Klaim asuransi mobil merupakan salah satu bagian dari proses asuransi. Jika kamu menjadikan mobil kamu atau kendaraan yang kamu miliki sebagai objek asuransi, maka jika terjadi sesuatu pada mobil atau kendaraan kamu tersebut, maka kamu bisa melakukan klaim asuransi mobil.

Namun, pertanyaannya adalah biasanya klaim asuransi mobil berapa lama? Waktu yang dibutuhkan untuk klaim asuransi mobil tentu berbeda-beda. Selain setiap perusahaan asuransi menerapkan peraturan yang berbeda, juga bergantung pada prosedur dan dokumen yang dimiliki.

Sebagai seorang agen asuransi, mengetahui terkait asuransi mobil merupakan hal penting. Tentu juga mengetahui bagaimana prosedur, dokumen yang dibutuhkan hingga tips agar klaim asuransi tidak ditolak juga merupakan hal penting.

Lantas apa itu klaim asuransi mobil? Yuk kita simak penjelasan lengkap dari Qoala Plus secara tuntas di bawah ini!

Pengertian Klaim Asuransi Mobil dan Jenisnya

Pengertian Klaim Asuransi Mobil dan Jenisnya
Sumber foto: Andrey_Popov via Shutterstock

Klaim merupakan salah satu layanan yang diberikan perusahaan asuransi kepada setiap nasabahnya. Klaim asuransi sendiri merupakan sebuah proses untuk mendapatkan ganti rugi terhadap objek yang diasuransikan. Dalam konteks asuransi mobil, maka objek yang diasuransikan adalah mobil itu sendiri.

Klaim asuransi mobil dilakukan oleh pemegang polis asuransi dalam hal ini adalah nasabah, kepada perusahaan asuransi untuk mendapatkan sejumlah ganti rugi sesuai dengan kesepakatan dalam kontrak asuransi atau polis asuransi.

Banyak penyebab yang terjadi untuk melakukan klaim, mulai dari kecelakaan mobil, pencurian mobil yang menyebabkan hilang, hingga banyak penyebab lainnya. Terdapat perbedaan antara cara klaim asuransi mobil kredit dan klaim asuransi mobil secara umum.

Kembali lagi, perbedaan tersebut bergantung pada setiap kebijakan dari perusahaan asuransi itu sendiri. Biasanya, setiap perusahaan yang memiliki proses klaim yang mudah, menjadi primadona dan pilihan banyak calon nasabah.

Semakin mudah proses dan cara klaim asuransi mobil daihatsu, maka semakin banyak juga calon nasabah yang ingin mendapatkan jasanya. Selain itu, setiap perusahaan asuransi juga memiliki peraturan yang berbeda-beda terkait berapa kali bisa klaim asuransi mobil.

Jadi agen asuransi terbaik dengan bergabung sebagai Mitra Qoala Plus dan dapatkan cuan berlimpah!

Dalam prosedur dan tata cara pengajuan klaim asuransi mobil, terdapat dua jenis cara yaitu yang pertama adalah TLO (total loss only) dan all risk. Keduanya memiliki cara klaim yang berbeda dan memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

Agar kamu bisa mengetahui lebih lengkap dan jelas. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Langkah Prosedur dan Tata Cara Pengajuan Klaim Asuransi Mobil

Langkah Prosedur dan Tata Cara Pengajuan Klaim Asuransi Mobil
Sumber foto: Monkey Business Images via Shutterstock

Tentu dalam setiap perusahaan asuransi menerapkan prosedur atau tata cara pengajuan klaim yang berbeda. Contohnya misalkan, prosedur klaim asuransi mobil Astra akan berbeda dengan klaim asuransi mobil BCA.

Namun terdapat beberapa cara klaim asuransi mobil secara umum, yaitu cara klaim asuransi mobill all risk dan cara klaim asuransi mobil Total Loss Only (TLO). Untuk memahami lebih lengkap terkait pengertian tata cara klaim. Lantas, bagaimana proses klaim asuransi mobil? Yuk, mari kita simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

1. Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk

Langkah prosedur dan tata cara pengajuan klaim yang pertama adalah all risk. Secara harfiah, all risk sendiri berarti segala risiko. Cara ini merupakan cara klaim asuransi mobil yang mengharuskan perusahaan asuransi membayar ganti atas setiap klaim kerusakan. Mulai dari kerusakan ringan, kerusakan berat hingga kehilangan mobil itu sendiri.

Setiap bulannya, nasabah akan melakukan pembayaran premi secara rutin yang ditetapkan oleh pihak asuransi itu sendiri. Dengan begitu, nasabah akan mendapatkan proteksi penuh untuk mobil yang disayanginya.

Asuransi all risk sangat cocok untuk mobil atau kendaraan dengan nilai yang sangat tinggi. Karena jika tidak diasuransikan, terjadi kerusakan kecil saja seperti lecet atau tergores, pihak asuransi akan melakukan perbaikan sebagai ganti rugi.

Termasuk klaim asuransi mobil karena kesalahan sendiri, dalam asuransi ini setiap risiko yang terjadi ditanggung sesuai dengan kesepakatan dalam polis dengan syarat membayar premi yang telah ditentukan oleh perusahaan asuransi itu sendiri.

Perlu kamu ketahui, adapun kelebihan dari asuransi all risk itu sendiri yaitu:

  • Dapat menanggung secara penuh dari kerusakan kecil hingga kerusakan besar.
  • Dapat menanggung kehilangan mobil yang diasuransikan.
  • Dapat melindungi mobil atau kendaraan saat terjadi kecelakaan.
  • Tersedia layanan untuk melakukan perluasan tanggungan

Dari daftar kelebihan di atas, mungkin akan banyak calon nasabah yang tergiur dengan asuransi ini. Namun sebagai agen asuransi, kamu juga harus menyampaikan kekurangannya. Kekurangannya yaitu biaya premi bulanan yang cukup mahal.

Maka dari itu, kamu bisa memberikan penjelasan kepada calon nasabah dan mengarahkan calon nasabah mengambil asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhannya.

2. Cara Klaim Asuransi Mobil Total Risk Only (TLO)

Cara klaim asuransi yang kedua adalah asuransi total risk only atau TLO. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, berarti hanya kehilangan total. Artinya klaim asuransi mobil ini hanya bisa dilakukan jika mobil yang diasuransikan hilang.

Namun bukan berarti mobil hilang karena dicuri atau keberadaannya tidak ada akibat pencurian. Dalam asuransi kendaraan, yang dimaksudkan dengan total risk only adalah kerusakan kendaraan yang terjadi di atas 75% atau juga kehilangan akibat pencurian atau perampasan.

Jika dari kerusakan yang dialami kurang dari 75%, maka cara klaim asuransi TLO tidak bisa dilakukan, mungkin bisa melakukan klaim asuransi jenis lainnya. Atau secara sederhananya, ketika kendaraan sudah tidak bisa digunakan sama sekali. Bagaimana mungkin kendaraan yang mengalami kerusakan hingga 75% masih bisa digunakan? Setidaknya logika tersebut yang digunakan.

Adapun kelebihan dari asuransi kendaraan TLO yaitu biaya premi bulanan yang cenderung mudah dan tersedia layanan untuk melakukan perluasan tanggungan. Selain kelebihan tersebut, adapun kekurangan dari asuransi TLO itu sendiri yaitu:

  • Tidak dapat melakukan klaim untuk kerusakan kendaraan kondisi ringan dan kecil.
  • Tidak dapat melakukan klaim untuk kerusakan akibat kecelakaan ringan.
  • Jika terjadi kehilangan kendaraan, ganti rugi dalam bentuk uang tidak bisa didapatkan secara 100%.
  • Tidak dapat melakukan klaim yang disebabkan oleh pencurian.

Dapatkan solusi kemudahan beransuransi, baik bagi nasabah maupun agen asuransi dengan dokumen dan proses klaim digital yang didukung teknologi terbaik di Qoala Plus!

Dokumen dan Data-data yang Dibutuhkan Sebagai Syarat Klaim Asuransi Mobil

Dokumen dan Data-data yang Dibutuhkan Sebagai Syarat Klaim Asuransi Mobil
Sumber foto: Indypendenz via Shutterstock

Sebagaimana yang dijelaskan di atas, bahwa cara klaim asuransi mobil BCA Finance akan berbeda dengan cara klaim asuransi mobil Sinarmas juga dengan cara klaim asuransi mobil Allianz. Hal tersebut disebabkan karena setiap perusahaan asuransi memiliki persyaratan yang berbeda.

Termasuk juga persyaratan administrasi terkait dokumen atau data-data yang harus disiapkan sebagai syarat utama untuk melakukan klaim asuransi. Bukan hanya persyaratan saja, klaim asuransi mobil biaya juga berbeda-beda.

Lalu bagaimana data dan dokumen yang diperlukan dalam proses pengajuan klaim asuransi? Yuk mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Untuk Klaim Asuransi Mobil Secara Umum

Adapun untuk syarat dokumen dan data-data yang dibutuhkan sebagai syarat klaim asuransi mobil secara umum yaitu dengan menyiapkan:

  • Salinan fotokopi polis asuransi beserta dengan aslinya untuk menunjukan keaslian dari polis asuransi itu sendiri.
  • Fotokopi dari KTP
  • Surat keterangan resmi dari kepolisian terkait kejadian yang menyebabkan mobil rusak.
  • Fotokopi dari SIM dan STNK
  • Formulir klaim asuransi yang telah diisi dan ditandatangani.

2. Untuk Klaim Asuransi Mobil Khusus Kehilangan Kendaraan atau Kerusakan Total

Ada pun tata cara klaim asuransi mobil kerusakan total yang paling pertama harus disiapkan yaitu dokumen sebagai persyaratan. Berikut ini ini adalah daftar persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Bentuk asli polis asuransi dan salinan fotokopi.
  • Salinan fotokopi SIM dan STNK.
  • Laporan resmi dari kepolisian bahwa mobil mengalami kerusakan karena kecelakaan.
  • Laporan resmi dari kepolisian jika mobil mengalami kehilangan.
  • Formulir klaim dari perusahaan asuransi yang telah diisi dengan lengkap dan ditandatangani.
  • Kronologi kejadian secara tertulis yang menyampaikan tentang kondisi mobil.
  • Dokumentasi kerusakan kendaraan, seperti penyok, lecet dan lain sebagainya.

3. Untuk Klaim Asuransi Mobil Khusus yang Melibatkan Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (Third Party Liability)

Adapun beberapa dokumen yang harus disiapkan bagi kendaraan yang rusak dan melibatkan pihak ketiga untuk tanggung jawab yaitu:

  • Adanya surat tuntutan dari pihak ketiga yang sudah diisi secara lengkap dan telah ditandatangani di atas materai yang disepakati.
  • Melampirkan fotokopi KTP, SIM dan STNK dari pihak ketiga.
  • Adanya surat pernyataan bahwa pihak ketiga tidak memiliki asuransi mobil.
  • Surat keterangan resmi dari kepolisian yang menyatakan terjadi kecelakaan dan melibatkan pihak ketiga.

Selain menyiapkan data dan dokumen-dokumen yang telah disiapkan untuk syarat mengajukan klaim, sebagai agen asuransi kamu juga wajib memberi tahu kisaran biaya yang perlu disiapkan. Biaya untuk mengajukan klaim sekitar Rp250ribu-Rp300ribu.

Namun kembali lagi, untuk biaya juga tergantung kebijakan dari perusahaan asuransi itu sendiri. Biasanya setiap perusahaan asuransi memiliki persyaratan yang berbeda-beda terkait biaya untuk mengajukan klaim asuransi itu sendiri. Kamu sebagai agen berperan penting menyampaikan informasi biaya mengajukan klaim.

Tahukah kamu kalau kamu bisa mendapatkan penghasilan dan komisi berlimpah sebagai agen asuransi? Caranya adalah dengan bergabung sebagai Mitra Qoala Plus. Kenapa kamu harus jadi Mitra Qoala Plus? Cek alasan lengkapnya di sini!

Penyebab Umum Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Penyebab Umum Klaim Asuransi Mobil Ditolak
Sumber foto: anabaraulia via Shutterstock

Berkaitan dengan berapa lama proses klaim asuransi mobil? Tentu hal tersebut juga tergantung pada pihak asuransi yang melakukan analisis dan cek kondisi mobil yang menjadi asuransi itu sendiri. Namun umumnya, jika setiap dokumen, data dan prosedur telah dipenuhi dengan lengkap, waktu yang dibutuhkan tidak begitu lama.

Biasanya yang menyebabkan lama yaitu perusahaan asuransi membutuhkan waktu untuk menganalisis penyebab utama (proximate cause) yang dialami oleh mobil yang diasuransikan. Apakah penyebab tersebut masuk dalam penyebab untuk klaim atau penyebab untuk ditolak.

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum klaim asuransi mobil sehingga mengalami penolakan. Hal ini juga tentu penting untuk kamu ketahui.

1. Polis Lapse

Penyebab umum pertama yang membuat klaim asuransi dapat ditolak adalah polis lapse. Kondisi menyatakan bahwa polis asuransi tidak aktif dan tidak bisa melakukan klaim. Kondisi ini terjadi jika nasabah tidak membayar premi tiap bulan dan telah melebihi batas waktu yang ditentukan.

2. Kerusakan Terjadi Sebelumnya

Kondisi yang menyebabkan klaim asuransi ditolak yaitu kerusakan yang diajukan untuk diklaim terjadi saat nasabah belum mendaftarkan asuransi itu sendiri. Maka dari itu, asuransi pun dapat dipastikan akan ditolak dan tidak akan diterima. Termasuk klaim asuransi mobil lecet yang diajukan, ternyata lecetnya mobil terjadi saat sebelum mendaftarkan asuransi.

3. Pelanggaran Aturan atau Pelanggaran Hukum

Penyebab lain yang membuat klaim asuransi mobil ditolak yaitu nasabah melakukan pelanggaran hukum lalu lintas. Seperti pengendara mengemudi mobil dalam keadaan mabuk atau pengendara mengemudikan kendaraan saat belum mengantongi Surat Izin Mengemudi.

4. Polis Tidak dalam Masa Tunggu

Penyebab polis ditolak juga yaitu polis tidak dalam masa tunggu. Masa tunggu merupakan periode satu bulan setelah polis terbit. Kecelakaan yang menyebabkan mobil rusak terjadi di saat satu bulan ketika polis baru terbit, maka klaim tidak bisa dilakukan dan akan ditolak.

5. Kerusakan yang Disengaja atau Dimanipulasi

Penyebab klaim asuransi mobil tidak bisa dikabulkan juga karena kerusakan yang terjadi disengaja atau akibat dari manipulasi. Seperti contohnya sengaja melakukan tabrakan atau merusak mobil dengan melakukan tindakan fisik seperti memukul kendaraan.

Selain itu, klaim untuk mesin kendaraan juga tidak bisa dilakukan terutama jika kendaraan rusak akibat air yang disebabkan oleh banjir. Maka penting untuk menghindari banjir bagi setiap mobil yang diasuransikan. Karena jika terjadi kerusakan, tidak akan dapat tindakan ganti rugi.

6. Adanya Aksesori Tambahan yang Tidak Dilaporkan

Dalam proses perjalanan asuransi mobil, nasabah juga penting untuk melaporkan setiap aksesoris tambahan yang ada pada mobil. Laporkan setiap aksesori yang dipasang agar perusahaan asuransi bisa menghitung nilai pertanggungannya.

7. Berkas Dokumen Klaim Tidak Lengkap

Penyebab lainnya yaitu berkas dokumen saat pengajuan klaim tidak lengkap. Karena jika tidak, klaim tidak akan terlaksana. Berkas lengkap pun masih akan melewati tahapan review dari perusahaan asuransi dan memastikan bahwa mobil yang mengalami kerusakan akan mendapatkan ganti rugi.

8. Batas Waktu yang Ditetapkan untuk Pengajuan Klaim Telah Lewat

Faktor yang menyebabkan klaim bisa ditolak yaitu batas waktu yang ditetapkan untuk pengajuan klaim telah lewat. Jika kondisi ini terjadi, tidak ada hal yang bisa dilakukan oleh nasabah. Maka dari itu hitung setiap waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melakukan klaim.

9. Kejadian yang Menimpa Mobil Tidak Termasuk ke Dalam Risiko yang Dipertanggungkan oleh Asuransi

Kondisi yang menyebabkan klaim asuransi mobil dapat ditolak yaitu kejadian yang membuat mobil rusak tidak termasuk dalam risiko yang dipertanggungkan. Seperti akibat bencana banjir atau kejadian lain secara spesifik.

Yuk, gabung sebagai Mitra Qoala Plus dan dapatkan training seputar produk asuransi maupun berbagai pelatihan lainnya hingga cuan berlimpah!

Tips yang Dapat Disampaikan oleh Agen Asuransi Kepada Nasabah Agar Klaim Asuransi Mobil Tidak Ditolak

Tips yang Dapat Disampaikan oleh Agen Asuransi Kepada Nasabah Agar Klaim Asuransi Mobil Tidak Ditolak
Sumber foto: NONGASIMO via Shutterstock

Apakah klaim asuransi dikenakan biaya? Tentu hal ini tergantung pada kebijakan perusahaan asuransi itu sendiri. Setiap perusahaan asuransi biasanya memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Perihal biaya klaim asuransi mobil, bisa langsung bertanya kepada setiap perusahaan asuransi agar mendapatkan penjelasan yang lebih pasti.

Namun sebagai agen asuransi, terdapat beberapa kewajiban yang perlu disampaikan kepada nasabah agar klaim asuransi tidak ditolak. Nah, berikut ini terdapat beberapa tips yang perlu kamu ketahui dengan baik agar klaim tidak ditolak, yaitu:

1. Nasabah Wajib Menghubungi Pihak Asuransi Sesegera Mungkin

Sebagai agen asuransi, kamu wajib memberi tahu kepada nasabah jika terjadi sesuatu pada mobil yang diasuransikan, nasabah harus menghubungi pihak asuransi sesegera mungkin. Termasuk mobil ketika mengalami kecelakaan, kerusakan hingga kondisi lainnya.

Batas waktu melaporkan kondisi mobil kepada pihak asuransi yaitu 3 x 24 jam setelah kejadian. Maka dari tips agar klaim asuransi tidak ditolak yaitu dengan sesegera mungkin melaporkan kepada pihak asuransi agar bisa cepat diproses.

2. Nasabah Wajib Menyiapkan dan Menunjukkan Bukti Secara Lengkap dan Jujur

Tips lain yang perlu diketahui nasabah yaitu dengan menyiapkan segala bukti dan menunjukkannya. Jangan lupa juga untuk memberikan bukti secara lengkap dan jujur. Bukti ini yang akan menjadi dasar terkait kondisi mobil.

Bukti-bukti yang ditunjukan bisa berupa foto bagian mobil yang mengalami kerusakan seperti bagian yang penyok atau lecet. Nasabah juga bisa menyiapkan bukti dari rekaman CCTV dan bukti-bukti yang berasal dari media yang valid.

3. Nasabah Wajib Mampu Menjelaskan Kronologis Kejadian Secara Rinci dan Transparan

Nasabah juga wajib menjelaskan secara kronologis kejadian yang terjadi dan ceritakan setiap kronologinya dengan rinci dan transparan. Nasabah juga wajib untuk jujur dan tidak ada sedikit hal pun yang dimanipulasi untuk kepentingan mendapatkan klaim. Karena jika terbukti tidak jujur, bukannya mendapatkan klaim, namun justru sebaliknya klaim akan ditolak.

4. Nasabah Wajib Melengkapi Persyaratan untuk Diserahkan

Untuk melakukan klaim terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Setiap nasabah yang mengajukan klaim harus melengkapi persyaratan yang diserahkan dan tidak kekurangan satu dokumen persyaratan sama sekali.

5. Nasabah Wajib Mematuhi Seluruh Prosedur yang Berlaku dan Telah Disepakati dalam Polis Asuransi Mobil Sejak Awal

Tips agar klaim asuransi mobil diterima juga setiap nasabah wajib mematuhi seluruh prosedur yang berlalu dan telah disepakati dalam polis asuransi sejak awal. Dengan sikap yang bijak ini, akan menjadi poin plus untuk perusahaan asuransi menyetujui klaim yang diajukan.

Perhitungan Premi Asuransi Mobil

Ini merupakan bagian penting yang perlu disampaikan oleh setiap agen asuransi mobil kepada setiap nasabah yang mengambil asuransi ini. Yaitu terkait perhitungan premi asuransi mobil itu sendiri. Setiap nasabah harus mengetahui biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk membayar premi.

Agar setiap nasabah menjadikan prioritas untuk membayar premi setiap bulannya, kendati secara tertulis pemasukan yang didapatkan tidak besar, namun kewajiban calon nasabah harus terpenuhi. Dengan melakukan perhitungan pembayaran premi, setiap nasabah akan dapat memenuhi kewajiban setiap bulannya.

Tentu saja besaran biaya premi setiap bulannya berbeda-beda, tergantung dari jenis asuransi, jenis mobil, harga mobil hingga wilayah domisili tempat tinggal dari nasabah itu sendiri. Satu hal yang juga mempengaruhi biaya pembayaran premi yaitu manfaat yang akan didapatkan oleh asuransi mobil yang diambil.

Seperti contoh untuk asuransi TLO dan all risk memiliki besaran premi yang berbeda. Biaya all risk akan lebih mahal dibandingkan dengan TLO. Namun, presentasi besaran premi ada di angkat 1,05%-4,20%, kembali lagi tergantung dari harga mobil yang ada di pasaran.

Tabel di bawah ini akan memberikan gambaran perhitungan biaya premi dari persentase hitungan yang telah dijelaskan di atas, yaitu:

KategoriHarga MobilWilayah 1Wilayah 2Wilayah 3
Kategori PertamaRp0 – Rp125 juta3,82% – 4,20%3,26% – 3,59%2,53% – 2,78%
Kategori Kedua>Rp125 juta -Rp200 juta2,67% – 2,94%2,47% – 2,72%2,69% – 2,96%
Kategori Ketiga>Rp200 juta -Rp400 juta2,18% – 2,40%2,08% – 2,29%1,79% – 1,97%
Kategori Keempat>Rp400 juta -Rp800 juta1,20% – 1,32%1,20% – 1,32%1,14% – 1,25%
Kategori Kelima>Rp800 juta1,05% – 1,16%1,05% – 1,16%1,05%-1,16%

Itu tadi pembahasan lengkap tentang klaim asuransi mobil yang perlu kamu pahami dan kuasai. Disertai dengan tips agar klaim asuransi mobil tidak mendapatkan penolakan di atas, kamu bisa menyampaikannya kepada nasabah.

Sebagai agen asuransi, kamu juga harus terus memberikan pendampingan dan memberikan saran agar nasabah tidak kebingungan. Dari penjelasan yang telah disampaikan di atas, agaknya bisa semakin membuat kamu menjadi seorang agen asuransi terbaik dan dibutuhkan oleh para nasabah asuransi!

Supaya penjualanmu lebih mudah dan tepat guna, jangan ragu untuk bergabung menjadi Mitra Qoala Plus. Yuk, gabung sebagai Mitra Qoala Plus dan dapatkan berbagai pelatihan hingga cuan berlimpah!

Untuk cara jadi Mitra Qoala Plus dan informasi seputar agen asuransi lainnya, install aplikasi Qoala Plus dengan mengunduhnya di Google Play atau App Store! Kamu juga bisa kunjungi laman Qoala Plus untuk mendaftar dan mendapatkan informasi lainnya.