Agen asuransi online? Apa sih keuntungan menjalani profesi tersebut? Berapa gaji bekerja di asuransi? Beberapa pertanyaan tersebut mungkin memenuhi isi kepala kamu saat seseorang menawarkan kesempatan kepadamu untuk menjadi bagian dari perusahaan asuransi sebagai agen asuransi?

Agar tidak salah dalam memahami profesi di dunia asuransi satu ini, kamu bisa membaca artikel tentang agen asuransi online yang sudah tim Qoala Plus rangkum kali ini.

Pengertian Apa itu Agen Asuransi Online

Sudah tahu kan kalau agen asuransi online bisa menjadi pekerjaan yang memberikan penghasilan menjanjikan apabila ditekuni dengan baik dan konsisten? Tetapi, apa sih sebenarnya agen asuransi online itu?

Pada dasarnya, agen asuransi adalah seseorang atau pihak yang bekerja dalam memasarkan produk asuransi kepada masyarakat yang membutuhkan perlindungan dari risiko tertentu.

Secara hukum UU No.2 Tahun 1992 Pasal 1 Ayat 10, agen asuransi merupakan seseorang atau badan hukum yang menjalankan kegiatan yaitu memberikan atau menawarkan jasa dalam memasarkan jasa asuransi untuk dan atas nama penanggangung. Bahkan, kini kamu bisa menemukan begitu banyak agen asuransi mobil yang menawarkan produk secara online.

Sedangkan pengertian agen asuransi menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam Nomor 69/POJK.05/2016 adalah orang yang bekerja sendiri atau pada badan usaha yang bertindak untuk dan atas nama perusahaan penyedia asuransi konvensional atau syariah guna memenuhi persyaratan untuk mewakili perusahaan tersebut memasarkan produk sebagaimana yang dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang perasuransian.

Dari beberapa pengertian di atas, sudah jelas kalau agen asuransi bekerja dalam memasarkan produk asuransi dari perusahaan asuransi maupun perusahaan asuransi syariah. Tertarik untuk bergabung sebagai agen asuransi syariah?

Menjadi agen asuransi berarti harus mematuhi etika yang ada. Dimana seorang agen hanya boleh bekerja untuk satu perusahaan asuransi saja yang ada di Indonesia. Bagaimanapun juga agen asuransi merupakan perpanjangan tangan dari penyedia asuransi dalam melakukan perjanjian dengan calon nasabah yang nantinya akan menjadi tertanggung atau pihak yang menerima manfaat perlindungan asuransi.

Saat tertarik untuk membeli asuransi namun tidak tahu harus menghubungi siapa karena tidak memiliki kenalan seseorang yang bekerja sebagai agen asuransi atau mitra Qoala Plus, kamu bisa mencari informasi daftar agen asuransi. Dengan begitu, kamu bisa menemukan orang yang tepat untuk mendapatkan produk atau jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Lalu, siapa agen asuransi online? Agen asuransi online adalah agen asuransi yang menawarkan produk asuransi secara online atau digital melalui berbagai platform atau media. Saat ini, ada banyak media yang bisa agen asuransi manfaatkan seperti aplikasi atau website yang disediakan oleh perusahaan asuransi. Atau mereka juga bisa menawarkan produk asuransi melalui platform umum.

Menjadi agen asuransi online berarti kamu bisa menawarkan produk proteksi pada calon pelanggan atau prospek tanpa harus bertatap muka langsung dengan mereka. Tentunya, diperlukan strategi dan trik khusus agar bisa menjangkau lebih banyak audiens dan menjadikan mereka sebagai calon nasabah potensial.

Jadi agen asuransi terbaik dengan bergabung sebagai Mitra Qoala Plus dan dapatkan cuan berlimpah!

Perbedaan Agen Asuransi Umum dengan Agen Asuransi Online

Perbedaan Agen Asuransi Umum dengan Agen Asuransi Online
Sumber foto: MK photograp55 via Shutterstock

Pernah mendapatkan tawaran produk proteksi diri atau proteksi kesehatan dari agen asuransi Prudential? Rasanya, tidak sulit untuk menemukan profesi satu ini terutama secara offline. Biasanya, agen asuransi mencari prospek atau calon nasabah potensial di beberapa titik atau tempat yang ramai pengunjung.

Jika kamu pernah mendengar istilah agen asuransi online, apa sih yang membuatnya berbeda dari agen asuransi umum? Keduanya memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama. Hanya saja, berbeda dari agen asuransi umum, agen asuransi online bekerja secara digital atau online dengan memanfaatkan platform dan aplikasi yang perusahaan sediakan atau fasilitasi.

Karena bekerja secara online, agen asuransi tersebut tidak diharuskan bertemu atau bertatap muka langsung dengan prospek atau calon nasabah asuransi. Semua kegiatan dalam memasarkan produk asuransi mereka lakukan secara online.

Yuk, gabung sebagai Mitra Qoala Plus dan dapatkan training cara mencari nasabah asuransi maupun berbagai pelatihan lainnya hingga cuan berlimpah!

Tugas dan Tanggung Jawab Agen Asuransi Online

Asuransi merupakan pilihan perlindungan yang tepat untuk orang tersayang atau aset berharga. Namun, menjadi agen asuransi berarti kamu harus mengetahui lebih jauh tentang agen asuransi online termasuk semua tugas dan tanggung jawabnya. Apa tugas dari agen asuransi? Jika penasaran, berikut adalah jawaban dari pertanyaan tersebut dimana pada umumnya tugas agen asuransi adalah:

  • Menyampaikan dan menyediakan pilihan produk asuransi kepada prospek atau calon nasabah
  • mencari dan memprospek calon nasabah potensial agar membeli produk yang ditawarkan
  • Menetapkan calon nasabah dengan membuat daftar lengkap dengan detail informasinya termasuk nomor telepon
  • Mengatur waktu untuk menghubungi atau menawarkan produk asuransi secara online tanpa harus bertemu secara langsung
  • Menyampaikan informasi detail produk yang ditawarkan dan menjawab pertanyaan apabila prospek mengajukan pertanyaan seputar asuransi
  • Menyediakan akses komunikasi dengan konsultan asuransi profesional dan berpengalaman jika nasabah mengalami kendala atau masalah yang berkaitan dengan produk asuransi yang dibeli
  • Membantu segala proses asuransi mulai dari pembelian hingga penutupan polis asuransi para nasabah
  • Mengumpulkan informasi serta melakukan riset pasar agar bisa mengupgrade diri, menambah pengetahuan, serta memperluas jaringan dan target audiens

Keuntungan Menjalankan Profesi Sebagai Agen Asuransi Online

Setiap profesi tentunya memiliki keuntungan dan tantangan tersendiri. Nah, jika kamu tertarik untuk mencoba peruntungan di dunia asuransi dengan menjadi agen asuransi online, berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan:

a. Waktu Kerja yang Fleksibel dapat Dilakukan Kapan Saja dan Di Mana Saja

Memiliki waktu kerja fleksibel merupakan sebuah keuntungan. Tentunya hal tersebut bisa juga dirasakan oleh mereka yang memutuskan untuk bekerja sebagai agen asuransi online. Tidak hanya itu, pekerjaan tersebut bisa mereka lakukan kapan saja dan dimana saja sehingga mereka bisa tetap menawarkan produk meski sedang berada di luar kota tempat tinggal.

Dengan begitu, agen asuransi tidak perlu selalu melakukan aktivitas rutin yang bisa sangat membosankan. Tidak ada aturan harus datang ke tempat kerja setiap hari tertentu di jam tertentu. Jadi, agen asuransi online bisa bekerja dengan lebih bebas, fleksibel, dan nyaman. Hal tersebut tentu memberikan agen asuransi ruang yang lebih untuk fokus pada apa yang mereka lakukan serta menyusun strategi atau trik untuk menarik orang agar membeli produk asuransi.

b. Penghasilan Berupa Komisi bagi Agen Asuransi

Penghasilan berupa komisi agen asuransi merupakan keuntungan lain dari pekerjaan di bidang industri satu ini. Hal tersebut justru memberikan peluang yang besar untuk mendapatkan penghasilan tanpa batas. Namun, tentunya komisi bisa didapatkan dari penjualan produk serta nasabah yang selalu membayar polis asuransi mereka.

Seperti apa perhitungan komisi yang bisa agen asuransi online dapatkan? Pada umumnya, setiap perusahaan asuransi memiliki ketetapan perihal besaran persentase komisi untuk agen. Namun, besaran tersebut diatur berdasarkan annual premium income atau API yang merupakan pendapatan tahunan. Yaitu mulai dari 5 hingga 30 persen. Ini juga yang membuat persentase komisi agen tiap perusahaan asuransi berbeda.

Kamu bisa mencari informasi tersebut terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bergabung sebagai agen asuransi perusahaan asuransi yang kamu inginkan. Akan lebih baik jika perusahaan asuransi menawarkan komisi dengan persentase yang cukup besar yaitu hingga 30 persen agar nantinya kamu mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

Sebagai contoh, mari kita lakukan simulasi perhitungan komisi agen asuransi Prudential yang bisa agen asuransi online dapatkan.

Misalnya, seorang agen asuransi online memiliki 25 nasabah dengan premi masing-masing Rp 1 juta per bulan. Artinya, premi dalam setahun adalah Rp 12 juta untuk masing-masing nasabah. Dimana premi tersebut mampu memberikan manfaat investasi Rp 8 juta per tahun.

Kamu bisa melakukan perhitungan sebagai berikut jika komisi yang diberikan adalah sebesar 20 persen.

API : 25 x 8 = Rp 200 juta

Maka untuk perhitungan komisi cukup mengalikan Rp 200 juta dengan 20 persen yaitu Rp 40 juta per tahun. Dengan demikian, komisi agen asuransi dari 25 nasabah tersebut setiap bulannya adalah Rp 40 juta : 12 yaitu

Rp 4.333.333. Bayangkan jika ternyata seorang agen memiliki 4 kali lipat nasabah asuransi yaitu sekitar 100 orang, kira-kira berapa komisi yang bisa agen asuransi dapatkan setiap bulannya?

Semakin banyak nasabah asuransi yang bisa mereka dapatkan dan pertahankan, semakin besar komisi yang akan didapatkan. Itulah kenapa seorang agen asuransi memiliki tantangan dalam menarik setiap calon nasabah potensial agar mereka memutuskan untuk membeli asuransi dan tetap membayar polis dalam jangka waktu yang ditentukan.

c. Bonus dan Benefit Lainnya

Dengan bonus dan benefit lainnya yang semakin menambah daftar keuntungan bekerja sebagai agen asuransi, bukan tidak mungkin kamu bisa menjadi agen asuransi terkaya di kemudian hari. Bonus dan benefit yang ditawarkan biasanya beragam tergantung dari kebijakan perusahaan asuransi masing-masing. Itulah kenapa kamu harus mempertimbangkan dengan baik dalam memilih perusahaan asuransi dimana kamu ingin bergabung sebagai agen asuransi dan bagian dari mereka.

d. Up to Date dengan Pengetahuan di Bidang Keuangan

Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi memberikan kita peluang untuk selalu melakukan upgrade diri. Jika kita terlena di zona nyaman, bukan tidak mungkin pada akhirnya akan jauh tertinggal. Menjadi agen asuransi tertanya juga memberikan keuntungan lain dimana kamu bisa memperluas wawasan dan pengetahuan tentang keuangan. Bahkan, kamu bisa selalu up-to-date tentang hal tersebut sehingga bisa mengikuti setiap perkembangan dan perubahan dalam bidang keuangan.

Hal tersebut juga memungkinkan kamu agar bisa belajar lebih bijak dalam mengatur keuangan serta mendapatkan manfaat yang lebih dari setiap keputusan baik saat memilih jenis investasi maupun asuransi yang tepat untuk perlindungan di masa mendatang.

e. Mendorong Kemampuan Adaptasi Terhadap Perkembangan Zaman di Era Digital

Sebagai manusia yang tinggal di era digital, kita tidak bisa hanya berdiam diri dan berpasrah pada keadaan. Bagaimanapun juga kompetisi yang sangat kuat mengharuskan kita untuk berusaha lebih giat. Dengan menjadi agen asuransi, kamu akan terdorong untuk bisa beradaptasi agar tetap bisa bertahan.

Jadi, bekerja sebagai agen asuransi online tidak harus melulu tentang uang dan penghasilan. Apabila memiliki kemampuan adaptasi terhadap perkembangan zaman tentunya kamu bisa membuka lebih banyak peluang untuk mendapatkan calon nasabah baru maupun untuk membuka kesempatan bisnis dengan bermodalkan pengalaman yang dimiliki. Terlebih jika sudah terbiasa dengan dunia digital dan memanfaatkan berbagai teknologi dan platform yang mendukung pekerjaanmu sebagai agen asuransi online.

f. Memperbanyak Relasi atau Networking

Relasi atau networking merupakan keuntungan yang tidak bisa dianggap remeh saat kamu berprofesi sebagai agen asuransi. Meski beberapa prospek akhirnya memutuskan untuk tidak membeli produk asuransi yang kamu tawarkan karena beberapa alasan, tetapi kamu berkesempatan untuk memperluas relasi.

Luasnya relasi juga bisa memberikan dampak positif bagi profesi sebagai agen. Bisa jadi calon nasabah yang gagal di prospek ternyata memiliki kerabat atau rekan bisnis yang sedang mencari produk asuransi terbaik. Bukankah hal tersebut merupakan peluang yang bisa kamu dapatkan tanpa perlu usaha yang lebih? Belum lagi jika nantinya jika calon nasabah tersebut menjalankan bisnis. Pastinya, mereka memerlukan asuransi untuk kebutuhan bisnisnya termasuk properti, karyawan, dan kendaraan yang digunakan dalam kegiatan bisnis.

g. Dapat Dijadikan Pekerjaan Paruh Waktu (Part Time) sebagai Sumber Penghasilan Tambahan

Keuntungan lain dari profesi agen asuransi online adalah kamu bisa menjadikan sebagai sumber penghasilan tambahan. Bagaimana bisa? Jika saat ini kamu sedang bekerja sebagai karyawan sebuah perusahaan, peluang menjadi agen asuransi tetap terbuka lebar karena pekerjaan tersebut bisa kamu jadikan sebagai pekerjaan paruh waktu atau yang dikenal dengan istilah part-time job.

Dengan begitu, kamu berkesempatan merasakan pengalaman menjadi agen asuransi yang mendapatkan penghasilan agen asuransi sesuai dengan komisi yang perusahaan asuransi tetapkan. Namun, kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan sumber penghasilan utama karena kedua pekerjaan bisa dijalankan secara bersamaan.

Meski bisa menambah pundi-pundi rupiah, tetapi kamu juga harus memperhatikan kalau memiliki pekerjaan paruh waktu berarti kamu harus pintar mengatur waktu agar tidak mengganggu pekerjaan utama. Jika tidak tahu harus darimana memulai pekerjaan agen asuransi, mengapa tidak bergabung sebagai mitra Qoala Plus?

Dapatkan solusi kemudahan beransuransi, baik bagi nasabah maupun agen asuransi dengan dokumen dan proses klaim digital yang didukung teknologi terbaik di Qoala Plus!

Tantangan Menjadi Agen Asuransi Online

Jika pada akhirnya memutuskan untuk menjadi AAJI agen, artinya kamu sudah siap dengan semua kemungkinan yang bisa terjadi. Setiap pekerjaan memiliki tantangan, begitu pula dengan seorang agen asuransi.

Faktanya, saat memutuskan untuk daftar agen asuransi Allianz atau perusahaan asuransi lainnya, kamu akan berada dalam kompetisi yang kuat. Di luar sana, ada begitu banyak agen yang juga baru memulai karirnya. Memang benar jika seorang agen harus mampu menjual produk asuransi. Tetapi, apakah kamu akan menghabiskan fokus, waktu, dan energi hanya pada hal tersebut saja?

Sebelum mendaftarkan diri sebagai agen asuransi online baik dengan bergabung sebagai mitra Qoala Plus atau dengan memilih penyedia asuransi lainnya, jawab terlebih dahulu beberapa pertanyaan berikut:

  • Apakah kamu yakin kalau menjual produk asuransi itu mudah?
  • Apakah pekerjaan sebagai asuransi bisa tetap bertahan hingga 5 tahun kedepan?
  • Seperti apa minat masyarakat terhadap asuransi di tengah mitos kalau membeli asuransi hanya membuang-buang uang saja?

Kamu juga mungkin menemukan tantangan yang beragam saat mulai menjalani pekerjaan sebagai agen asuransi Allianz. Misalnya, latar belakang calon nasabah yang berbeda dan mengharuskan kamu menggunakan cara yang berbeda dalam berkomunikasi agar bisa diterima dan menarik perhatian mereka.

Persaingan antar agen dan produk asuransi sejenis dari beberapa perusahaan asuransi terkemuka juga turut menjadi tantangan bagi setiap agen asuransi. Terlebih saat ini semakin banyak perusahaan asuransi di Indonesia. Belum lagi tekanan dalam pekerjaan seperti target penjualan yang harus terpenuhi setiap periodenya.

Jika bertanya apakah agen asuransi ada target? Semua mungkin tergantung pada kebijakan dan kebutuhan masing-masing perusahaan asuransi. Untuk mendapatkan informasi yang jelas, kamu bisa terlebih dahulu sharing dengan agen yang sudah terlebih dahulu bekerja di bidang asuransi di perusahaan yang kamu targetkan. Atau bisa juga menanyakan hal tersebut dalam sesi wawancara yang perusahaan asuransi lakukan untuk mencari calon agen asuransi terbaiknya.

Cara Menjadi Agen Asuransi Online

Cara Menjadi Agen Asuransi Online
Sumber foto: Preechar Bowonkitwanchai via Shutterstock

Dengan semua keuntungan yang ditawarkan, tidak sedikit orang yang tertarik untuk menjadi agen asuransi. Akan tetapi, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara menjadi agen asuransi Prudential? Pada dasarnya, menjadi agen asuransi mengharuskan kamu mendaftarkan diri terlepas dari perusahaan asuransi mana yang hendak dipilih untuk bergabung.

Nah, untuk lebih jelasnya, kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut.

a. Cara Daftar untuk Menjadi Agen Asuransi Online

Agar bisa memulai karir sebagai agen asuransi online, tentunya ada berbagai tahapan yang harus dilalui. Yang paling utama adalah mendaftarkan diri. Berikut adalah cara daftar untuk menjadi agen asuransi online agar mendapatkan perusahaan atau penyedia asuransi yang tepat:

1. Memilih Perusahaan atau Platform Asuransi Terpercaya dan Terbaik

Ada begitu banyak perusahaan penyedia asuransi. Selain perusahaan asuransi, kamu juga bisa menemukan perusahaan yang merupakan insurtech company. Oleh sebab itu, pastikan kamu memilih perusahaan atau platform yang terpercaya di Indonesia.

Nama baik atau reputasi perusahaan serta beragam keuntungan yang ditawarkan termasuk besaran komisi biasanya menjadi pertimbangan saat seseorang hendak bergabung sebagai agen asuransi.

Salah satu platform terbaik yang membuka peluang besar bagi para calon agen asuransi untuk mendapatkan penghasilan yang menguntungkan adalah Qoala Plus. Yang juga menyediakan aplikasi untuk membantu agen dalam menjalani pekerjaan mereka. Melalui, aplikasi tersebut, calon agen bisa belajar lebih dalam tentang asuransi sehingga akan lebih siap saat mulai terjun ke lapangan dan mencari calon nasabah.

2. Mendaftarkan Diri Sebagai Agen Asuransi

Sudah tahu perusahaan asuransi mana yang akan kamu pilih? Sudah mendapatkan jawaban dari pertanyaan tentang berapa income agen asuransi? Dengan informasi yang terkumpul, kamu bisa mulai mendaftarkan diri sebagai agen asuransi. Cara mudahnya adalah dengan menjadi bagian atau mitra Qoala Plus. Dimana kamu nantinya akan bekerja dalam menawarkan berbagai produk dan jenis asuransi.

Sehingga bisa membantu masyarakat dalam menentukan jenis proteksi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing. Dengan beragamnya produk asuransi yang ditawarkan, kamu berkesempatan mendapatkan lebih banyak calon nasabah potensial karena kebutuhan setiap orang atau individu akan proteksi sangat berbeda. Ada yang lebih membutuhkan perlindungan jiwa dan ada juga yang lebih memerlukan asuransi kesehatan atau jenis asuransi lain.

3. Mengikuti Pelatihan Dasar Mengenai Asuransi

Pelatihan dasar asuransi adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari agen asuransi yang baru bergabung. Bagaimanapun juga, mereka tidak bisa langsung terjun menawarkan produk tanpa pengetahuan dasar. Jadi, saat memutuskan untuk menjadi Mitra Qoala Plus, kamu akan mengikuti berbagai pelatihan terutama pelatihan dasar.

Bahkan kamu juga akan mengikuti pelatihan-pelatihan lanjutan lainnya untuk menunjang profesionalitas sebagai agen asuransi yang tentunya harus bisa mengedukasi dan membantu masyarakat dalam menentukan pilihan yang tepat. Belum lagi jika banyak pertanyaan dari masyarakat yang masih awam dan tidak mengerti soal asuransi sama sekali.

4. Mengikuti serta Lulus Ujian Sertifikasi (Khususnya untuk Agen Asuransi Jiwa)

Selain bergabung dengan perusahaan atau penyedia asuransi terkemuka di Indonesia, kamu juga harus mengikuti ujian sertifikasi agar nantinya menjadi bagian AAJI agen asuransi yang terdaftar secara resmi. Ujian sertifikasi harus diikuti oleh agen asuransi yang ingin memiliki lisensi atau dikenal sebagai agen asuransi yang legal. Namun, lebih dikhususkan bagi agen asuransi jiwa atau agen asuransi yang hendak berfokus pada produk asuransi yang memberikan manfaat proteksi jiwa.

5. Menaati dan Menerapkan Peraturan serta Kode Etik dari Perusahaan dan Asosiasi Asuransi

Meski bisa dijadikan sebagai pekerjaan paruh waktu dengan waktu kerja yang fleksibel, namun menjadi agen asuransi berarti kamu harus mematuhi semua peraturan yang dibuat. Termasuk juga menaati kode etik dari perusahaan maupun asosiasi asuransi. Karena bekerja sebagai agen asuransi bukan hanya menjadi bagian dari perusahaan tetapi juga asosiasi asuransi yang ada di Indonesia.

Saat sudah yakin untuk menjalani profesi sebagai agen asuransi online, jangan lupakan poin satu ini agar kamu tetap bisa berkarir dan membangun masa depan cemerlang di dunia asuransi tanpa cacat meski hanya setitik.

b. Kualifikasi dan Kriteria yang Dibutuhkan untuk Menjadi Agen Asuransi Online

Dalam mempersiapkan diri sebagai agen asuransi online, kamu juga harus mengetahui apa saja kualifikasi dan kriteria agen asuransi. Berikut adalah kualifikasi dan kriteria yang harus dipenuhi oleh setiap calon agen asuransi online:

1. Memiliki Lisensi Resmi (Khusus untuk Agen Asuransi Jiwa)

Agen asuransi terutama mereka yang menawarkan produk asuransi jiwa harus memiliki lisensi resmi sebagai bukti profesi yang dijalankan. Lisensi tersebut juga bisa memengaruhi masyarakat karena mereka hanya ingin mendapatkan asuransi dari agen terpercaya yang resmi. Seperti yang kita tahu kalau terlalu banyak isu tentang asuransi bodong, penipuan, dan lainnya.

Dengan lisensi resmi yang dimiliki, agen asuransi jiwa bisa membuktikan pada prospek atau calon nasabah potensial kalau mereka bekerja secara resmi untuk perusahaan asuransi yang juga memiliki izin resmi dari OJK melalui pojk agen asuransi. Terlebih, setiap transaksi atau perjanjian yang akan nasabah dan perusahaan asuransi lakukan dilindungi oleh hukum yang berlaku di Indonesia.

2. Melek Teknologi dan Mampu Melakukan Pemanfaatannya di Era Digital

Teknologi tidak bisa dielakkan terutama di era digital seperti sekarang ini. Setiap calon agen asuransi online harus melek teknologi serta bisa memanfaatkannya yang akan menunjang pekerjaan atau profesi mereka nantinya. Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa seorang agen asuransi online harus terbuka dan mengikuti kemajuan teknologi terutama yang diciptakan untuk kebutuhan industri asuransi.

3. Memiliki Penguasaan Produk yang Baik dan Mampu Memberikan Informasi dengan Jelas yang Dapat Dipahami oleh Nasabah

Seorang agen asuransi juga harus menguasai produk sehingga bisa memberikan informasi dengan jelas. Sehingga masyarakat yang merupakan prospek atau calon nasabah asuransi bisa memahami informasi yang agen sampaikan.

Sebelum mendaftarkan diri sebagai agen asuransi online maupun offline, mulailah untuk membaca informasi dari berbagai sumber terpercaya. Hal tersebut sangatlah penting meskipun nantinya agen asuransi akan mengikuti pelatihan dasar yang diselenggarakan oleh perusahaan asuransi.

Pahami setiap informasi dan mulailah untuk mencari cara bagaimana agar penjelasan bisa dipahami oleh calon nasabah dengan latar belakang yang berbeda.

4. Memiliki Skill Komunikasi yang Baik

Penyampaian informasi seputar asuransi tentunya tidak lepas dari kemampuan komunikasi. Itulah kenapa memiliki skill komunikasi yang baik menjadi salah satu kualifikasi dan kriteria yang diperlukan dari seorang agen asuransi online maupun offline terbaik. Jika tidak, maka calon agen asuransi akan kehilangan kesempatan untuk membuktikan kalau dirinya mampu dan layak berada di industri asuransi.

Seorang agen asuransi akan sering berkomunikasi dengan prospek maupun nasabah asuransi. Bahkan, mereka juga akan berhubungan dengan banyak pihak yang ada di dunia asuransi termasuk konsultan asuransi yang harus mereka hubungi apabila terjadi masalah pada salah satu nasabah asuransi.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik, agen asuransi bisa menyampaikan setiap informasi kepada pihak tertentu dengan baik tanpa adanya kesalahan yang membuat pihak tersebut salah mengartikan maksud dan penyampaian agen asuransi.

5. Mudah Dihubungi dan Sigap Memberikan Bantuan

Meski bekerja dengan waktu fleksibel dan menjadikanya sebagai pekerjaan sampingan, bukan berarti agen asuransi tidak bersungguh-sungguh dalam bekerja. Mereka harus bisa bekerja secara profesional dan mendedikasikan dirinya.

Seorang agen asuransi harus selalu sigap memberikan bantuan. Jadi, saat memutuskan untuk bekerja sebagai agen asuransi, kamu harus bisa selalu dihubungi dengan mudah. Dengan semakin banyaknya nasabah yang dimiliki, semakin tinggi pula tanggung jawab. Beberapa nasabah mungkin membutuhkan bantuan yang lebih baik dalam mengatasi masalah yang mereka hadapi maupun sekedar mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan.

Kembali lagi kalau setiap nasabah itu unik, berlatar belakang berbeda, dan memiliki level pengetahuan yang berbeda dalam hal asuransi. Jadi, jangan heran jika nantinya kamu menemukan nasabah yang selalu menghubungi kamu meski hanya untuk menanyakan pertanyaan yang kamu anggap terlalu umum dan mudah. Bisa saja mereka meminta bantuan kamu untuk mengecek premi asuransi.

Terkadang kamu juga harus bisa menjadi pengingat yang baik agar nasabah tetap membayar premi asuransi tepat waktu agar mereka tetap bisa mendapatkan manfaat perlindungan dari asuransi. Belum lagi kamu harus memberikan pengertian saat mereka tidak bisa mengakses aplikasi apabila terjadi masalah pada aplikasi asuransi yang diperuntukkan bagi nasabah asuransi.

Dengan segala kemungkinan yang ada, agen asuransi harus selalu siap dan sigap serta mudah dihubungi. Hal ini juga tentunya menjadi tantangan tersendiri yang membuat pekerjaan agen asuransi semakin berkesan.

6. Memiliki Karakter Integritas, Kegigihan, Konsistensi, Empati, Kecerdasan Emosional, dan Dapat Dipercaya

Memang susah susah gampang menjadi agen asuransi. Kamu memang bisa mendaftarkan diri dengan mudah pada perusahaan atau platform asuransi tertentu. Tetapi, siapa yang bisa menjamin kalau kamu akan diterima menjadi bagian dari mereka?

Jadi penting untuk memenuhi setiap kualifikasi dan kriteria yang ditentukan perusahaan asuransi. Seorang agen asuransi harus memiliki karakter integritas, kegigihan, dan konsistensi. Mereka juga harus memiliki empati dan kecerdasan emosional serta dapat dipercaya. Tanpa semua kriteria tersebut, akan sulit untuk bertahan di tengah tantangan agen asuransi yang begitu beragam.

Agen asuransi harus menghadapi calon nasabah dengan karakter yang berbeda. Jika tidak memiliki kecerdasan emosi dan tidak gigih, mereka akan mudah menyerah bahkan di awal memulai karirnya. Bisa jadi mereka akan mengundurkan diri bahkan di hari pertama bekerja saat baru menghadapi satu calon nasabah saja.

7. Pola Pikir Bisnis Jangka Panjang

Pola pikir seorang agen asuransi online tentunya harus sesuai dengan kriteria dan kualifikasi perusahaan asuransi. Meski hadir sebagai proteksi bagi masyarakat, tetapi asuransi merupakan sebuah bisnis yang harus berjalan dan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu, setiap agen asuransi harus memiliki pola pikir bisnis jangka panjang.

Pekerjaan dan tanggungjawab tidak selesai hanya dalam menjual produk asuransi tetapi juga bagaimana caranya untuk mempertahankan nasabah agar terus membayar premi serta membeli manfaat asuransi tambahan yang akan semakin menambah keuntungan bagi perusahaan asuransi. Dengan demikian, agen asuransi akan tetap mendapatkan penghasilan yang tentunya menjadi salah satu tujuan dan alasan kenapa seseorang memutuskan untuk bekerja sebagai agen asuransi.

Kesimpulan

Agen asuransi online merupakan profesi dengan banyak keuntungan. Meski demikian, ada juga risiko dan tantangan yang harus dihadapi. Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan atau bekerja sambil kuliah, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai Mitra Qoala Plus yaitu agen asuransi yang akan menawarkan produk asuransi sembari mengedukasi masyarakat betapa pentingnya mendapatkan proteksi sedini mungkin.

Apabila tertarik untuk bergabung sebagai agen asuransi terbaik, kamu bisa segera mendaftarkan diri di Qoala Plus. Untuk menunjang pekerjaan, kamu juga bisa mendownload aplikasi yang Qoala Plus sediakan melalui Google Play Store atau App Store di smartphone kesayanganmu. Informasi seputar agen asuransi dan cara menjadi agen asuransi bisa kamu dapatkan dengan mengakses blog Qoala Plus kapan saja. Ikuti juga Qoala Plus di media sosial seperti Instagram Qoala Plus untuk dapatkan informasi terkini lainnya!