Asuransi merupakan sebuah proteksi yang akan melindungi individu dari risiko tertentu yang tidak diharapkan. Salah satu jenis asuransi yang banyak digunakan adalah asuransi jiwa. Sudahkah kamu tahu apa saja manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat?

Pada dasarnya, manfaat asuransi adalah memberikan perlindungan saat terjadi risiko tertentu seperti kecelakaan atau kematian. Namun, semua tergantung dari jenis asuransi yang dipilih. Jika kamu ingin memastikan keluarga terhindar dari beban keuangan dan tetap bisa melanjutkan kehidupan mereka dengan sejumlah uang yang dipersiapkan setelah kamu meninggal dunia, asuransi jiwa adalah pilihan yang tepat.

Agar lebih memahami apa saja manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat yang bisa didapatkan dengan membeli asuransi jiwa, Qoala Plus akan dengan senang hati membantu melalui artikel yang sudah kami rangkum dan sajikan untuk kamu semua.

Asuransi jiwa adalah salah satu jenis asuransi yang bisa masyarakat manfaatkan untuk mendapatkan perlindungan dari risiko. Biasanya, manfaat yang diberikan berupa uang pertanggungan atau uang santunan yang nantinya diberikan kepada ahli waris setelah kematian pemegang polis atau tertanggung. Untuk bisa mendapatkan sejumlah manfaat dari asuransi jiwa, nasabah harus membayarkan premi asuransi dalam jangka waktu tertentu.

Adapun besaran premi asuransi jiwa tergantung dari berapa banyak uang pertanggungan yang ingin mereka dapatkan di kemudian hari. Kemampuan membayar premi juga menjadi pertimbangan lain dalam menentukan besaran premi yang menjadi tanggung jawab atau kewajiban yang harus nasabah bayarkan secara rutin dan konsisten. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin mereka akan kehilangan hak untuk mendapatkan manfaat asuransi jiwa. Lalu, apa saja manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat yang dimaksud?

Manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat adalah sebagai berikut.

1. Rasa Tenang dan Aman yang Turut Membantu Menjaga Stabilitas Masyarakat

Rasa Tenang dan Aman yang Turut Membantu Menjaga Stabilitas Masyarakat
Sumber foto: Natali _ Mis via Shutterstock

Kondisi yang tidak pasti membuat seseorang ingin mendapatkan perlindungan berupa rasa aman dan tenang dalam menjalani kehidupan. Hal tersebut menjadi salah satu manfaat dari asuransi jiwa yang juga turut menjaga stabilitas masyarakat.

Sebagai manusia terutama kepala keluarga, sangat wajar jika memikirkan seperti apa kehidupan orang-orang tercinta selanjutnya setelah kepergiannya. Bagaimanapun juga, tidak ada yang tahu berapa lama seseorang akan hidup. Oleh sebab itu, banyak orangtua atau kepala keluarga yang mulai mempersiapkan dana untuk anak-anak tercinta. Agar mereka tetap bisa menjalani kehidupan yang layak tanpa harus terbebani secara finansial. Salah satu caranya adalah dengan memiliki polis asuransi jiwa terbaik dan terpercaya.

Dengan sejumlah uang pertanggungan yang ditentukan di awal, mereka bisa merasa tenang dan aman. Sebab, mereka tahu berapa banyak uang yang nantinya akan ahli waris dapatkan dengan menjadi pemegang polis dalam kurun waktu tertentu. Uang tersebut nantinya bisa ahli waris gunakan untuk berbagai kebutuhan yang menunjang kehidupan mereka. Nah, rasa tenang dan aman inilah yang menjadi salah satu dari beberapa manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat yang ada.

Ingin tahu lebih lengkap tentang manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat secara lengkap hingga informasi seputar asuransi lainnya? Yuk, gabung sebagai Mitra Qoala Plus untuk dapatkan berbagai informasi keagenan melalui training gratis hingga raih cuan berlimpah!

2. Pengganti Program Perlindungan JPS (Jaring Pengaman Sosial) dari Pemerintah

Manfaat lain dari asuransi jiwa bagi masyarakat adalah sebagai pengganti program perlindungan jaring pengaman sosial (JPS) dari pemerintah. Dengan asuransi jiwa, setiap individu bisa menentukan berapa banyak uang yang mereka persiapkan agar didapatkan oleh keluarga tercinta atau ahli waris. Uang tersebut akan diberikan oleh perusahaan asuransi setelah kepergian kepala keluarga yang juga turut menghilangnya sumber pendapatan keluarga.

Melalui asuransi jiwa, individu akan lebih siap secara finansial dan mental meski suatu hari nanti harus pergi. Namun, tidak membiarkan keluarga tercinta hidup tidak jelas tanpa adanya uang. Jadi, sudah paham kan betapa pentingnya memiliki asuransi jiwa melalui penjelasan manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat satu ini?

Jadi agen asuransi terbaik dengan bergabung sebagai Mitra Qoala Plus dan dapatkan cuan berlimpah sampai berbagai pelatihan gratis!

3. Kontribusi Terhadap Kestabilan Ekonomi Nasional

Manfaat asuransi jiwa tidak hanya akan dirasakan oleh tertanggung dan penanggung tetapi juga bagi masyarakat luas. Maksud dari manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat inni adalah dengan semakin banyaknya perusahaan penyedia asuransi turut membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat umum. Hal tersebut juga akan berkontribusi terhadap stabilitas ekonomi nasional. Tentunya, menjadi salah satu upaya dan mengendalikan angka pengangguran.

4. Perlindungan Finansial untuk Kelangsungan Hidup Keluarga atau Ahli Waris

Perlindungan Finansial untuk Kelangsungan Hidup Keluarga atau Ahli Waris
Sumber foto: Parkin Srihawong via Shutterstock

Rasa aman dan tenang bukanlah satu-satunya manfaat asuransi jiwa. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang memilih asuransi jiwa, akan semakin banyak pula keluarga dan ahli waris yang kehidupannya terlindungi dari sisi finansial. Lalu, bagaimana manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat, khususnya bagi kelangsungan hidup keluarga atau ahli waris ini?

Asuransi jiwa menawarkan uang pertanggungan hingga miliaran rupiah yang nantinya bisa ahli waris klaim. Di mana uang tersebut bisa digunakan untuk kelangsungan hidup semua anggota keluarga atau ahli waris termasuk istri, anak, orangtua, dan saudara kandung.

Dapatkan solusi kemudahan beransuransi termasuk manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat, baik bagi nasabah maupun agen asuransi dengan dokumen dan proses klaim digital yang didukung teknologi terbaik di Qoala Plus!

5. Menutup Risiko Biaya Akibat Kematian atau Meninggal Dunia

Bisa menjelaskan kira-kira apa saja manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat lainnya? Sebenarnya, asuransi jiwa merupakan cara untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang tercinta dari beban finansial. Kematian adalah hal yang pasti karena semua orang akan mengalaminya.

Akan tetapi, meninggalnya seseorang akan memerlukan biaya terlebih jika meninggal akibat kecelakaan atau karena sakit. Akan semakin banyak biaya yang harus keluarga tanggung di saat kehilangan yang mereka rasakan.

Namun, hal tersebut bisa diantisipasi dengan adanya asuransi jiwa. Sejumlah uang pertanggungan dan uang santunan yang perusahaan asuransi berikan kepada ahli waris tertanggung bisa digunakan untuk menutup semua risiko biaya akibat kematian. Jadi, keluarga yang ditinggalkan bisa merasa lebih lega dan tenang. Mereka tidak lagi pusing harus memikirkan cara mendapatkan uang untuk menutupi keperluan dan biaya pemakaman, biaya ambulans, dan lain sebagainya.

6. Pertanggungan untuk Penyakit Kronis

Manfaat asuransi kesehatan adalah memberikan perlindungan terhadap kondisi kesehatan seseorang dengan cara menanggung biaya yang harus nasabah keluarkan selama menjalani perawatan. Akan tetapi, jika manfaat tersebut ternyata tidak cukup untuk menanggung risiko penyakit kronis, asuransi jiwa akan turut melengkapi manfaat tersebut.

Manfaat lain dari asuransi jiwa adalah menawarkan atau memberikan pertanggungan untuk penyakit kronis. Biasanya, manfaat satu ini bisa nasabah atau tertanggung dapatkan dengan membeli rider atau manfaat tambahan. Karena sifatnya tambahan, ada sejumlah uang yang juga harus dibayarkan selain besaran premi yang biasa mereka bayarkan untuk asuransi konvensional.

Jadi, untuk mendapatkan manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat satu ini, tertanggung harus siap untuk mengeluarkan uang yang lebih guna mendapatkan manfaat yang lebih dari sekedar proteksi jiwa. Manfaat tersebut akan sangat berguna bagi pemegang polis asuransi jiwa yang memiliki riwayat penyakit kronis atau ingin berjaga-jaga dari penyakit kronis seiring bertambahnya usia.

7. Santunan untuk Mengganti Penghasilan yang Hilang Akibat Kasus Cacat Total Permanen atau Cacat Sebagian

Santunan untuk Mengganti Penghasilan yang Hilang Akibat Kasus Cacat Total Permanen atau Cacat Sebagian
Sumber foto: BongkarnGraphic via Shutterstock

Tugas kepala keluarga adalah menafkahi istri dan anak-anak tercinta. Sayangnya, hidup itu penuh risiko dan tidak selalu berjalan seperti yang kita harapkan. Selain risiko meninggal dunia, ada berbagai risiko lain seperti jatuh sakit atau kecelakaan yang kemudian menyebabkan kondisi cacat.

Dengan kondisi cacat sebagian atau cacat total, akan sulit bagi seseorang untuk kembali bekerja. Akhirnya membuat mereka kehilangan sumber penghasilan namun beban atau biaya hidup bahkan bisa bertambah seperti adanya kebutuhan pengobatan dan perawatan. Lalu, bagaimana manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat berperan dalam hal ini?

Manfaat asuransi jiwa tidak hanya terbatas pada uang santunan atau uang pertanggungan atas meninggalnya tertanggung. Asuransi jenis satu ini bahkan bisa memberikan manfaat berupa santunan untuk mengganti penghasilan yang hilang setelah tertanggung mengalami cacat total maupun cacat sebagian. Tentunya semakin menambah sederet manfaat yang diberikan oleh asuransi jiwa bagi masyarakat yang sadar betapa pentingnya memiliki proteksi yang tepat melalui asuransi jiwa.

8. Pertanggungan Biaya Perawatan Medis

Meski tidak memiliki asuransi kesehatan, seseorang tidak perlu mengkhawatirkan besarnya biaya perawatan saat mereka harus mendapatkan pelayanan atau perawatan medis. Bagaimana mungkin manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat ini berperan dalam perawatan medis? Pertanggungan biaya perawatan medis bisa juga didapatkan oleh nasabah asuransi jiwa. Namun dengan syarat mereka memilih atau membayar manfaat tambahan atau rider yang nantinya akan menjamin kebutuhan biaya perawatan.

Tidak jauh berbeda dengan manfaat pertanggungan untuk penyakit kronis, pertanggungan biaya perawatan medis juga mengharuskan nasabah asuransi jiwa membayar sejumlah uang sebagai tambahan dari premi yang biasa mereka bayarkan untuk mendapatkan proteksi jiwa tradisional. Semakin banyak manfaat tambahan yang mereka pilih, semakin besar pula biaya tambahan yang harus dibayarkan saat tiba waktunya membayar premi asuransi jiwa.

Jadi, sebaiknya lebih bijak dalam memilih rider asuransi jiwa agar tidak turut membebani tertanggung secara keuangan. Pastikan untuk terlebih dahulu mempertimbangkan manfaat tambahan mana yang lebih dibutuhkan atau lebih prioritas. Namun, bukan berarti tidak boleh memilih semua jenis rider atau manfaat tambahan selama memang mampu membayar premi yang lebih besar.

9. Bentuk Pengelolaan Keuangan Secara Tepat untuk Bantu Wujudkan Impian di Masa Depan

Banyak orang beranggapan bahwa menabung saja sudah cukup untuk bisa mewujudkan impian di masa depan. Padahal nyatanya, menabung belum tentu cukup terlebih dengan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi di kemudian hari. Misalnya, tiba-tiba harus mengeluarkan uang untuk kebutuhan darurat atau berkurangnya kesempatan untuk menyimpan uang terlebih saat kehilangan sumber penghasilan. Lalu, bagaimana manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat berperan dalam hal ini?

Jadi, selain tabungan, sebaiknya kamu juga harus mulai sadar akan pentingnya investasi dan asuransi. Asuransi bisa menjadi salah satu bentuk pengelolaan uang yang akan membantu kamu mendapatkan apa yang diharapkan. Misalnya, ingin memastikan terpenuhinya biaya pendidikan anak dengan memilih jenis asuransi jiwa yang tepat.

10. Membantu Pertumbuhan Aset

Membantu Pertumbuhan Aset
Sumber foto: Juicy FOTO via Shutterstock

Mungkin masih banyak orang yang beranggapan kalau asuransi bukanlah sesuatu yang penting. Padahal, manfaatnya bisa turut membantu pertumbuhan aset. Produk asuransi jiwa bisa membantu nasabahnya melindungi aset mereka yang sudah susah payah dikumpulkan. Bahkan, bisa juga membantu aset tersebut tumbuh dengan baik. Caranya adalah dengan memilih asuransi jiwa yang juga menawarkan manfaat perlindungan terhadap aset. Di sinilah manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat berperan.

Pertumbuhan aset juga bisa dirasakan oleh penyedia asuransi yang juga merupakan bagian dari masyarakat, bukan?

11. Manfaat Tambahan Berupa Investasi

Ingin membeli asuransi sekaligus mendapatkan hasil investasi? Asuransi jiwa menawarkan manfaat tambahan berupa nilai investasi yang akan memberikan cuan. Namun, manfaat satu ini tidak bisa didapatkan begitu saja hanya dengan menjadi nasabah asuransi. Lalu, apa maksud dari manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat dalam segi investasi ini?

Hanya jenis asuransi jiwa unit link yang mampu memberikan manfaat asuransi jiwa semacam ini bagi masyarakat yang ingin mendapatkan lebih dari sekedar perlindungan.

12. Persiapan Tabungan Pensiun hingga Upaya Pendukung untuk Mengumpulkan Dana Warisan

Apakah asuransi jiwa benar-benar bermanfaat bagi para nasabah? Jika punya pertanyaan semacam ini yang begitu sering muncul di kepala, mungkin kamu harus mengenali apa saja manfaat yang bisa asuransi jiwa berikan, termasuk dari manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat secara umum.

Bagi sebagian orang, asuransi jiwa menjadi salah satu cara tepat mempersiapkan tabungan pensiun. Bahkan, tidak jarang mereka bisa mulai mempersiapkan dana warisan untuk para ahli waris dari sejumlah uang pertanggungan yang nantinya mereka dapatkan setelah berakhirnya masa asuransi.

Menikmati hari tua tanpa harus bekerja adalah impian semua orang. Sayangnya, setiap orang memiliki cara berbeda untuk merealisasikannya. Selain tabungan pensiun, asuransi jiwa juga bisa dimanfaatkan untuk menikmati masa tua yang bebas dari beban finansial. Kamu bisa menggunakan uang yang ada untuk membiayai keperluan hidup sehari-hari. Untuk tujuan tersebut, mulailah menghitung berapa besar estimasi kebutuhan biaya hidup di masa tua dan tentukan berapa banyak uang pertanggungan yang bisa didapatkan dari asuransi jiwa. Pastikan sesuai kebutuhan atau bahkan lebih. Jadi, sudah paham bukan tentang manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat dalam hal ini?

13. Membantu Memastikan Tercapainya Target Biaya Pendidikan Anak

Asuransi Jiwa Membantu Memastikan Tercapainya Target Biaya Pendidikan Anak
Sumber foto: 3rdtimeluckystudio via Shutterstock

Biaya pendidikan harus menjadi perhatian orangtua. Bahkan, mereka sudah harus mempersiapkannya sedini mungkin agar bisa mencapai target yang dibuat. Biaya pendidikan saat ini tentu akan berbeda dengan biaya pendidikan di masa mendatang, sepuluh atau dua puluh tahun lagi.

Lalu, apa maksud dari manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat dalam ranah persiapan pendidikan? Artinya, kamu sudah harus memiliki gambaran berapa banyak yang harus dipersiapkan agar anak tercinta bisa melanjutkan studi mereka hingga jenjang tertinggi sesuai keinginan dan harapan mereka.

14. Manfaat Asuransi Jiwa bagi Masyarakan Tambahan Berupa Bebas Pajak

Ternyata, asuransi jiwa juga memberikan manfaat tambahan bebas pajak yang tentunya akan menarik perhatian masyarakat. Nah, apabila kamu sedang mempersiapkan proteksi atau bahkan warisan untuk keluarga tercinta, mengapa tidak memilih asuransi jiwa? Dalam prosedur klaim asuransi jiwa, klaim yang diajukan untuk mendapatkan manfaat asuransi jiwa bukan merupakan objek pajak penghasilan sehingga bebas pajak.

Dengan begitu, ahli waris akan mendapatkan sejumlah uang pertanggungan tanpa khawatir harus membayar pajak penghasilan. Namun, untuk mendapatkan manfaat asuransi jiwa satu ini, pastikan memilih jenis asuransi jiwa yang benar bebas pajak. Hubungi agen asuransi jiwa atau pihak penyedia asuransi jiwa untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar jenis produk asuransi jiwa yang dikenai pajak dan tidak dikenai pajak. Jadi, sudah paham ‘kan tentang manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat seputar perpajakan ini?

15. Pelunasan Hutang yang Belum Terbayar

Apa maksud dari manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat terkait pelunasan hutang yang belum terbayar? Orang yang meninggal tidak selalu mewariskan uang, kekayaan, atau aset. Warisan juga bisa berupa hutang yaitu kewajiban yang harus mendiang lakukan sesuai kesepakatan dengan pihak tertentu atau pemberi hutang.

Berapapun besarnya hutang tetap akan menjadi beban yang harus ahli waris atau keluarga tanggung. Bayangkan saja jika ternyata mendiang meninggalkan hutang dengan jumlah besar. Bagaimana pihak keluarga akan membayar pelunasannya? Bahkan mereka kehilangan satu-satunya sumber penghasilan keluarga. Untuk menghindari kemungkinan semacam ini, tentunya seseorang bisa membeli produk asuransi jiwa.

Dengan sejumlah uang pertanggungan yang diberikan perusahaan asuransi, keluarga bisa segera melunasi hutang yang masih belum terbayar. Bahkan ada jenis asuransi jiwa yang akan menanggung hutang atas cicilan rumah dari mendiang. Dengan asuransi tersebut, hutang KPR mendiang akan dinyatakan lunas karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Meski mengharuskan masyarakat untuk membayar sejumlah uang premi, tetapi asuransi jiwa sangat penting. Bahkan, tidak sedikit manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat ini diberikan bagi mereka yang memang ingin mendapatkan perlindungan terbaik atas risiko meninggal dunia atau risiko lain yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi jiwa.

Nah, itulah 15 manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat yang penting untuk diketahui, baik oleh nasabah maupun agen asuransi itu sendiri. Informasi seputar asuransi lainnya bisa kamu dapatkan dengan mengakses Qoala Plus Blog. Bahkan kamu bisa mulai mempersiapkan diri sebagai agen asuransi melalui informasi tersebut.

Semoga informasi seputar manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat ini bermanfaat dan semakin banyak masyarakat yang mulai mempertimbangkan pentingnya memiliki asuransi terutama asuransi jiwa. Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi agen asuransi terbaik untuk menjual produk-produk asuransi jiwa terbaik pula, kamu bisa bergabung sebagai Mitra Qoala Plus dan dapatkan berbagai pelatihan hingga cuan berlimpah! Untuk membantu kamu mempelajari lebih jauh tentang keagenan atau kemitraan serta cara sukses di dunia asuransi, segera download aplikasi Qoala Plus di Google Play atau App Store.