Butuh tambah penghasilan? Kerja sampingan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menambah pundi-pundi penghasilanmu. Di tengah perkembangan teknologi informatika saat ini, banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan sebagai pekerjaan sampingan. Terutama dengan berkembangnya media digital.

Ada banyak pilihan kerja sampingan di rumah yang bisa kamu pilih. Bukan hanya pekerjaan di rumah yang bisa memberikan kita keuntungan, ada beberapa jenis usaha dan bisnis juga yang bisa kita pilih untuk kita jalani. Bingung mau kerja sampingan apa yang cocok? Jenis kerja sampingan apa yang menghasilkan uang? Apa saja jenis daftar pekerjaan sampingan yang dimaksud? Yuk, simak ulasan tim Qoala Plus di bawah ini.

1. Agen Asuransi

Kerja Sampingan Sebagai Agen Asuransi Jadi Mitra Qoala Plus
Sumber foto: Qoala Plus

Jenis pekerjaan sampingan yang pertama adalah menjadi agen asuransi. Agen asuransi bertugas memasarkan dan menawarkan jasa asuransi sebagai jaminan saat mengalami sakit, kecelakaan, atau korban bencana alam. Pekerjaan ini bisa dilakukan sebagai sampingan, karena bisa dilakukan di luar pekerjaan utama kita. Atau bisa dikatakan, agen asuransi bisa menjadi opsi saat kamu mencari kerja sampingan yang bisa dibawa pulang atau dilakukan di mana saja karena bisa dikerjakan secara online juga.

Agar bisa mendapatkan kesuksesan saat menjadi agen asuransi, satu hal yang harus diperhatikan adalah penguasaan terhadap produk asuransi yang ditawarkan. Ketika menawarkan kepada calon pelanggan, ketika menguasai informasi dengan matang kita bisa menjelaskannya dengan baik. Baru kemudian kita membujuk calon pelanggan untuk menggunakan asuransi yang kita miliki.

Satu hal yang harus kita ingat adalah kita harus yakin bahwa asuransi ini akan membantu banyak orang, kegiatan yang kita lakukan adalah sebuah usaha untuk membantu seseorang, entah di masa tuanya atau ketika seseorang tersebut menghadapi musibah.

Jadi agen asuransi terbaik dengan bergabung sebagai Mitra Qoala Plus dan dapatkan cuan berlimpah!

2. Blogger

Pekerjaan apa yang tanpa modal? Menjadi blogger bisa jadi pilihan sebagai pekerjaan sampingan. Blogger merupakan kerja sampingan tanpa modal, terutama bagi yang memiliki hobi menulis bisa menjadikan pekerjaan ini untuk menambah pemasukan. Ditambah, bagi kita yang menguasai kemampuan SEO (Search Engine Optimization).

Karena, saat ini banyak kebutuhan perusahaan dan start-up yang membutuhkan artikel dengan ketentuan SEO. Gaji dan fee bagi kita yang menguasai SEO dan pandai menulis sangat lumayan. Banyak penulis konten yang menjadikan pekerjaan ini merupakan pekerjaan utama, dan hidup mereka sangat layak. Apalagi jika dijadikan pekerjaan sampingan.

3. Dropshipper atau Reseller

Daftar kerja sampingan online selanjutnya menjadi dropshipper atau reseller. Menjalankan pekerjaan ini ini sangat mudah dan menyenangkan, terutama bagi yang memiliki hobi berdagang. Kita akan tiba-tiba mendapatkan keuntungan yang lumayan, karena proses yang dilakukan sangat menyenangkan

Keuntungan menjalankan pekerjaan ini adalah kita tidak perlu melakukan branding dan pemasaran, karena biasanya produk yang kita jual telah memiliki peminat dan konsumen tetap. Kita hanya perlu menjualnya kembali dan mengambil sedikit keuntungan dari harga awal yang kita beli.

Bisnis ini juga bisa menjadi kerja sampingan online untuk mahasiswa. Di tengah kesibukan mengerjakan tugas dan menjalankan organisasi kampus, kerja sampingan bagi adik-adik mahasiswa yang bisa dilakukan secara online adalah dengan menjadi dropshipper atau reseller, terutama jika produk yang dijual berkaitan dengan anak muda dan sedang trend.

4. Desainer Grafis

Sedang cari kerja sampingan? Desainer grafis bisa jadi pilihan untuk dicoba. Terutama bagi yang memiliki kemampuan visual yang baik, terutama kemampuan menggambar. Hasil karya dari desainer grafis sangat dibutuhkan untuk menunjang promosi dan menjadi bagian penting dari digital marketing.

Banyak perusahaan dan startup yang membutuhkan desain logo, kemasan produk, poster dan brosur. Menjadi Desainer Grafis merupakan sebuah peluang bisnis online yang sangat menguntungkan dan sangat dibutuhkan di era digital saat ini. Sama seperti blogger SEO, menjadi desainer grafis merupakan peluang bisnis yang sangat menguntungkan dan sangat dibutuhkan, terlebih bisa kita lakukan di rumah, lho!

5. Katering atau Bisnis Makanan Rumahan

Usaha Katering atau Bisnis Makanan Rumahan
Sumber foto: insta_photos via Shutterstock

Bisnis katering atau menjalankan usaha makanan rumah bisa menjadi pilihan bagi yang sedang mencari sampingan pekerjaan. Lebih menguntungkan lagi, pekerjaan ini bisa dijalankan di rumah. Terutama bagi yang tinggal di kawasan pendidikan atau perkantoran. Kita tidak perlu kesulitan lagi mencari pelanggan.

Salah satu kebutuhan utama dalam menjalankan hidup adalah makan. Tanpa makanan, tubuh kita tidak akan memiliki asupan energi yang cukup. Kegiatan sehari-hari pun akan terganggu, maka dari itu setiap orang membutuhkan makan. Urusan promosi, tidak perlu melakukan hal yang sulit, cukup dengan memberikan harga yang murah dan rasa yang terjamin. Usaha katering dijamin akan memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan.

6. Guru Les atau Kursus Online

Pekerjaan ini sangat cocok untuk guru atau dosen, terutama mereka yang mengajar pelajaran eksakta seperti matematika, fisika dan kimia. Setiap guru dan dosen bisa mengajar di hari libur. Merupakan sebuah kerja sampingan Sabtu Minggu yang patut dipertimbangkan.

Sebagaimana yang kita ketahui, mata pelajaran eksakta seperti matematika, fisika dan kimia merupakan mata pelajaran yang sulit dicerna. Butuh pengulangan berkali-kali agar setiap murid memahaminya. Sementara waktu belajar di sekolah sangat terbatas. Jasa mengajar les dan kursus sangat dibutuhkan oleh setiap orang tua bagi anaknya yang memiliki kesulitan, terutama dalam mata pelajaran eksakta.

7. Jasa Penerjemah Bahasa

Bagi yang memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, tidak perlu sulit mencari kerja sampingan. Menawarkan jasa penerjemahan bahasa adalah pekerjaan sampingan yang sangat cocok dilakukan. Terutama di tengah arus globalisasi saat ini, banyak orang asing yang datang ke Indonesia dan membutuhkan penerjemah.

Hal yang menguntungkan dari pekerjaan ini adalah kita bisa dengan bebas menentukan tarif penerjemahan. Jika terjemahan dalam bentuk teks, kita bisa menarif harga berdasarkan lembar. Namun jika penerjemahan langsung, kita bisa menawarkan paket sekaligus dengan guiding atau pendampingan. Pekerjaan ini juga tidak akan mengganggu waktu kerja kantoran kita, karena bisa dilakukan di hari libur.

8. Jasa Ads Facebook dan Instagram

Bagi yang memiliki kemampuan di bidang advertising, bisa memberikan jasa ads facebook atau instagram kepada para pelaku usaha. Terutama para pelaku usaha yang mengandalkan media sosial facebook dan instagram sebagai media promosinya. Facebook dan instagram ads menarakan layanan iklan dengan audiens yang sesuai target.

Maksudnya audiens yang sesuai target adalah audiens yang telah disesuaikan demografinya, sesuai dengan produk yang dibutuhkan oleh pelaku bisnis. Seperti jenis kelamin, usia hingga tempat tinggal. Tari dari jasa ads ini lumayan, ditambah kebutuhan akan hal ini juga sangat tinggi. Bisa jadi salah satu pekerjaan yang memberikan pemasukan tambahan yang melebih pemasukan rutin bulanan kita.

Pekerjaan online lain yang bisa dilakukan adalah sebagai admin untuk memasukan data entry. Kerja sampingan online data entry banyak dibutuhkan, untuk memenuhi daftar demografi pelanggan agar mudah terjaring dalam pendataan dalam hal

9. Content Creator

Menjadi content creator merupakan jalan untuk mendapatkan uang dengan mudah. Content creator juga merupakan kerja sampingan malam hari. Selepas kita menjalankan rutinitas pekerjaan setiap harinya, atau juga rutinitas belajar di sekolah dan kampus, kita bisa membuat content di malam hari.

Terlebih lagi, saat ini banyak platform yang bisa kita gunakan, mulai dari Youtube, Instagram dan TikTok. Kita bisa mendapatkan uang dari adsense setiap content yang kita upload. Selain kita membagikan informasi penting dari setiap content yang kita buat, kita bisa menyalurkan hobi yang menghasilkan.

10. Copywriter

Copywriter merupakan kerja sampingan online mengetik yang bisa memberikan kita penghasilan tambahan. Profesi copywriter saat ini sangat mempengaruhi sistem digital marketing. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan perusahaan dan startup, terutama yang menjual jasa atau produk secara online.

Copywriter merupakan pekerjaan yang memadukan dua kemampuan, pertama kemampuan menulis dan kemampuan branding. Dari dua kemampuan tersebut, tidak usah lagi kita tanya berapa pemasukan yang akan kita dapatkan. Ditambah tren copywriting yang kian hari kian positif, semakin meningkatkan daya tawar dari pekerjaan ini.

11. Usaha Laundry

Kerja Sampingan dengan Membuka Jasa Usaha Laundry
Sumber foto: Bangkok Click Studio via Shutterstock

Membuka usaha laundry bisa menjadi kerja sampingan karyawan shift. Karena kelebihan dan keuntungan karyawan shift adalah memiliki jadwal kosong dan bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha. Usaha yang tidak membutuhkan banyak perhatian untuk menjalankannya adalah usaha laundry.

Sama seperti menjalankan usaha katering, bagi yang menjalankan usaha ini di tengah kawasan pendidikan atau perkantoran bisa mengantarkan untung yang menjanjikan. Mahasiswa dan para pekerja kantoran biasanya tidak ada waktu untuk mencuci pakaian, dan memilih untuk menggunakan usaha laundry. Dari hal ini pemasukan tambahan akan mengalir setiap bulannya.

12. Membuka Franchise

Selain usaha katering dan laundry, kerja sampingan di rumah yang bisa kita jalankan yaitu membuka franchise. Bisnis franchise atau waralaba merupakan skema bisnis yang menarik para pengusaha. Cara kerjanya sangat mudah, kita membeli hak atas produk dan merk untuk dijual. Biasanya bisnis franchise bergerak di bidang makanan dan minuman.

Banyak yang menjadikan bisnis waralaba sebagai opsi pertama untuk belajar bisnis. Karena kita bisa belajar banyak bisnis dari franchise dan waralaba, karena ada pengawasan dan arahan agar bisa mendapatkan keuntungan. Selain menambah pemasukan tambahan, menjalankan bisnis ini juga bisa sebagai ajang belajar untuk berbisnis.

13. Program Afiliasi

Bergabung menjadi program afiliasi bisa jadi opsi kerja sampingan. Cara kerja program afiliasi hampir sama dengan dropshipper dan reseller. Pertama-tama kita harus bergabung terlebih dahulu dengan program afiliasi, biasanya tidak dipungut biaya untuk mendaftar. Kemudian kita harus menjual produk atau jasa. Keuntungan yang kita dapatkan dari komisi atas penjualan yang dilakukan, atau harga produk atau jasa yang kita naikan yang masih dalam batas wajar.

14. Jasa Pembuatan Website

Membuat website merupakan pekerjaan yang tidak mudah, kita akan berhubungan dengan coding dan bahasa komputer lainnya. Bagi yang memiliki kemampuan membuat website, bisa menjadikan kerja sampingan online tanpa modal sebagai ladang untuk mendapatkan pemasukan tambahan setiap bulannya. Sebab, lowongan kerja sampingan online di rumah satu ini terbilang menjamur alias banyak dibutuhkan.

Perusahaan, startup, hingga institusi atau lembaga pemerintah membutuhkan website sebagai bagian untuk memberikan layanan. Pembuatan website tersebut biasanya diberikan kepada seseorang yang ahli. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk membuat pekerjaan ini berjalan lancar.

15. Admin Media Sosial

Kerja Sampingan Sebagai Admin Media Sosial
Sumber foto: everything possible via Shutterstock

Menjadi admin media sosial merupakan salah satu jenis kerja sampingan online lewat HP. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini, media sosial merupakan alat yang cocok untuk digunakan sebagai media promosi. Baik itu perusahaan, startup atau pengusaha UMKM sekalipun menggunakan media sosial untuk mempertahankan keberadaannya.

Untuk menjalankan media sosial, mereka merekrut pekerja lepas. Cara menjalankan pekerjaan ini sangat mudah, kita hanya perlu membuat konten setiap harinya, baik terkait produk atau jasa atau juga materi edukasi yang dapat menarik perhatian pelanggan dan menggandeng pendatang baru.

16. Membuka Jastip (Jasa Titip)

Membuat jastip atau jasa titip sempat viral dalam beberapa tahun lalu, hingga saat ini pun pekerjaan ini masih berjalan. Terutama bagi yang menginginkan suatu barang yang hanya di satu tempat. Bagi yang kebetulan liburan ke luar negeri atau ke sebuah daerah bisa menawarkan jasa titip.

Jasti juga merupakan kerja sampingan untuk pelajar, yang bisa dilakukan sambil berlibur atau ketika berkunjung ke suatu daerah yang memiliki barang atau produk unik. Keuntungan dari menjalankan bisnis ini adalah kita bisa mengatur tarif jastip sendiri, dan melakukan negosiasi langsung dengan klien yang menggunakan jastip kita.

17. Fotografer atau Videografer

Menjadi fotografer dan videografer juga merupakan jenis kerja sampingan. Ditambah kemampuan foto dan membuat video merupakan skill khusus dalam dunia digital. Lagi-lagi, hasil karya foto dan video bisa digunakan sebagai media promosi produk bagi perusahaan atau startup.

Selain itu, kemampuan fotografi dan videografi yang dimiliki juga bisa diarahkan untuk jasa dokumentasi kegiatan. Yang paling ramai dilakukan adalah jasa dokumentasi pernikahan, atau wedding documentation. Ditambah, uang yang didapatkan dalam menjalankan bisnis dokumentasi pernikahan lumayan tinggi. Terutama jika kualitas foto dan video yang dihasilkan sangat memuaskan, hal ini bisa menaikan daya tawar kita. Karena fleksibilitasnya, kerja sampingan ini juga bisa dilakukan di hari Sabtu maupun Minggu yang cocok untuk staf kantor.

18. Penulis Lepas

Penulis lepas juga merupakan pekerjaan sampingan yang menjanjikan, bagi yang hobi menulis dan memiliki waktu luang pekerjaan ini bisa dicoba. Tulisan yang dihasilkan bisa untuk kepentingan konten blog, copywriting atau kepentingan marketing lainnya.

Menjadi penulis lepas juga bisa menjadi kerja sampingan mahasiswa. Mahasiswa biasanya banyak diberi tugas menulis akademis oleh dosennya, oleh karena itu menulis merupakan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh mahasiswa. Banyak mahasiswa yang menjadikan penulis lepas sebagai freelance untuk menghasilkan uang tambahan. Untuk mendapatkan pekerjaan ini, kamu juga bisa mencarinya di berbagai aplikasi kerja sampingan online.

19. Proofreader atau Editor

Opsi lainnya untuk kerja sampingan di rumah apa ya? Bagi penulis dan editor profesional, bisa menjadikan proofreader atau editor sebagai kerja sampingan di rumah. Terutama yang bergerak di dunia percetakan dan penerbitan, bisa nyambi sebagai proofreader dan editor untuk menambah pemasukan di luar pekerjaan yang dilakukan. Biaya jasa yang dipatok untuk pekerjaan ini cukup tinggi, karena hitungan berlaku untuk setiap lembar atau halaman yang diedit atau di-proof.

20. Berjualan Barang Secondhand Secara Online

Berjualan barang bekas atau secondhand secara online juga bisa jadi pilihan pekerjaan sampingan untuk dilakukan. Bagi yang memiliki pakaian atau barang bekas tapi masih bagus dan layak pakai serta tentu saja sudah tidak digunakan, daripada sayang tidak terpakai bisa dijadikan untuk mendapatkan uang tambahan.

Istilah thrift shop merupakan yang paling pas untuk menggambarkan kerja sampingan online untuk pelajar satu ini. Menjalankan bisnis ini tidak memerlukan modal, karena barang yang dijual adalah barang yang kita miliki namun sudah tidak terpakai.

Itulah daftar kerja sampingan yang bisa jadi pilihan untuk kita jalani, beberapa pekerjaan di atas bahkan bisa memberikan pemasukan yang melebih gaji kita sebagai karyawan. Jika pekerjaan sampingan bisa memberikan pemasukan yang menjanjikan, kenapa tidak dicoba.

Terutama jika kerja sampingan di rumah bisa memberikan penghasilan yang tinggi, hal ini bisa sangat menguntungkan. Namun, di tengah pandemi COVID-19 saat ini, hampir setiap pekerjaan dialihkan ke rumah dan bahkan ada yang dipecat karena pandemi. Kerjaan sampingan merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan. Ingin mendapatkan bacaan informatif lainnya? Kamu bisa kunjungi Qoala Plus blog untuk mendapatkan banyak bacaan menarik yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

Untuk informasi lainnya, seperti cara jadi Mitra Qoala Plus dan hingga informasi seputar agen asuransi, install aplikasi Qoala Plus dengan mengunduhnya di Google Play atau App Store! Kamu juga bisa kunjungi laman Qoala Plus untuk mendaftar dan mendapatkan informasi lainnya.