melakukan perjalanan
  • Data pemegang polis asuransi seperti nama, email, nomor handphone, tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan, nomor identitas dan nomor paspor, serta alamat
  • Data tertanggung tergantung dari berapa orang yang akan menerima manfaat dari asuransi perjalanan

Kemudian, kamu bisa mengikuti setiap langkah yang tertera di layar ponsel atau laptop hingga melakukan pembayaran.

Dapatkan solusi kemudahan beransuransi, baik bagi nasabah maupun agen asuransi dengan dokumen dan proses klaim digital yang didukung teknologi terbaik di Qoala Plus!

Cara dan Prosedur Klaim Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Sudah yakin untuk memilih asuransi perjalanan luar negeri Zurich? Untuk mengetahui cara dan prosedur klaim asuransi perjalanan, terlebih dahulu kamu harus menentukan produk asuransi mana yang akan dibeli, misalnya Zurich. Dengan begitu, kamu bisa mulai mencari informasi yang diperlukan termasuk cara klaim asuransi agar bisa mendapatkan manfaat proteksi yang dijanjikan perusahaan asuransi.

Cara dan prosedur klaim setiap produk asuransi perjalan mungkin berbeda-beda namun biasanya secara garis besarnya sama. Nah, apabila kamu hendak mengajukan klaim asuransi perjalanan Zurich sebagai contoh, berikut adalah prosedur klaim asuransi perjalanan luar negeri tersebut.

  • Pemegang polis atau tertanggung harus menginformasikan perihal klaim mereka dengan menghubungi pihak Zurich melalui telepon maupun email
  • Kemudian, perusahaan asuransi akan memberikan informasi prosedur klaim termasuk formulir klaim yang harus tertanggung atau pemegang polis isi.

Untuk klaim medis, evakuasi medis darurat dan repatriasi selama melakukan perjalanan di luar negeri, kamu bisa menghubungi nomor khusus travel assist Zurich yaitu (+62) 21 5082 5555.

Pastikan tertanggung atau pemegang polis segera melaporkan klaim yang mereka alami tidak lebih dari 5 hari kalender atau sekitar 120 jam setelah terjadinya risiko atau kerugian yang menimpa mereka. Bisa via telepon, email, maupun fax. Untuk klaim darurat internasional bisa dilakukan kapan saja melalui help point 24 jam di nomor (+6221) 573 2806

Adapun dokumen yang harus dilengkapi saat mengajukan klaim adalah:

  • Formulir klaim
  • Fotokopi paspor
  • Tiket dan boarding pass

Untuk klaim kompensasi medis harian, pastikan kamu juga menyediakan dokumen berupa laporan medis dari dokter yang merawat dan kwitansi pembayaran biaya pengobatan (asli bukan fotokopi).

Dokumen klaim yang harus disediakan tentunya berbeda tergantung dari kerugian atau risiko yang tertanggung alami.

  • Klaim kehilangan bagasi pribadi harus melampirkan dokumen berupa:
  • dokumen property irregularity report atau PIR maskapai penerbangan (asli bukan fotokopi atau salinan)
  • Bukti penggantian dari maskapai penerbangan apabila kehilangan menjadi tanggung jawab maskapai
  • Dokumen laporan dari polisi apabila bagasi hilang di tempat umum (asli)
  • Kwitansi asli dari barang yang hilang atau bukti kepemilikan lainnya

Klaim kehilangan dokumen harus kamu sertakan beberapa dokumen seperti:

  • Dokumen laporan dari polisi, asli bukan fotokopi atau salinan
  • Kwitansi atau bukti pembayaran biaya pembuatan kembali dokumen perjalan yang hilang

Dokumen yang harus tertanggung siapkan untuk mengajukan klaim tanggung gugat pribadi adalah sebagai berikut:

  • Kronologis kejadian yang lengkap dan detail
  • Surat tuntutan dari pihak ketiga
  • Foto kerusakan sebagai bukti
  • Dokumen lain yang diperlukan

Klaim keterlambatan bagasi harus menyertakan beberapa dokumen berikut:

  • Surat pernyataan resmi dari maskapai penerbangan atau pengangkutan yang asli dilengkapi dengan tanggal, waktu, serta periode penundaan bagasi
  • PIR dari maskapai penerbangan atau laporan atas keterlambatan bagasi
  • Tanda terima penerimaan bagasi
  • Kwitansi atau bukti pembelian darurat

Untuk informasi dokumen klaim atas terjadinya kerugian atau kecelakaan yang tertanggung alami, bisa menghubungi call center atau datang langsung ke lokasi perusahaan asuransi terdekat. Dengan begitu, tertanggung tahu apa saja dokumen yang perlu mereka persiapkan untuk kerugian tertentu sesuai dengan ketentuan polis.

Contoh Produk Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Untuk kamu yang hendak melakukan perjalanan ke luar negeri, apakah sudah memiliki asuransi perjalanan luar negeri covid 19? Jenis asuransi satu ini akan melindungi kamu dari risiko yang mungkin bisa terjadi selama berada di negara orang lain.

Kira-kira apa saja pilih produk yang bisa kamu pertimbangkan agar mendapatkan manfaat dari asuransi perjalanan ke luar negeri? Berikut adalah beberapa contoh produk asuransi perjalanan luar negeri yang manfaat dan preminya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan:

  • Zurich asuransi Indonesia
  • Asuransi Sompo
  • Asuransi Sinar Mas
  • AXA Mandiri travel insurance
  • Asuransi perjalanan Allianz
  • Asuransi perjalanan internasional dari MSIG
  • ACA travel insurance

Kamu juga bisa menghubungi agen asuransi terdekat untuk mengetahui apa saja rekomendasi atau contoh produk asuransi yang bisa kamu gunakan untuk tujuan perjalanan ke negara tertentu. Yang menarik dari asuransi perjalanan luar negeri Allianz adalah bisa didapatkan secara online.

Tips Memilih Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Tips Memilih Asuransi Perjalanan Luar Negeri
Sumber foto: Tijana Simic via Shutterstock

Untuk menentukan produk asuransi yang tepat, misalnya asuransi perjalan luar negeri Allianz atau produk dari penyedia asuransi lainnya, ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan. Pastikan kamu sudah tahu bagaimana cara memilih asuransi perjalanan yang tepat. Sehingga bisa mendapatkan manfaat perlindungan yang diperlukan serta meminimalisir risiko salah pilih asuransi.

Perlu tips? Coba pertimbangkan beberapa tips memilih asuransi perjalanan luar negeri berikut ini. Agen asuransi juga tentunya perlu tahu untuk dapat memberikan arahan produk asuransi perjalanan luar negeri terbaik yang solutif bagi nasabah.

1. Tujuan Perjalanan

Saat memilih asuransi perjalanan, sebaiknya tentukan dahulu tujuan perjalanan yang akan kamu lakukan. Hal tersebut akan membantu kamu memilih jenis manfaat dan perlindungan agar sesuai dengan kebutuhan selama perjalanan.

Beberapa tujuan dan jenis perjalanan mungkin tidak dicover oleh produk asuransi perjalanan tertentu. Jadi, kamu harus mencari produk lain yang sesuai sebagai alternatif.

2. Fasilitas dan Pertanggungan

Saat memilih asuransi perjalanan, jangan hanya tergiur dengan premi asuransi yang murah. Kamu juga harus memastikan fasilitas dan pertanggung apa saja yang disediakan oleh perusahaan asuransi dan apakah kedua hal tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan tujuan proteksi yang kamu ingin dapatkan.

3. Persyaratan yang Dibutuhkan di Lokasi Tujuan

Tips memilih asuransi perjalanan selanjutnya adalah mencari tahu informasi seputar persyaratan yang dibutuhkan di lokasi tujuan. Agar tidak salah pilih produk asuransi.

4. Durasi (Lama Waktu) Bepergian

Berapa lama akan melakukan perjalanan? Durasi atau lama waktu bepergian juga menjadi hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan sebelum membeli asuransi perjalanan luar negeri.

5. Besaran Uang Pertanggungan

Besaran uang pertanggungan yang akan didapatkan merupakan hal lain yang harus diperhatikan bahkan dalam memilih asuransi perjalanan luar negeri BCA atau produk serupa lainnya. Kebutuhan setiap orang akan perlindungan tentunya berbeda-beda. Itulah kenapa mereka harus tahu berapa banyak uang pertanggungan yang akan didapatkan dengan premi yang dibayarkan.

Namun, kamu juga harus tahu kalau semakin besar uang pertanggungan yang diberikan perusahaan asuransi, semakin besar pula jumlah premi yang harus kamu bayarkan untuk mendapatkan manfaat asuransi perjalanan. Jadi, semua kembali pada kebutuhan perjalanan yang kamu perlukan.

6. Cek Asuransi yang Sudah Dimiliki

Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi yang memberikan perlindungan selama berada di luar negeri, cek terlebih dahulu asuransi yang kamu punya. Apabila asuransi tersebut sudah menawarkan perlindungan yang kamu perlukan, artinya kamu tidak perlu lagi membeli asuransi perjalanan luar negeri Prudential.

Ini tentunya membantu kamu menghemat lebih banyak uang karena sudah tidak perlu membeli produk asuransi lain. Namun, jika asuransi kamu tidak mengcover perlindungan untuk perjalanan ke luar negeri, segera hubungi agen asuransi atau mitra Qoala Plus yang bisa membantu kamu mendapatkan produk asuransi yang sesuai.

7. Budget atau Anggaran untuk Membayar Premi

Ada banyak produk asuransi yang khusus memberikan perlindungan bagi orang-orang yang hendak bepergian di dalam negeri maupun ke luar negeri. Masing-masing menawarkan manfaat dan kelebihannya. Memang benar jika semakin banyak manfaat yang diberikan itu semakin baik. Akan tetapi, ada harga yang harus kamu bayar untuk mendapatkan sejumlah manfaat asuransi tersebut. Di mana premi asuransi lebih tinggi dibandingkan dengan produk asuransi serupa lainnya yang manfaatnya terbatas.

Meskipun kamu ingin mendapatkan yang terbaik dari asuransi perjalanan luar negeri ACA, perhitungkan kembali harga asuransi perjalanan luar negeri tersebut. Pastikan apakah harga tersebut sesuai dengan budget yang kamu siapkan.

8. Ketentuan Polis

Travel insurance mengcover apa saja? Biasanya, hal tersebut akan dijelaskan oleh agen atau pegawai asuransi saat kamu mendatangi lokasi kantor penyedia asuransi terdekat. Informasi tersebut bisa juga didapatkan dengan menghubungi call center. Namun, semua hal tentang asuransi akan dijelaskan dalam ketentuan polis.

Itulah kenapa kamu harus membaca dan memahami setiap poin yang ada dalam ketentuan polis. Dengan begitu, kamu bisa yakin kalau produk asuransi pilihanmu sudah tepat dan sesuai kebutuhan perlindungan saat sedang berada di luar negeri. Kondisi yang tidak menentu membuat semua kemungkinan dan risiko apapun bisa terjadi. Itulah kenapa harus mempersiapkan asuransi perjalanan sebelum kamu berkunjung ke negara tujuan.

9. Prosedur Klaim yang Praktis

Tidak ada nasabah asuransi yang ingin menghabiskan waktu dan tenaga mereka hanya pada proses klaim asuransi. Nah, apabila kamu hendak membeli asuransi perjalanan luar negeri Traveloka baik secara online maupun offline, pastikan memilih produk yang menawarkan prosedur klaim yang praktis. Artinya, kamu bisa mendapatkan manfaat dari asuransi perjalanan dengan mudah dan cepat.

10. Klaim yang Sudah Dibayarkan

Tips memilih asuransi perjalanan luar negeri Jepang yang selanjutnya adalah mempertimbangkan berapa banyak klaim yang sudah perusahaan asuransi bayarkan. Ini bisa menjadi bukti nyata kalau kamu akan mendapatkan hak sebagai pemegang polis yang akan mendapatkan manfaat atau kompensasi atau peristiwa yang terjadi selama perjalanan. Berapa asuransi perjalanan ke Jepang? Umumnya, biaya asuransi bervariasi antara satu produk asuransi dengan lainnya dan juga tergantung pada jumlah uang pertanggungan serta manfaat tambahan apa saja yang ingin kamu dapatkan.

Sudah memutuskan asuransi perjalanan luar negeri mana yang akan kamu pilih? Atau mungkin kamu masih ingin mendapatkan beberapa rekomendasi lainnya? Untuk setiap kebutuhan asuransi yang memberikan manfaat perlindungan terhadap risiko saat bepergian, pastikan untuk selalu melibatkan pihak terkait seperti menghubungi atau berdiskusi dengan agen asuransi. Misalnya, Mitra Qoala Plus yang bisa kamu temui kapan saja dan di mana saja.

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi agen asuransi terbaik yang dapat melakukan penjualan produk asuransi perjalanan luar negeri terbaik pula, kamu bisa segera mendaftarkan diri di Qoala Plus. Dapatkan penghasilan sebanyak mungkin dengan menawarkan solusi perlindungan yang tepat kepada calon nasabah asuransi. Cara lainnya untuk menjadi Mitra Qoala Plus, kamu juga bisa mengakses aplikasi Qoala Plus yang dapat kamu install di smartphone melalui Google Play atau App Store.