Memulai karir sebagai agen asuransi memang sebuah tantangan. Tidak semua orang berpengalaman dalam menghadapi atau berbicara dengan prospek atau calon nasabah asuransi. Namun, tidak perlu khawatir karena kamu bisa mulai mempelajari contoh percakapan menawarkan asuransi yang disesuaikan dengan situasi dan jenis produk asuransi yang hendak ditawarkan.

Memulai karir sebagai agen asuransi memang sebuah tantangan. Tidak semua orang berpengalaman dalam menghadapi atau berbicara dengan prospek atau calon nasabah asuransi. Namun, tidak perlu khawatir karena kamu bisa mulai mempelajari contoh percakapan menawarkan asuransi yang disesuaikan dengan situasi dan jenis produk asuransi yang hendak ditawarkan.

Nah, jika kali ini kamu tertarik bergabung sebagai Mitra Qoala Plus, kini saatnya untuk mempelajari contoh percakapan menawarkan asuransi.

Penasaran? Yuk simak penjelasan contoh percakapan menawarkan asuransi yang sudah tim Qoala Plus rangkum berikut ini!

Contoh Percakapan Menawarkan Asuransi

Contoh Percakapan Menawarkan Asuransi
Sumber foto: BongkarnGraphic via Shutterstock

Seperti apa cara menawarkan produk asuransi yang tepat? Sebenarnya, setiap agen memiliki kebebasan dalam menawarkan produk. Artinya, mereka bisa menggunakan cara atau teknik apapun yang diyakini bisa mendatangkan nasabah.

Namun, jika kamu masih ragu atau tidak tahu kalimat apa yang harus digunakan untuk mengawali percakapan, seperti apa contoh percakapan menawarkan asuransi yang bisa digunakan? Coba beberapa contoh dialog menawarkan asuransi sesuai kondisi seperti di bawah ini:

1. Ketika Agen Asuransi Hanya Memiliki Jangka Waktu yang Sangat Terbatas untuk Menjelaskan Produk

Memiliki waktu yang singkat atau terbatas bukan berarti kamu tidak bisa menemukan cara menawarkan asuransi melalui telepon.

Apabila kamu tahu kalau kesempatan yang dimiliki tidak banyak karena terbatasnya waktu, berikut adalah contoh percakapan menawarkan asuransi yang bisa dicoba:

Agen: Selamat pagi/siang/sore/malam, perkenalkan nama saya Josh dari perusahaan asuransi XY. Kami sedang memperluas jangkauan asuransi ke daerah Anda. Apakah Anda punya waktu untuk sama menjelaskan sedikit tentang layanan yang kami tawarkan? Menurut saya, kita bisa menghemat uang dengan asuransi yang tepat.

Calon nasabah: Saya harus segera kembali bekerja tetapi akan memberikan kamu waktu 20 detik.

Dalam kasus ini, kamu bisa merespon dengan salah satu contoh percakapan menawarkan asuransi jiwa berikut ini:

Contoh Percakapan Menawarkan Asuransi yang Pertama

Terima kasih bapak/ibu. Sebagai penyedia asuransi yang mengerti keinginan pelanggan untuk mendapatkan perlindungan yang tepat tanpa harus mengeluarkan lebih banyak uang, kami sudah membantu pelanggan menghemat Rp 1 juta per tahun dalam hal asuransi.

Tentunya, Anda bisa mempercayai apa yang saya sampaikan karena kami telah mendapatkan ulasan bintang lima dari para nasabah. Jika berkenan, bolehkah saya mengirimkan penawaran khusus kepada Anda melalui email atau WhatsApp?

Contoh Percakapan Menawarkan Asuransi yang Kedua

Terima kasih, bapak/ibu atas waktunya. Program asuransi yang kami tawarkan memungkinkan Anda untuk menggabungkan asuransi yang sudah dimiliki dengan pembaruan asuransi produk lainnya. Dengan begitu, kami bisa menurunkan biaya polis serta proses klaim yang lebih cepat.

Kami adalah satu-satunya penyedia asuransi di tempat ini yang menawarkan gabungan asuransi dan tabungan dengan biaya premi yang sangat terjangkau. boleh saja kirim detailnya ke alamat email Anda? Saya akan mengatur panggilan sekitar 10 menit untuk membahas polis asuransi yang kami tawarkan serta bagaimana perusahaan kamu dapat membantu Anda menghemat uang. Bagaimana jika besok, apakah Anda bersedia?

Calon nasabah: Tentu, kamu bisa menghubungi saya besok.

Agar bisa menarik minat dan perhatian calon nasabah, pastikan membuat percakapan dengan kalimat pembuka yang kuat seperti menawarkan solusi atau alasan kenapa mereka membutuhkan asuransi.

Kemudian, kamu juga harus mengetahui poin penting yang umumnya menjadi pertanyaan calon nasabah seperti besaran premi, cakupan manfaat asuransi, dan proses klaim. Ilustrasikan keuntungan yang bisa mereka dapatkan dari polis asuransi yang kamu tawarkan tersebut termasuk dari segi harga, penawaran spesial seperti disko, proses pembelian yang cepat dan mudah, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk memperkuat dialog kamu dengan memberikan penjelasan mengapa perusahaan asuransi kamu berbeda dengan penyedia asuransi lainnya.

Dapatkan solusi kemudahan beransuransi, baik bagi nasabah maupun agen asuransi dengan dokumen dan proses klaim digital yang didukung teknologi terbaik di Qoala Plus!

2. Untuk Kasus Penjualan Asuransi dengan Memberikan Penawaran Gratis

Saat perusahaan asuransi memiliki program tertentu yang memberikan kesempatan kepada calon nasabah untuk mendapatkan penawaran gratis, agen asuransi juga harus memilih percakapan yang tepat. Terlebih, percakapan yang dilakukan melalui telepon atau secara tidak langsung. Dimana agen tidak bisa melihat secara langsung seperti apa respon calon pelanggan atau prospek.

Contoh percakapan menawarkan asuransi yang bisa agen asuransi coba adalah sebagai berikut:

Agen asuransi: Halo, apakah benar saya berbicara dengan bapak X?

Prospek: Iya betul

Agen asuransi: Halo pak, perkenalkan saya Y dari perusahaan asuransi WZ. Saya menelepon untuk memberitahukan kalau perusahaan kami ingin menawarkan beberapa polis yang bisa bapak dapatkan secara gratis.

Tentunya bapak tidak harus membeli produk yang kami tawarkan saat ini. Bapak bisa terlebih dahulu pahami pilihan asuransi yang tersedia atau bisa juga diskusikan dengan keluarga terlebih dahulu.

Kami sudah berpengalaman di bidang asuransi dan telah membantu banyak nasabah menghemat lebih dari Rp 2 juta setiap tahunnya dalam mendapatkan asuransi pilihan. Apakah bapak tertarik?

Nah, jika prospek memberikan respon positif dan berkata iya tetapi tidak memiliki waktu untuk berbicara saat ini, coba tawarkan untuk mengirim mereka pesan email. Kemudian, kamu bisa mengatur jadwal panggilan di esok hari. Kamu bisa melanjutkan prospek penjualan apabila ia bersedia untuk melanjutkan panggilan di waktu yang kamu berikan.

3. Percakapan bagi Prospek yang Sudah Memiliki Polis Asuransi

Tidak perlu bingung dalam memilih cara menjual asuransi secara online. Setiap cara yang kamu coba memiliki potensi sales yang sama tergantung dari cara kamu berkomunikasi dengan calon nasabah potensial. Lalu, bagaimana jika ternyata mereka sudah memiliki polis asuransi? Apakah agen asuransi harus menyerah dan menghubungi prospek lain? Seperti apa contoh percakapan menawarkan asuransi yang bisa digunakan dengan tepat?

Meski mereka sudah memiliki polis asuransi, bukan berarti tidak tertarik untuk membeli jenis asuransi yang berbeda dari polis yang sudah dimiliki. Sekalipun mereka menolak tawaran kamu, gunakan panggilan tersebut sebagai kesempatan untuk membangun koneksi yang kuat dengan para prospek. Sehingga prospek akan mencari atau menghubungi kamu saat mereka ingin membeli polis asuransi baru di kemudian hari.

Nah, pertanyaannya, bagaimana dan seperti apa contoh percakapan menawarkan asuransi yang tepat untuk kondisi ini?

Agen: Halo ibu X, saya Bayu dari menelpon dari perusahaan ACB. Sebelumnya, apakah benar ibu baru saja membeli mobil? Mungkin ibu butuh bantuan untuk mendapatkan perlindungan terbaik untuk kendaraan tersebut.

Prospek: Saya sudah punya asuransi yang saya beli sekaligus saat membeli mobil. Jadi, maaf saya tidak tertarik.

Agen: Baik ibu, saya mengerti. Tetapi, apakah ibu tahu kalau ada beberapa jenis asuransi kendaraan yang menawarkan manfaat yang berbeda, apakah ibu sudah tahu hal tersebut? Boleh saya tahu jenis asuransi kendaraan apa yang ibu miliki saat ini?

Prospek: total loss only

Agent: baik ibu, jenis produk tersebut memang memberikan manfaat proteksi namun tidak semua kondisi bisa dicover oleh asuransi tersebut. Nah, jika ibu ingin mendapatkan perlindungan yang lebih maksimal, ibu bisa memilih asuransi kendaraan all risk atau yang biasa disebut asuransi komprehensif.

Jika prospek tertarik dengan manfaat produk, agen asuransi bisa menjelaskan lebih detail perbedaan kedua jenis produk asuransi di atas dan sampaikan apa saja manfaat yang bisa prospek dapatkan apabila membeli asuransi all risk untuk kendaraannya. Meski bukan untuk kendaraan yang baru ia beli, asuransi tersebut mungkin saja prospek butuhkan untuk kendaraan lain yang ia miliki.

Yuk, gabung sebagai Mitra Qoala Plus untuk menjadi agen asuransi terbaik dan dapatkan berbagai pelatihan seperti pelatihan cara dan contoh percakapan menawarkan asuransi dengan tepat maupun training gratis lainnya hingga cuan berlimpah!

4. Contoh Percakapan Menawarkan Asuransi Saat Prospek atau Calon Nasabah Sedang Sibuk

Saat seorang agen asuransi melakukan cold call, bukan tidak mungkin jika calon prospek sedang menjalankan aktivitas tertentu. Dalam hal ini, pastikan kamu mendapatkan poin penting secepat mungkin dan memastikan informasi prospek bisa di follow up di kemudian hari.

Mulai percakapan dengan memperkenalkan diri seperti biasanya. Kemudian, jika prospek menyela percakapan karena memang mereka sedang sibuk, jangan khawatir. Hal tersebut memang lumrah terjadi terlebih saat mereka sedang terburu-buru. Lalu, bagaimana contoh percakapan menawarkan asuransi yang tepat untuk kondisi ini?

Adapun contoh dialog yang bisa kamu coba saat menawarkan asuransi melalui telepon adalah sebagai berikut:

Prospek: Silahkan tetapi singkat saja ya

Agen: Terima kasih (sebutkan nama prospek)! Jadi, polis asuransi saat ini mengcover beberapa risiko, namun saat ini akan mengcover lebih banyak risiko. Apabila Anda membeli asuransi tersebut, perubahan akan diberlakukan mulai bulan selanjutnya. Dimana Anda bisa menghemat biaya pembayaran polis.

5. Contoh Dialog untuk Penanganan Keberatan dari Prospek

Apabila prospek keberatan dan tidak ingin melakukan percakapan saat kamu menghubunginya, seperti apa contoh percakapan menawarkan asuransi yang bisa digunakan? Coba contoh dialog berikut:

Saya mengerti kalau saat ini Anda tidak punya banyak waktu, namun bolehkan saya meminta alamat email Anda agar bisa mengirimkan informasi penting secara lebih detail?

6. Value Pitch Ketika Prospek Tidak Melihat Nilai dalam Penawaran yang Kamu Ajukan

Apabila prospek tidak melihat nilai dari penawaran yang kamu berikan misalnya saat kamu menawarkan asuransi perjalanan atau asuransi pendapatan, mengapa tidak mencoba contoh percakapan menawarkan asuransi jiwa berikut?

Agen: Tujuan saya melakukan panggilan ini untuk membicarakan tentang proteksi atau perlindungan bagi Anda dari sesuatu yang bisa menghalangi pekerjaan Anda. Seperti yang kita tahu kalau hidup memang berjalan tanpa bisa diprediksi. Kecelakaan dan jatuh sakit merupakan dua kemungkinan yang tidak bisa kita hindari. Bahkan hal tersebut bisa berdampak pada pekerjaan dalam jangka waktu yang lama.

Kemudian kamu bisa menjelaskan bagaimana proteksi pendapatan akan membantu prospek dari masalah semacam itu. Dimana proteksi tersebut akan membantu meminimalisir dampaknya bagi prospek dan keluarganya.

7. Contoh Percakapan Menawarkan Asuransi Saat Prospek Sudah Menunjukkan Minat

Saat menghubungi prospek atau calon nasabah asuransi dimana ia menunjukkan ketertarikan atau minat untuk mengetahui lebih jauh tentang produk yang kamu tawarkan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Tertarik terhadap produk bukan berarti kamu akan secara langsung menawarkan produk asuransi tersebut. Pastikan untuk memilih kata yang sesuai dengan kondisi karena biasanya prospek tetap memerlukan waktu sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi tersebut.

Agen: Halo, apakah benar dengan bapak/ibu (nama prospek)? Saya X dari perusahaan asuransi Y. Sebelumnya Anda meminta kamu untuk menghubungi Anda perihal polis asuransi, apakah benar?

Prospek: Iya, betul

Agen: Apakah kita bisa sedikit berbincang saat ini? Saya perlu sedikit waktu untuk menjelaskan informasi perihal polis asuransi yang Anda inginkan.

Apabila agen setuju, seperti apa contoh percakapan menawarkan asuransi yang bisa disampaikan selanjutnya? Agen asuransi bisa melanjutkan percakapan seperti contoh di bawah ini:

Prospek: Tentu, Saya bersedia

Agen: Terima kasih sebelumnya. Polis satu ini merupakan polis asuransi yang akan memberikan berbagai manfaat perlindungan sehingga Anda bisa terbebas dari rasa khawatir saat terjadi risiko atau hal yang tidak diinginkan.

Apabila prospek sudah memberikan alamat email mereka, segera kirimkan dokumen terkait agar bisa mereka baca dan pahami. Tentunya, sebagai agen asuransi, kamu tidak ingin mengulur waktu sehingga prospek kehilangan minat dan lupa akan apa yang kamu tawarkan sebelumnya. Setelah beberapa hari kemudian, kamu bisa menghubungi mereka kembali untuk melakukan follow up.

8. Percakapan Penawaran Asuransi Untuk Kasus Cross-selling

Untuk agen asuransi yang menggunakan software CRM atau customer relationship management, sistem akan menginformasikan apabila ada kesempatan untuk melakukan cross-selling pada pelanggan. Misalnya, kalau pelanggan sedang emncari asuransi mobil, memperbarui status media sosialnya tentang rencananya membeli mobil baru, maka agen asuransi bisa menghubungi pelanggan dan mempromosikan produk asuransi yang kamu jual.

Adapun contoh percakapan menawarkan asuransi yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut:

Agen: Halo, saya X, menghubungi Anda untuk mengucapkan terima kasih karena telah menjadi pelanggan setia. Apakah Anda bersedia untuk berbicara sebentar?

Pelanggan: Saat ini saya sedang sibuk, jadi tidak bisa sekarang

Agen: Baik, saya mengerti, bisakah saya menghubungi Anda kembali besok atau lusa di waktu luang Anda?

Pelanggan: Tentu, sepertinya besok bisa

Apabila mendapatkan jawaban “ya”, maka kamu bisa melanjutkan dengan dialog berikut:

Agen: Apakah Anda sudah punya asuransi mobil?

Pelanggan: Ya, sudah

Jika pelanggan menjawab bahwa mereka sudah memiliki asuransi mobil, kamu bisa bertanya kapan polisnya berakhir dan lakukan follow. Namun, jika mereka sama sekali belum memiliki asuransi apapun, ini tentunya kesempatan yang bagus untuk mempromosikan produk asuransi kepada mereka.

9. Dialog Ketika Agen Asuransi Dapat Menawarkan Harga yang Kompetitif

Apabila kamu memiliki beberapa pilihan harga yang kompetitif, kamu bisa menggunakan contoh percakapan menawarkan asuransi dengan cara satu ini saat menghubungi prospek.

Agen: Halo, apakah benar saya berbicara dengan (nama prospek)? Saya X dari perusahaan asuransi Y

Prospek: Iya, betul saya

Agen: Apakah Anda sudah pernah mendengar perusahaan asuransi Y sebelumnya?

Prospek: Iya, sudah atau bisa juga proske menjawab belum pernah

Agen: Jadi pada dasarnya di perusahaan ini, kamu menawarkan beberapa harga terbaik dibandingkan dengan yang sedang Anda lihat atau mungkin bayarkan. Apakah Anda tertarik untuk berdiskusi lebih lanjut?

Pada dasarnya, tidak ada satu orang pun yang ingin membayar lebih terlebih saat mereka bisa mendapatkan harga yang lebih baik. Nah, jika prospek menunjukan ketertarikan pada produk yang kamu tawarkan, terlebih dahulu tanyakan polis asuransi apa yang sudah mereka miliki. Dengan begitu, kamu bisa menawarkan produk serupa dengan harga yang lebih baik. Kemudian, kamu bisa fokus pada fitur dan kelebihan apa saja dari polis tersebut sehingga membuatnya lebih unggul dari para kompetitor.

10. Percakapan Agar Kamu Dapat Memposisikan Diri Sebagai Agen Terpercaya di Komunitas maupun Ranah Asuransi Secara Keseluruhan

Biasanya, orang akan lebih cenderung percaya apabila kamu merupakan bagian dari komunitas tertentu. Dalam hal ini, tentu saja asuransi. Apabila hendak menghubungi prospek, pastikan naskah percakapan kamu mengandung beberapa hal berikut:

  • Pertanyaan tentang keadaan dan kesehatan prospek
  • Pengetahuan tentang lingkungan tempat tinggal prospek yang akan dihubungi
  • Nama beberapa penduduk terkemuka di masyarakat dengan terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari mereka

11. Contoh Percakapan Menawarkan Asuransi untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu

Sebagai agen asuransi, kamu juga akan berada di posisi dimana harus menawarkan asuransi untuk meningkatkan rasa ingin tahu. Dalam hal ini, kamu bisa mencoba contoh dialog berikut:

Agen: Halo Maria, saya Jack dari perusahaan asuransi XY. Saya tahu kalau Anda sedang sibuk. Jadi, saya akan menjelaskan sedikit tentang asuransi secara cepat. Bulan lalu, kami menghemat sekitar Rp 200 juta dalam polis asuransi untuk karyawan. Saya yakin kalau Anda tertarik untuk bisa menghemat lebih banyak dalam asuransi. Apabila diizinkan, bisakah kita berbicara untuk memahami kebutuhan dan perlindungan dari asuransi yang saat ini Anda miliki?

Apabila prospek bersedia melanjutkan pembicaraan, kamu bisa melanjutkan promosi. Atau bisa juga kamu menawarkan untuk berbicara di kemudian hari untuk melanjutkan diskusi. Jadi, sudah tahu kan seperti apa contoh percakapan menawarkan asuransi yang bisa digunakan pada kondisi tersebut?

12. Penawaran untuk Segala Umur Ketika “Umur Bukan Sekadar Angka”

Saat mencoba menjual asuransi kesehatan, umur memiliki peran penting. Faktanya, dalam asuransi, usia bukan hanya sekedar angka. Prospek yang masih muda mungkin tidak berpikir untuk membeli asuransi jiwa karena mereka merasa usianya masih muda. Jadi, asuransi kesehatan bukanlah prioritas utama.

Jadi, bagaimana kamu akan mempromosikan produk asuransi pada prospek berusia 20-an hingga 30-an? Kuncinya adalah mengurangi biaya di muka dan meningkatkan manfaat jangka panjang.

Lalu, bagaimana contoh percakapan menawarkan asuransi yang bisa digunakan? Berikut adalah dialog percakapan yang bisa kamu coba dalam kasus satu ini:

Agen: Hi, apakah benar dengan (nama prospek)?

Prospek: Iya saya

Agent: Baik, saya XZ dari perusahaan asuransi YY, jika saya tidak salah Anda berusia 20-an?

Prospek: Iya betul, ada apa ya?

Agen: Saya melakukan panggilan untuk memastikan apakah Anda sudah memiliki asuransi kesehatan.

Apabila prospek belum memiliki asuransi kesehatan dan tertarik dengan hal tersebut, seperti apa contoh percakapan menawarkan asuransi yang bisa digunakan selanjutnya? Kamu bisa melanjutkan percakapan dengan contoh dialog berikut:’

Prospek: Belum punya. Sebenarnya, sudah mempertimbangkan namun masih belum memutuskan produk mana yang hendak dipilih

Agen: Baiklah. Sangat baik karena Anda hendak memulainya sedini mungkin. Lalu, apa yang membuat Anda masih ragu untuk membeli produk asuransi kesehatan?

Prospek: Sebenarnya, saya tidak begitu paham produk mana yang cocok untuk saya dan berapa uang yang harus saya keluarkan untuk pembayaran polis

Agen: Tidak perlu khawatir. Jika Anda punya waktu, saya bisa membantu menjelaskan semua yang berhubungan dengan biaya premi dan manfaat asuransi yang bisa Anda dapatkan.

Nah, apabila prospek setuju, kamu bisa memberikan beberapa pilihan produk asuransi dan apa saja proteksi yang diberikan masing-masing produk. Namun, kamu juga harus ingat kalau anak muda sangat jarang berkeinginan untuk membeli asuransi kesehatan. Jika situasinya demikian dan prospek tidak tertarik dengan produk asuransi tersebut, coba lanjutkan percakapan dengan dialog berikut:

Prospek: Saya belum punya dan tidak tertarik membelinya

Agen: Saya mengerti, tetapi kalau boleh tahu, apa alasannya?

Prospek: Saya lebih suka berinvestasi dalam produk asuransi yang lainnya karena saya masih punya banyak waktu dan masih muda. Rasanya masih belum butuh asuransi kesehatan.

Agen: Saya sangat paham. Namun, sebenarnya polis asuransi lebih baik dibeli sedini mungkin. Kenapa demikian? Biasanya di usia muda, kita punya lebih sedikit masalah kesehatan. Artinya, Anda bisa menghemat uang melalui premi asuransi yang lebih muda namun bisa mendapatkan manfaat proteksi yang terbaik dari asuransi kesehatan.

Nah, jadi sudah paham ‘kan seperti apa contoh percakapan menawarkan asuransi yang tepat untuk kasus tadi?

13. Percakapan Penjualan dengan Penawaran Promosi

Kamu juga bisa menghubungi prospek atau calon nasabah potensial untuk menjual produk asuransi melalui penawaran promosi. Promosi tersebut tentunya disesuaikan dengan promosi yang perusahaan asuransi tempat kamu bekerja tawarkan. Misalnya, tawaran potongan biaya premi di dua bulan pertama atau lainnya. Perbarui informasi seputar promosi yang perusahaan sediakan agar tidak salam memberikan informasi yang bisa berakhir dengan kekecewaan dari prospek.

Jadi, kuncinya tidak melulu dengan mengaplikasikan contoh percakapan menawarkan asuransi yang tepat saja. Sebab, semakin banyak promosi yang ditawarkan, kamu bisa semakin memengaruhi para prospek karena promosi biasanya akan memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelanggan.

14. Penawaran Kepada Prospek yang Dihasilkan dari Situs Web

Keberadaan website akan sangat membantu mendapatkan prospek atau calon nasabah potensial. Apabila kamu harus menghubungi prospek yang dihasilkan dari website, bagaimana contoh percakapan menawarkan asuransi yang bisa digunakan? Contoh dialognya seperti di bawah ini:

Agen: Halo, apakah saya berbicara dengan Maria?

Maria: Iya

Agen: Halo Maria, saya Jack dari perusahaan asuransi YZ, bagaimana kabar Anda?

Maria: Saya baik

Agen: Senang mendengarnya. Saya menghubungi Anda perihal informasi asuransi kesehatan yang Anda minta melalui website. Saya melihat informasi yang Anda submit di sini. Sepertinya, Anda sedang mempertimbangkan polis asuransi X dengan jangka waktu X tahun dan X manfaat yang diberikan. Apakah benar?

Maria: Iya benar

Selanjutnya, kamu bisa menanyakan dan memastikan detail lainnya termasuk proses pembelian asuransi, verifikasi, dan hal lain yang akan berdampak pada penjualan.

Kebanyakan perusahan asuransi menggunakan customer relationship management (CRM) untuk mendapatkan data leads dari website, marketplace, iklan, dan situs jaringan lainnya. Di mana sistem akan secara otomatis mendistribusikan leads dengan informasi prospek yang lengkap. Sehingga, agen asuransi tidak perlu lagi bertanya detail lainnya. Yang harus mereka lakukan adalah memverifikasi detail tersebut.

15. Penawaran untuk Menjual Asuransi dari Sudut Pandang untuk Perlindungan Pendapatan Calon Nasabah

Pendapatan atau penghasilan juga bisa dilindungi dengan memilih produk asuransi yang tepat. Tetapi, bagaimana kamu akan menawarkan produk asuransi tersebut? Bagaimana contoh percakapan menawarkan asuransi yang bisa digunakan dengan tepat? Coba perhatikan dialog berikut ini:

Kamu: Halo, apakah saya berbicara dengan Maria? Saya Jack dari perusahaan asuransi XY

Maria: Halo Jack, tolong jelaskan maksud Anda

Kamu: Baik Maria, alasan saya menghubungi Anda adalah untuk membicarakan bagaimana Anda bisa melindungi diri sendiri dan keluarga tercinta apabila terjadi sesuatu yang mengharuskan Anda berhenti dari pekerjaan saat ini. Artinya, Anda kehilangan sumber pendapatan setelah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Pada dasarnya, memang tidak ada manusia yang ingin terkena musibah namun hidup sungguh tidak bisa kita prediksi. Kecelakaan atau sakit yang secara tiba-tiba mungkin mengharuskan Anda untuk beristirahat dari pekerjaan dalam hitungan minggu atau bahkan beberapa bulan.

Melalui proteksi pendapatan atau income, Anda akan tetap mendapatkan pendapatan sebagaimana biasanya meski dalam kondisi tidak dapat bekerja. Proteksi tersebut memungkinkan Anda dan keluarga tersayang fokus pada proses penyembuhan tanpa harus mengkhawatirkan kondisi finansial. Apakah Anda bersedia untuk membicarakan lebih lanjut?

Maria: Seperti saya perlu waktu

Kamu: Tidak masalah Maria. Saya sangat mengerti. Konsultasi kita hanya perlu beberapa menit saja. Melalui konsultasi ini, kamu akan dengan senang hati membantu Anda dalam memilih opsi dan biaya polis terbaik. Namun, Anda tidak harus membeli atau memilih asuransi yang kami tawarkan saat ini juga. Jika berkenan, apakah kita bisa berdiskusi kembali besok lusa? Boleh saya jadwalkan waktunya?

16. Contoh Percakapan Menawarkan Asuransi untuk Bisnis

Siapa bilang jika asuransi hanya untuk individu saja? Bisnis juga memerlukan proteksi yang tepat agar bisa terlindungi dari risiko atau hal yang tidak diinginkan yang bisa merugikan bisnis maupun pemiliknya. Adapun contoh dialog menawarkan asuransi dalam hal ini adalah:

Agen: Halo, apakah saya berbicara dengan Maria?

Maria: Ya, saya Maria

Agen: Hi Maria, perkenalkan saja Jack dari perusahaan asuransi YZ, bagaimana kabar Anda?

Maria: Baik

Agen: Senang mendengarnya, Maria. Saya menghubungi Anda karena ingin membicarakan tentang asuransi bisnis. Bisa sedikit ceritakan perlindungan dari asuransi bisnis yang sudah Anda punya?

Maria: Saya senang dengan polis asuransi yang dimiliki saat ini

Agen: Sungguh luar biasa. Apakah Anda ingin mendapatkan review dan audit polis asuransi secara menyeluruh? Kami bisa menjelaskan apa saja yang akan dilindungi saat terjadi sesuatu pada bisnis Anda. Juga pilihan apa yang lebih baik yang perusahaan asuransi kami tawarkan dengan harga yang sama. Selain itu, kami juga bisa memberikan penawaran yang kompetitif untuk asuransi bisnis atau komersial bagi Anda.

Itulah contoh percakapan menawarkan asuransi yang bisa digunakan.

Sebagai agen asuransi, kamu harus jeli dengan peluang. Artinya, jika pelanggan merasa tertarik, kamu bisa melanjutkan promosi. Namun jika waktunya terbatas, buat janji untuk melakukan follow up. Jangan lupa untuk mengirim email dengan semua detailnya.

17. Contoh Percakapan Menawarkan Asuransi Jiwa

Sebenarnya, cara menawarkan asuransi jiwa tidak jauh berbeda dengan cara menawarkan asuransi lain lewat WhatsApp atau panggilan. Kamu bisa terlebih dahulu memperkenalkan diri dan bertanya apakah prospek sudah memiliki asuransi jiwa atau belum.

Terlepas dari apapun jawaban prospek, minta waktu untuk menjelaskan tentang kelebihan dan manfaat asuransi yang kamu tawarkan. Pastikan produk tersebut terdengar berbeda dari produk serupa lainnya sehingga akan mengundang rasa penasaran dan minat prospek untuk berbicara lebih jauh tentang produk tersebut.

18. Contoh Percakapan Menawarkan Asuransi Properti

Saat menghubungi calon pelanggan atau nasabah potensial, kamu bisa menunjukan kalau kamu begitu peduli terhadap mereka. Berikan selamat atas properti yang baru mereka beli dan kemudian tawarkan asuransi properti.

Tunggu respon dari prospek. Apabila mereka bilang tidak, lanjutkan dengan penutupan penjualan. Namun, jika mereka bilang sudah punya asuransi properti, seperti apa contoh percakapan menawarkan asuransi yang bisa digunakan? Coba dialog percakapan berikut:

Kamu: Senang mendengar Anda sudah memilih asuransi yang tepat. Bolehkah saya bertanya berapa lama KPR berjalan? Saya bisa membantu mengecek jenis asuransi apa yang memberikan lebih banyak manfaat dan yang akan membantu Anda menghemat lebih banyak uang.

Apabila prospek tertarik dan ingin melanjutkan percakapan, kamu bisa mengikuti naskah berikut:

Kamu: Baik. Memang bagus untuk mengeksplorasi pilihan asuransi yang lebih banyak terutama saat Anda menjadi pemilik properti baru. Saya paham kalau pembayaran hipotek adalah prioritas utama saat ini. Jadi, berdasarkan informasi, polis asuransi X bisa memberikan yang lebih bagi Anda.

19. Contoh Percakapan Menawarkan Asuransi Mobil

Setelah menyapa dan menjelaskan maksud menelpon prospek, kamu bisa meminta waktu sekitar 30 detik untuk menjelaskan sedikit tentang layanan asuransi yang kamu tawarkan. Kemudian jika prospek bersedia mendengarkan, pastikan untuk menjelaskan secara jelas dan mudah dipahami. Kamu juga bisa meminta waktu prospek untuk melihat ulasan dari nasabah asuransi yang merasa puas dengan layanan dan produk asuransi yang perusahaan asuransi tempat kamu bekerja sediakan.

Selanjutnya, kamu bisa menanyakan kesediaan prospek untuk memberikan alamat email mereka dan memastikan kembali apakah prospek bersedia melanjutkan percakapan di kemudian hari sesuai jadwal yang kamu pilih.

20. Contoh Percakapan Menawarkan Asuransi Kesehatan

Dalam menawarkan asuransi kesehatan, agen asuransi bisa menggunakan template percakapan yang tersedia. Yang terpenting adalah poin utama dari manfaat dan kelebihan asuransi kesehatan yang ditawarkan harus benar-benar menonjol dan dipahami oleh prospek. Tidak hanya itu, agen asuransi juga bisa menjelaskan mengapa produk dan jenis asuransi satu ini begitu penting bahkan untuk anak muda sekalipun.

Kamu juga bisa melihat beberapa contoh iklan asuransi agar bisa mendapatkan idea dalam membuat konsep dialog yang nantinya akan digunakan saat berbicara dengan prospek ketika ingin menerapkan contoh percakapan menawarkan asuransi kesehatan tersebut.

Mau jadi agen asuransi jiwa terbaik dengan dukungan teknologi yang membuat proses jualan asuransi jadi lebih mudah serta mampu mengimplementasikan contoh percakapan menawarkan asuransi dengan efektif? Jadilah Mitra Qoala Plus dan rasakan kemudahannya!

Cara Mengetahui Apakah Penerapan Contoh Percakapan Menawarkan Asuransi Tersebut Berhasil atau Tidak

Cara Mengetahui Apakah Penerapan Contoh Percakapan Menawarkan Asuransi Tersebut Berhasil atau Tidak
Sumber foto: PR Image Factory via Shutterstock

Seperti layaknya dialog telemarketing hotel, dialog yang kamu lakukan dalam menawarkan produk asuransi harus bisa membangun keingintahuan atau rasa penasaran serta minat calon nasabah untuk mendapatkan informasi lebih detail seputar produk asuransi. Namun, di samping telah mampu menerapkan contoh percakapan menawarkan asuransi, bagaimana caranya agar tahu apakah penawaran kamu berhasil atau tidak? Lantas, apa yang harus dilakukan apabila penawaran tersebut tidak berhasil?

Meskipun kamu sudah yakin kalau cara menawarkan asuransi sudah sangat baik, bukan berarti kamu tidak akan mengalami penolakan. Hal tersebut sangat wajar dan alami terjadi. Namun, kamu harus bisa melakukan peningkatan dengan melakukan beberapa cara dan solusi yang berbeda untuk situasi yang berbeda.

Untuk memastikan dialog yang kamu gunakan sudah efektif, coba pantau performa agen asuransi melalui laporan dari dashboard. Dengan begitu, kamu bisa melakukannya menggunakan sistem pengelolaan panggilan telepon secara menyeluruh. Misalnya, menggunakan sistem yang memungkinkan agen asuransi melakukan panggilan keluar secara otomatis.

Atau bisa juga kamu coba cara yang lain yaitu melalui referensi dari target. Meskipun mereka belum tertarik dengan produk asuransi yang kamu tawarkan, siapa tahu mereka bisa merekomendasikan satu nama yang mungkin sedang mencari produk asuransi yang tepat.

Perhatikan angka penjualan yang sudah tercapai. Dengan beberapa skrip panggilan yang bagus, lihat apakah ada kenaikan meskipun hanya sedikit. Namun, jika tidak menunjukan adanya peningkatan, seperti kamu harus meninjau ulang teks atau skrip dan kemudian perbaiki beberapa bagian yang perlu perbaikan. Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan bermain role play asuransi dimana satu agen asuransi berperan sebagai calon nasabah sedangkan agen lainnya sebagai agen asuransi. Jika dirasa ada skrip atau kalimat yang kurang pas, bisa kamu hilangkan atau ganti dengan kalimat lain saat mencoba menerapkan contoh percakapan menawarkan asuransi di atas.

Bagaimana jika panggilan tersebut masih belum membuahkan hasil? Jika demikian adanya, jangan putus ada karena masih ada banyak cara lain yang tidak kalah bagus untuk dicoba. Misalnya, memasarkan produk melalui obrolan atau menggunakan template pesan asuransi. Sudah pernah menggunakan cara tersebut sebagai cara menawarkan asuransi lewat WhatsApp?

Jadi agen asuransi terbaik yang mampu menerapkan cara serta contoh percakapan menawarkan asuransi yang tepat dengan bergabung sebagai Mitra Qoala Plus dan dapatkan cuan berlimpah!

Tips Menawarkan Asuransi kepada Calon Nasabah bagi Agen Asuransi

Tips Menawarkan Asuransi kepada Calon Nasabah bagi Agen Asuransi
Sumber foto: Pormezz via Shutterstock

Meski sudah mengantongi contoh percakapan customer service menawarkan produk, sebagian atau semua agen asuransi mungkin perlu beberapa tips yang bisa membantu meningkatkan peluang menjual produk asuransi.

Sebagai agen asuransi yang baru bergabung sebagai mitra Qoala Plus, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini agar bisa menarik setiap calon nasabah:

a. Lakukan Pendekatan Secara Alamiah

Pertama, lakukan pendekatan secara alamiah. Meski sudah mengetahui contoh percakapan menawarkan asuransi, jangan sampai memberikan kesan bahwa percakapan terkesan itu berlebih, dipaksakan, dan dibuat-buat. Agen marketing termasuk agen asuransi yang baik mengerti kebutuhan calon nasabahnya. Jadi, mulai percakapan secara alami dan tulus.

b. Cari Tahu Kebutuhan Prospek atau Calon Nasabah

Di samping mengetahui contoh percakapan menawarkan asuransi, mengerti kebutuhan calon nasabah adalah sebuah keharusan bagi setiap agen asuransi. Akan tetapi, itu bukanlah hal yang mudah. Jadi, cari tahu terlebih dahulu apa sih sebenarnya yang nasabah atau prospek butuhkan. Mungkin akan terasa sia-sia panjang lebar menawarkan asuransi kepada keluarga yang penghasilannya tergolong pas-pasan dan tidak sama sekali berpikir untuk mendapatkan perlindungan dari asuransi.

Biasanya asuransi lebih dilirik dan dibutuhkan oleh mereka yang memiliki pendapatan yang lebih dimana mereka memiliki keinginan untuk melindungi sesuatu yang penting baginya. Misalnya, jiwa mereka dan orang tercinta, kesehatan, kendaraan, dan lain sebagainya.

c. Berempati dengan Memposisikan Diri Seperti Calon Nasabah

Tips lain yang bisa kamu coba dalam menawarkan produk asuransi yang juga bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu cara follow up nasabah asuransi adalah dengan berempati. Posisikan diri kamu sebagai calon nasabah. Misalnya, kamu tahu kalau nasabah tersebut tidak mengerti seperti apa asuransi memberikan manfaat perlindungan terhadap musibah yang nasabah hadapi.

Atau ketika kamu tahu nasabah ingin membeli produk atau jenis asuransi tertentu namun mereka memiliki keterbatasan kemampuan finansial, kamu harus bisa berada di posisi tersebut. Dengan demikian, tak hanya bisa menerapkan contoh percakapan menawarkan asuransi, kamu juga bisa memberikan solusi yang tepat setelah memahami sudut pandang calon nasabah.

d. Jadikan Prospek Sebagai “Star of The Show”

Agen asuransi yang baik tidak akan berusaha menunjukan dirinya hebat dan tahu segalanya tentang asuransi. Alih-alih, mereka akan berfokus pada prospek atau calon nasabah seolah prospek adalah bintang yang harus menjadi pusat perhatian. Jadi, kamu bisa berfokus pada mereka, dengarkan keluhan atau apa yang mereka cari. Kemudian, bantu mereka mendapatkan solusi tepat dengan merekomendasikan produk asuransi yang tepat.

Jangan terlalu berpaku pada contoh percakapan menawarkan asuransi yang sudah ada, tapi gunakan juga empatimu untuk menjadikan calon nasabah sebagai “the star of the show” tersebut.

e. Perbaiki Pemahaman Miring tentang Asuransi

Saat menawarkan asuransi melalui telepon, tak hanya harus mampu memberikan contoh percakapan menawarkan asuransi, agen asuransi juga memiliki tantangan yaitu harus bisa memperbaiki pemahaman miring tentang asuransi. Di tengah masyarakat majemuk, kamu pasti pernah mendengar celetukan atau pembicaraan orang-orang yang membahas kalau membeli asuransi hanya buang buang uang saja. Padahal seperti yang kita tahu kalau asuransi yang tepat akan memberikan perlindungan terhadap risiko tertentu yang bisa terjadi kapan saja.

Ini berarti, kamu harus bisa meluruskan pemahaman-pemaham semacam itu agar masyarakat memiliki pemikiran lain tentang asuransi. Selain menjelaskan manfaat asuransi, kamu juga bisa mencoba memberikan pemahaman kalau asuransi bisa mereka dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Cara kamu menjelaskan informasi seputar asuransi tentunya akan memengaruhi isi kepala orang-orang. Dengan begitu, mereka akan mulai berpikir kalau asuransi memang diperlukan baik itu berupa asuransi jiwa atau jenis asuransi lainnya.

f. Sampaikan Kesuksesan Melalui Testimoni Nyata dari Nasabah Sebelumnya

Cara tepat meyakinkan seseorang tentang manfaat suatu produk adalah dengan memberikan bukti nyata. Dalam hal ini, seorang agen asuransi bisa menyampaikan beberapa contoh kesuksesan seseorang dalam mendapatkan manfaat asuransi melalui testimoni nyata dari nasabah sebelumnya. Tentunya, penyampaian hal ini juga bisa kamu selipkan saat menerapkan beberapa contoh percakapan menawarkan asuransi yang sudah diberikan di atas.

Bukti tersebut bisa kamu perlihatkan dalam bentuk video atau gambar dimana nasabah mendapatkan hak mereka berupa pertanggungan dari perusahaan asuransi misalnya uang pertanggungan atau uang santunan yang diterima oleh ahli waris setelah tertanggung meninggal dunia. Bisa juga bukti berupa biaya perbaikan kendaraan atau biaya rumah sakit yang ditanggung atau dibayarkan oleh perusahaan asuransi. Dengan begitu, kamu bisa menerapkan hal tersebut sebagai salah satu cara cepat closing asuransi.

g. Selalu Minta Referensi

Seorang agen marketing termasuk mereka yang menawarkan produk asuransi harus siap dengan berbagai respon dari prospek termasuk penolakan. Meski demikian, kamu tetap bisa meminta referensi atau alasan kenapa prospek akhirnya menolak tawaran agen asuransi.

Dengan begitu, agen asuransi bisa mengumpulkan alasan-alasan tersebut agar bisa dianalisis sehingga akan sangat berguna dalam membuat strategi yang baru untuk mendapatkan prospek atau calon nasabah di kemudian hari.

Jadi, sudah paham ‘kan apa saja contoh percakapan menawarkan asuransi serta tips dan cara menawarkan asuransi dengan tepat?

Sebagai Mitra Qoala Plus yang baru bergabung, sangat wajar apabila kamu memiliki kekhawatiran tidak bisa menjual produk di beberapa minggu atau bulan pertama. Namun, kamu bisa berusaha dengan mencoba beberapa contoh percakapan menawarkan asuransi kepada prospek. Selain itu, kamu juga bisa melengkapi usahamu dengan mendownload aplikasi di Google Play Store maupun App Store sesuai dengan smartphone yang kamu gunakan.