Promosi penjualan dapat meningkatkan penjualan sebuah produk dan merupakan bagian penting dalam strategi pemasaran produk. Saat ini, di tengah pesatnya pemasaran secara online, banyak masyarakat yang bisa mendapatkan akses lebih baik tentang sebuah produk.

Misalnya seperti ulasan produk baik melalui sebuah artikel atau video. Hal ini tentu saja merupakan kabar baik bagi masyarakat, pasalnya dengan promosi penjualan yang lebih baik tersebut, dapat membuat masyarakat mengetahui produk secara lengkap tanpa harus khawatir tentang produk yang akan dibelinya.

Namun, apa sebenarnya pengertian dari promosi penjualan secara lengkap? Bagaimana para ahli mendefinisikan promosi penjualan. Belum lagi manfaat dari promosi hingga informasi penting lainnya. Nah, kali ini, Qoala Plus akan bahas tuntas segala hal terkait promosi penjualan.

Pengertian Dasar Promosi Penjualan

Secara sederhana, promosi penjualan adalah sebuah aktivitas yang diterapkan untuk tujuan meningkatkan penjualan dan meningkatkan permintaan konsumen terhadap sebuah produk. Biasanya promosi diterapkan dalam jangka waktu yang terbatas dan telah ditentukan sebelumnya.

Tentu hal ini dilakukan dengan berdasarkan pada riset terkait pelanggan atau konsumen itu sendiri, seperti demografi konsumen, usia dan gender konsumen, hingga ketertarikan konsumen itu sendiri. Namun secara spesifik, beberapa ahli menyatakan beberapa pendapatnya dan mendefinisikannya secara berbeda. Berikut pembahasannya.

a. Pengertian Promosi Penjualan Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian promosi penjualan menurut para ahli yang memang pakar di bidangnya dan telah diakui oleh banyak pihak. Beberapa pengertian tersebut adalah sebagai berikut:

  • Philip Kotler: Menurut Kotler, promosi adalah strategi pemasaran sebagai bentuk komunikasi dengan pasar melalui proses komposisi marketing mix.
  • Louise E. Boone & David L. Kurtz: Kedua pakar ini berpendapat bahwa promosi merupakan sebuah kegiatan untuk membujuk, memberikan informasi dan mempengaruhi konsumen agar membeli sebuah produk.
  • Fandy Tjiptono: Dalam penjelasan promosi penjualan PDF, Fadny menyatakan bahwa promosi merupakan komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi dan membujuk konsumen.

Banyak ahli lain yang memberikan pendapat tentan promosi, namun secara garis besar mereka berpendapat bahwa promosi merupakan sebuah aktivitas atau upaya untuk memberi informasi tentang produk dan membujuk konsumen untuk membeli sebuah produk itu sendiri.

b. Tujuan Promosi Penjualan

Lantas apa saja tiga hal mendasar dalam promosi penjualan, pertama public relation, konsumen dan iklan produk. Tiga hal mendasar tersebut menjadi dasar dari tujuan promosi itu sendiri. Terdapat beberapa hal yang menjadi tujuan dari dilakukannya sebuah promosi, yaitu:

  • Meningkatkan penjualan
  • Stabilisasi penjualan
  • Meningkatkan nilai produk
  • Mengingatkan konsumen
  • Membedakan suatu produk dengan produk lainnya (kompetitor)
  • Memberi informasi kepada konsumen
  • Membujuk konsumen untuk membeli

Garis besar dari tujuan promosi tersebut yaitu untuk meningkatkan penjualan itu sendiri. Serangkaian kegiatan yang dilakukan seperti membuat iklan produk misalnya, untuk memberi informasi, mengingatkan konsumen hingga membujuk konsumen untuk membeli produk.

Selain itu, hal di atas dilakukan untuk meningkatkan penjualan yang dapat membuat penjualan berada dalam posisi stabil yang bisa memberikan pemasukan/penghasilan terhadap perusahaan. Yang lebih penting, sebuah promosi bertujuan membuat sebuah produk terlihat berbeda dengan produk lainnya yang sejenis yang dikeluarkan oleh kompetitor. Hal ini bisa membuat sebuah produk berbeda dan membuat konsumen memilih yang terbaik.

Dapatkan cuan berlimpah dari penjualan optimal sebagai agen asuransi terbaik di sini!

Manfaat Promosi Secara Umum

Manfaat Promosi Penjualan Secara Umum
Sumber foto: Rawpixel.com via Shutterstock

Promosi yang dilakukan bukan tanpa manfaat, terdapat beberapa manfaat promosi yang sekaligus juga menjadi tujuan dari promosi itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat dilakukannya promosi itu sendiri:

1. Menciptakan Branding dari Suatu Produk

Brand dari suatu produk ini memiliki nama, logo dan slogan. Tujuannya adalah agar mudah diingat oleh masyarakat sebagai konsumen. Promosi yang dilakukan untuk menciptakan branding dan membangun branding agar mudah diingat oleh konsumen. Branding yang baik akan berdampak pada kegiatan promosi yang mudah dilakukan.

2. Memperkenalkan Produk Baru

Manfaat dari promosi selanjutnya yaitu dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan produk baru. Jika ada produk baru yang masih berkaitan dan perlu diperkenalkan, makan cara yang paling ampuh adalah dengan melakukan promosi.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat selanjutnya adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Terdapat dua jenis pelanggan, pertama pelanggan loyal yang bertahan lama, kedua adalah pelanggan baru. Untuk pelanggan lama yang telah loyal, tidak perlu melakukan banyak hal karena mereka telah menjadi pelanggan loyal. Sementara pelanggan baru, butuh treatment khusus. Pada titik ini promosi hadir untuk meningkatkan loyalitas pelanggan baru.

Jika promosi bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas pelanggan baru, lantas bagaimana cara mendapatkan pelanggan baru tersebut? Jawabannya adalah dengan promosi itu sendiri. Seperti pepatah, sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Dalam satu kali promosi dapat menarik pelanggan baru dan meningkatkan loyalitasnya.

4. Sebagai Media Komunikasi dengan Pelanggan

Promosi juga merupakan salah satu media untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Ketika promosi ditayangkan, para pelanggan tentunya akan menanyakan beberapa pertanyaan. Hal ini menciptakan sebuah komunikasi antara konsumen sebagai pelanggan dan produsen sebagai pemilik produk.

5. Meningkatkan Persaingan yang Sehat

Meningkatkan persaingan yang sehat antar produk sejenis. Hal ini yang dapat menciptakan sebuah ekosistem dalam penjualan produk meningkat dan membuat setiap produsen dapat meningkatkan penjualannya.

Kekurangan Promosi Penjualan

Sudah sewajarnya terdapat kelebihan dan kekurangan promosi penjualan. Tidak bisa dipungkiri, bahwa terdapat beberapa kekurangan yang menjadi sisi negatif dari kegiatan promosi. Jika diminta untuk sebutkan sisi negatif dari promosi penjualan, berikut ini beberapa hal tersebut:

  1. Promosi langsung hanya efektif dilakukan dalam sebuah event
  2. Namun, jika sebuah promosi dilakukan dalam sebuah event yang menggunakan artis tertentu, hal ini akan mengurangi minat konsumen dan fokus konsumen hanya tertuju pada artisnya
  3. Jika penjualan produk tidak sesuai perhitungan dan sesuai harapan, maka kerugian akan pasti dialami
  4. Membutuhkan biaya tinggi dengan keuntungan yang masuk masih belum dapat diperhitungkan dengan pasti
  5. Hanya dapat dilakukan oleh perusahaan atau produsen besar yang secara finansial telah mapan

Jenis Promosi Penjualan

Jenis Promosi Penjualan
Sumber foto: RATTA LAPNAN via Shutterstock

Promosi penjualan yang bertujuan untuk merangsang atau mendorong pelanggan untuk membeli disebut sebagai customer promotion. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan serta meningkatkan brand awareness produk tersebut. Terdapat beberapa jenis promosi yang biasa dilakukan. Berikut ini adalah jenis-jenis promosi yang dimaksud:

a. Promosi Secara Fisik

Bentuk promosi penjualan yang pertama adalah promosi secara fisik. Promosi ini biasanya dilakukan secara langsung kepada konsumen. Bisa mendatangi konsumen saat berpapasan di jalan, atau menyusur perumahan warga dan mendatangi setiap rumah satu persatu dan menawarkan produk secara langsung. Kendati merupakan cara lama, contoh promosi penjualan ini masih kerap dilakukan dan masih terbilang efektif.

b. Promosi Melalui Media Tradisional

Contoh promosi penjualan atau bentuk dari promosi sendiri yaitu promosi secara tradisional, dalam bahasa asing kita mengenalnya dengan istilah Tradisional Marketing. Media tradisional yang dimaksud adalah televisi, radio dan media cetak. Menggunakan cara ini dapat secara efektif menjangkau masyarakat secara luas, karena media tradisional merupakan media yang banyak dimiliki oleh masyarakat

c. Promosi Melalui Media Digital

Jenis promosi terakhir adalah yang paling mutakhir, yaitu melalui media digital. Bentuk promosi penjualan melalui media digital sangat beragam, bisa menggunakan teks, visual hingga audio. Saat ini juga berkembang banyak media digital yang memang digunakan sebagai media promosi.

Cara ini merupakan cara efektif untuk menjaring konsumen muda yang melek terhadap dunia digital. Namun yang perlu diperhatikan adalah membuat materi promosi penjualan. Sebagai produsen kita harus membuat materi promosi sekreatif mungkin agar mampu menarik konsumen muda yang cenderung lebih variatif.

Macam-macam Promosi Dasar & Indikator Promosi Penjualan

Secara mendasar jenis promosi hanya terdiri dari tiga jenis, seperti yang telah dijelaskan di atas. Namun sebagai turunannya, terdapat beberapa macam-macam dari promosi serta indikator capaian promosi itu sendiri. Agar tuntang memahami tentan promosi itu sendiri, kita bisa simak ulasannya di bawah ini.

1. Penjualan oleh Staf Penjualan

Promosi dasar bisa dilakukan oleh staf penjualan dengan pendekatan penjualan personal atau personal selling. Apa keuntungan media promosi penjualan personal? Yaitu dapat menawarkan nilai riil dari sebuah produk dan menjelaskan secara langsung manfaat dari sebuah produk yang ditawarkan.

2. Periklanan

Indikator promosi penjualan yaitu meningkatnya permintaan masyarakat (konsumen) atas sebuah produk, dan meningkatnya pemasukan produsen saat menjual sebuah produk. Untuk itu, berbagai upaya dilakukan agar dapat tercapai indikator tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan iklan atau advertising. Iklan dapat meningkatkan permintaan masyarakat atas produk yang ditawarkan.

3. Public Relation

Public relation atau hubungan masyarakat merupakan bagian dari macam-macam promosi dasar. Public relation sendiri merupakan serangkaian aktivitas untuk membangun hubungan baik dengan masyarakat untuk mencapai tujuan mendapatkan dukungan. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membangun citra perusahaan dan mengelola isu negatif terkait sebuah produk yang beredar oleh oknum.

4. Promosi Penjualan

Salah satu macam promosi adalah promosi penjualan itu sendiri. Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik secara langsung, secara online atau menggunakan media iklan. Targetnya hanya satu, yaitu untuk meningkatkan penjualan sebuah produk. Kegiatan ini juga berdampak pada kondisi promosi penjualan, yang bisa meningkatkan penjualan dan meningkatkan permintaan dari masyarakat.

Strategi Terbaik untuk Melakukan Promosi Penjualan

Strategi Terbaik untuk Melakukan Promosi Penjualan
Sumber foto: ra2 studio via Shutterstock

Apa itu promosi penjualan? Adalah serangkaian aktivitas untuk meningkatkan penjualan dengan beberapa indikator capaian. Untuk bisa melakukan hal tersebut, diperlukan beberapa strategi terbaik untuk melakukan promosi. Berikut ini adalah beberapa strategi terbaik yang bisa jadi rekomendasi dan inspirasi.

a. Pilih Audiens yang Tepat

Salah satu taktik promosi penjualan yang paling pertama harus dipikirkan yaitu dengan memilih siapa target audiens yang akan dituju. Memilih target audiens yang tepat dapat membuat promosi berjalan dengan efektif dan efisien. Indikator dapat dicapai dengan mudah dan meminimalisir segala risiko.

b. Tetapkan Tujuan yang Dapat Diukur

Strategi yang tepat dalam melakukan promosi adalah menetapkan tujuan yang dapat diukur. Maksudnya adalah jika tujuannya adalah meningkatkan penjualan, berarti yang menjadi ukurannya adalah jumlah produk yang terjual.

Namun jika tujuannya adalah untuk memperkuat brand sebuah produk, maka ukurannya adalah kesadaran konsumen atas brand dari produk yang dijual atau brand awareness. Mewujudkan hal tersebut, agar setiap langkah bisa teratur diperlukan sebuah manajemen promosi penjualan.

c. Batasi Ketersediaan

Strategi ini berlandaskan pada riset psikologi tentang perilaku konsumen. Riset menunjukan bahwa konsumen cenderung tertarik dan memberikan nilai tinggi pada barang-barang langka. Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan penilaian tersebut sebagai produsen, membatasi ketersediaan produk merupakan strategi yang tepat. Selain itu pembatasan ketersediaan sebuah produk juga berkaitan erat dengan distribusi dan supply produk itu sendiri.

d. Promosikan Secara Luas Tetapi dengan Bijak

Mempromosikan sebuah produk dengan luas namun tetap mematuhi etika adalah strategi yang tepat dalam melakukan promosi. Kita bisa menggunakan kata kata promosi jualan dan menyebarkannya melalui media sosial. Etika dalam berbisnis juga mesti diperhatikan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen kepada produk kita.

e. Menawarkan Nilai Riil

Tawarkan produk dengan nilai riil, artinya sampaikan segala informasi dari produk dengan sejujur mungkin. Apa saja nilai-nilai yang akan didapatkan jika membeli produk tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan metode promosi personal selling atau penawaran langsung oleh penjual. Lantas, apa keuntungan media promosi penjualan personal? Salah satunya adalah menawarkan nilai riil dari produk tersebut.

f. Tinjau Hasil

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam pembahasan apa yang dimaksud dengan promosi penjualan di bagian awal, bahwa tujuan dari adalah meningkatkan penjualan itu sendiri. Salah satu indikator atau hasil yang ingin dicapai adalah meningkatkan penjualan sebuah produk. Jangan lupa untuk melakukan peninjauan hasil dari kegiatan promosi. Dengan begitu, hasil tinjauan bisa dijadikan sebagai bahan untuk evaluasi.

Contoh Promosi Penjualan

Berikut ini adalah beberapa promosi penjualan contoh. Sebenarnya, jika disadari lagi setiap harinya kita selalu berpapasan dengan promosi dari sebuah penjualan produk. Terutama jika kita sedang berada di pusat perbelanjaan. Banyak toko yang menawarkan produk dan memberikan promosinya. Namun mungkin kita saja yang mengabaikannya sehingga tidak menyadarinya. Berikut ini adalah beberapa contoh dari promosi yang seringkali kita temui:

1. Diskon Harga

Contoh promosi yang pertama sekaligus yang paling kita sukai adalah diskon harga. Diskon harga atau pemotongan harga sebuah produk merupakan bagian dari promosi, tentu saja untuk mengeluarkan sebuah produk itu sendiri dan meningkatkan pemasukan. Kadang kala, diskon harga juga dilakukan dalam rangka cuci gudang yang artinya mengeluarkan produk hingga habis terjual

2. Kupon

Contoh promosi selanjutnya adalah kupon. Kupon dianggap sebagai push promotional strategy dan pull promotional strategy. Hal tersebut disebabkan karena kupon dapat meningkatkan penjualan sebuah produk dan membuat konsumen ramai melakukan transaksi pembelian sebuah produk

3. Lotre

Lotre adalah salah satu contoh promosi yang dapat membuat konsumen lebih aktif melakukan pembelian. Karena, lotre merupakan salah satu jenis promosi yang menawarkan sebuah hadiah dan mengharuskan konsumen untuk melakukan pembelian agar bisa mendapatkan hadiah tersebut.

4. Hadiah

Jika lotre adalah contoh promosi yang menjanjikan hadiah pada konsumen dengan syarat melakukan suatu hal. Contoh promosi yang paling efektif adalah dengan langsung memberikan hadiah kepada konsumen ketika telah melakukan pembelian beberapa produk. Hadiah yang diberikan bisa dalam bentuk tas tangan atau keperluan-keperluan saat melakukan belanja.

5. Kontes

Contoh promosi selanjutnya dengan melakukan kontes atau perlombaan. Sebagai produsen, melakukan kontes atau perlombaan bisa sangat efektif meningkatkan penjualan produk. Contohnya melakukan kontes menulis dengan membeli sebuah produk sebagai syaratnya. Berikan juga pemenang kontes sebuah hadiah yang menggiurkan, seperti voucher wisata atau uang tunai.

6. Voucher

Sebagai produsen kita juga bisa memberikan voucher, contohnya voucher belanja. Dengan voucher tersebut, konsumen akan mendapatkan potongan harga atau diskon lainnya. Voucher merupakan salah satu contoh promosi penjualan makanan yang sering kita temui di pusat perbelanjaan.

7. Kartu Loyalitas

Kita juga bisa membuat kartu loyalitas atau kartu memberi. Kartu tersebut menunjukan bahwa konsumen tersebut merupakan seorang pembeli yang loyal. Ini merupakan salah satu contoh promosi yang sering kita temui di supermarket. Setiap konsumen yang memiliki kartu loyalitas, akan mendapatkan potongan harga yang menarik.

8. Sampel Produk

Dalam artikel promosi penjualan, salah satu bagian dari promosi adalah memberikan sampel produk. Dalam bisnis makanan, sampel produk sama dengan tester. Biarkan pelanggan mencicipi produk atau mencobanya terlebih dahulu, namun berikan satu syarat, setiap yang mendapatkan sampel produk wajib memberikan ulasan terkait produk tersebut dan mengunggahnya di akun media sosial masing-masing. Ini juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan.

Contoh Strategi Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan

Dalam pembahasan tentang manfaat promosi, telah disebutkan sisi negatif dari promosi penjualan. Untuk mencegah hal tersebut tidak terjadi, perlu dipikirkan beberapa strategi kreatif dan inovatif untuk meningkatkan penjualan itu sendiri. Di era digital saat ini, strategi kreatif yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan adalah:

  1. Membuat blog atau website brand dan memasarkan produk secara online yang berbasis aplikasi atau teknologi digital lainnya.
  2. Membuat vlog yang menyampaikan informasi seperti pembuatan produk, bagaimana produk dipasarkan dan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan dibalik layar. Saat ini ketertarikan masyarakat secara visual sangat tinggi, hal ini tentu saja dapat dimanfaatkan sebagai strategi kreatif untuk meningkatkan penjualan.
  3. Memanfaatkan mobil untuk mengiklankan produk. Kita pasti pernah melihat sebuah mobil yang menggunakan striker sebuah produk? Ini merupakan salah satu bagian dari strategi kreatif untuk meningkatkan penjualan.
  4. Membuat konten di media sosial, salah satu yang paling efektif adalah dengan menggunakan instagram. Buat berbagai konten kreatif di Instagram, seperti Q&A atau konten lainnya.
  5. Bisa juga dengan membuat konten di medsos dan melibatkan konsumen untuk terlibat aktif. Seperti membuat sebuah postingan dengan hastag tertentu, lalu yang terpilih akan mendapatkan produk tertentu.
  6. Lakukan beberapa promosi seperti memberikan diskon dan promosi seperti buy 1 get 1 atau juga memberikan cash back. Segala macam upaya bisa dilakukan sebagai strategi kreatif untuk meningkatkan penjualan.

Demikian pembahasan lengkap tentang promosi penjualan, semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan tentang bagaimana cara sebuah bisnis produk bekerja. Bagi kamu yang merupakan seorang agen asuransi, tentunya sudah sangat familiar dengan bentuk promosi penjualan. Tentunya, promosi dilakukan sebagai salah satu cara untuk menggaet calon nasabah. Dengan perkembangan teknologi, kini cara agen asuransi menjaring nasabah bisa jadi lebih praktis dengan strategi promosi penjualan yang tepat! Caranya? Jadi Mitra Qoala Plus dan dapatkan berbagai pelatihan hingga tips dan trik untukmu! Cari tahu selengkapnya di Qoala Plus!