Tujuan utama dari asuransi jiwa adalah untuk mendapatkan perlindungan atau proteksi jiwa saat meninggal dunia. Sehingga keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan kekuatan finansial berupa santunan atau uang pertanggungan. Tetapi jenis asuransi jiwa apa yang akan kamu pilih? Apakah jenis polis endowment atau lainnya?

Berbagai jenis asuransi tersedia sehingga memungkinkan individu mendapatkan solusi proteksi yang paling tepat. Mungkin masih banyak orang yang belum tahu betapa banyaknya manfaat asuransi dwiguna atau endowment. Oleh karena itu, Qoala Plus hadir di tengah-tengah kalian dan akan membahas seputar jenis polis endowment atau yang juga dikenal sebagai polis dwiguna.

Apa yang kalian tahu tentang asuransi endowment? Endowment merupakan istilah yang juga digunakan untuk asuransi dwiguna. Produk asuransi ini akan memberikan manfaat santunan meninggal dunia sekaligus tabungan pada nasabahnya.

Seperti asuransi lain pada umumnya, endowment juga hadir dengan cara kerja yang sederhana. Dana dari premi yang nasabah setorkan akan dialokasikan menjadi dua yaitu asuransi jiwa dan tabungan. Manfaat ganda dari asuransi dwiguna mengharuskan pesertanya mengeluarkan uang yang lebih dibandingkan pada saat membeli asuransi murni.

Siapa saja yang sedang mempersiapkan dana untuk kebutuhan di masa mendatang bisa memilih proteksi dari asuransi endowment. Mereka bebas menentukan untuk apa dana tersebut nantinya digunakan, apakah untuk pendidikan buah hati tercinta, renovasi rumah, bekal masa tua, atau sebagainya.

Kini saatnya untuk mencari tahu apa saja jenis polis endowment yang bisa calon nasabah pertimbangkan untuk membelinya.

1. Jenis Polis Asuransi Endowment Pensiun

Jenis Polis Asuransi Endowment Pensiun
Sumber foto: Tirachard Kumtanom via Shutterstock

Setelah bekerja begitu keras untuk menghidupi keluarga di masa usia produktif, setiap orang pastinya ingin merasakan kehidupan masa tua yang sejahtera. Memiliki dana dan bekal hari tua yang cukup akan membebaskan kamu dari beban finansial. Dalam hal ini, kamu mungkin memerlukan polis asuransi endowment pensiun.

Kamu bahkan bisa merencanakan pensiun dini setelah merasa bahwa semua dana pensiun sudah cukup terkumpul. Di sinilah jenis polis endowment pensiun bekerja. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan suatu hari nanti, anggota keluarga akan mendapatkan manfaat dari uang premi yang selama jangka waktu tertentu sudah kamu bayarkan.

Jadi agen asuransi terbaik dengan bergabung sebagai Mitra Qoala Plus dan rasakan keuntungannya secara langsung!

2. Jenis Polis Asuransi Endowment Pendidikan

Jenis Polis Asuransi Endowment Pendidikan
Sumber foto: William Potter via Shutterstock

Selain asuransi pensiun, ada jenis polis endowment lainnya yaitu asuransi pendidikan. Setiap orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik bagi putra putrinya termasuk dalam hal pendidikan anak. Jika kamu merasa sulit untuk menabung agar memiliki dana pendidikan yang memadai, mengapa tidak memilih asuransi pendidikan melalui polis dwiguna?

Saat tiba bagi anak tercinta untuk masuk sekolah, kamu sudah memiliki sejumlah dana yang didapatkan melalui asuransi dwiguna. Dengan memiliki jenis polis endowment pendidikan ini, kamu tidak perlu repot mencari uang bahkan bisa terbebas dari kemungkinan berhutang.

Tujuan dari asuransi pendidikan dwiguna adalah untuk mengumpulkan uang yang akan kamu pergunakan sebagai biaya pendidikan anak. Bahkan dana bisa dicairkan secara bertahap sesuai dengan jenjang pendidikan anak.

3. Jenis Polis Asuransi Endowment PNS

Jenis Polis Asuransi Endowment PNS
Sumber foto: Odua Images via Shutterstock

Jenis polis endowment lain yang bisa kamu pilih adalah asuransi PNS atau pegawai negeri sipil. Sudah tahu keberadaan asuransi satu ini? Layanan ini diberikan dari PT Taspen dan menjadi polis yang digunakan sebagai tabungan hari tua.

Sesuai namanya, jaminan keuangan dari asuransi ini diberikan hanya kepada para pegawai negeri sipil. Mereka akan mendapatkan manfaat saat sudah pensiun atau meninggal dunia sebelum masa pensiun. Umumnya pembayaran premi sekitar 3,25% dari penghasilan yang mereka terima setiap bulannya.

Untuk bisa mendapatkan manfaat proteksi dari asuransi PNS melalui polis endowment, seorang pegawai negeri sipil harus menyerahkan data pribadi dan anggota keluarga. Tidak hanya itu, ia juga harus memberitahukan apabila ada perubahan pada gaji maupun pangkat.

Yuk, gabung sebagai Mitra Qoala Plus untuk menjadi agen asuransi terbaik dan dapatkan berbagai pelatihan gratis hingga cuan berlimpah!

Manfaat Polis Endowment

Sudah tahu kan sekarang apa yang dimaksud dengan endowment serta jenis polis endowment yang ada? Agar semakin yakin untuk memilih polis asuransi tersebut, cari tahu apa saja manfaat dari asuransi satu ini saat seseorang termasuk kamu menjadi pemegang polis. Asuransi satu ini membantu masyarakat dalam mendapatkan sejumlah dana melalui program menabung sekaligus mendapatkan manfaat asuransi jiwa. Hal tersebut sangat menguntungkan mengingat susahnya memulai diri untuk disiplin dan konsisten dalam menyimpan uang atau menabung.

Melalui jenis polis endowment yang tepat, kamu bisa membiasakan diri untuk lebih disiplin secara finansial sehingga tujuan jangka panjang bisa dicapai tanpa halangan. Hal menarik lain dari asuransi satu ini adalah nasabah diperbolehkan mengambil nilai tunai sebelum masa kontrak asuransi berakhir. Yaitu dengan mengikuti semua ketentuan yang perusahaan asuransi tentukan dan telah kedua belah pihak sepakati bersama.

Jika berbicara tentang manfaat polis endowment, apa saja yang bisa nasabah dapatkan dengan sejumlah premi yang selalu mereka bayarkan tepat waktu?

  • Manfaat hidup
  • Akumulasi dana
  • Santunan meninggal dunia
  • Bonus apabila tidak ada klaim untuk nasabah yang tidak pernah mengajukan klaim selama jangka waktu tertentu sesuai ketetapan perusahaan asuransi
  • Bonus habisnya masa asuransi apabila tidak ada klaim hingga berakhirnya masa asuransi

Selain manfaat utama, ternyata nasabah juga akan mendapatkan manfaat tambahan dari polis endowment. Apa saja?

  • Uang pertanggungan dan santunan kematian tambahan yang diberikan kepada ahli waris apabila tertanggung meninggal akibat kecelakaan
  • Penyakit kritis atau critical illness seperti gagal ginjal dan penyakit lainnya
  • Cacat tetap sebagian atau total berupa uang pertanggungan yang dapat nasabah cairkan
  • Pembebasan premi asuransi jika nasabah mengalami penyakit kritis dan cacat tetap

Tertarik untuk membeli jenis polis endowment agar mendapatkan tambahan manfaat? Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan dengan membeli rider namun akan menambah besaran premi yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Oleh sebab itu, keputusan dalam memilih asuransi termasuk polis endowment beserta ridernya harus dibuat secara bijak, tidak terburu-buru dan sesuai kebutuhan.

Mau jadi agen asuransi terbaik di Indonesia? Jadilah Mitra Qoala Plus dan rasakan kemudahannya!

Cara Kerja Polis Endowment

Semakin sering kamu mendengar istilah jenis polis endowment, semakin kamu penasaran dengan semua hal tentangnya termasuk cara kerjanya, bukan? Manfaat dari asuransi endowment atau dwiguna dinilai cukup menarik. Selain mendapatkan manfaat seperti saat membeli asuransi tradisional, nasabah juga bisa merasakan manfaat lain yang tidak kalah menguntungkan.

Bagi sebagian orang, polis endowment lebih murah dari polis jangka waktu. Meski demikian, perhitungan besaran premi biasanya bergantung pada beberapa faktor seperti kemampuan membayar premi, jumlah uang pertanggungan yang diinginkan, profesi, usia, gaya hidup, dan lain sebagainya.

Untuk memahami bagaimana polis endowment akan memenuhi kebutuhan perlindungan nasabah asuransi, coba perhatikan cara kerjanya.

Pertama, nasabah memilih produk asuransi dwiguna dengan manfaat tertentu. Kemudian, perusahaan asuransi akan menanggung risiko yang terjadi pada nasabah apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Bahkan pada tahun ke-16, nasabah bisa mendapatkan fitur polis endowment berupa manfaat hidup asuransi serta nilai tunai yang sama.

Namun, jika nasabah mengalami risiko kematian sedangkan polis endowment mereka masih aktif, ahli waris yang akan mendapatkan manfaat proteksi jiwa tersebut. Manfaat tersebut berupa uang pertanggungan sebesar nilai tunai yang seharusnya didapatkan oleh nasabah tersebut.

Adapun cara pembayaran premi dari asuransi ini adalah setiap bulan di akhir polis.

Jadi agen asuransi terbaik dengan bergabung sebagai Mitra Qoala Plus dan dapatkan cuan berlimpah!

Perbedaan Polis Endowment dengan Polis Unit Link

Sudah paham seperti apa polis unit link dan bagaimana asuransi tersebut menjadi solusi kerugian finansial para nasabahnya? Singkatnya, unit link menawarkan proteksi jiwa sekaligus investasi. Akan tetapi, investasi tetaplah investasi yang selalu memiliki risiko terlepas dari apapun instrumen investasi yang dipilih.

Sedangkan jenis polis endowment tidak memberikan manfaat nilai tunai hasil investasi melainkan tabungan, dana yang bisa nasabah kumpulkan untuk kebutuhan tertentu di hari esok. Lalu, apakah ada perbedaan antara keduanya? Perbedaan fitur polis endowment dengan unit link terletak pada beberapa hal, yaitu:

a. Nilai Tunai dan Uang Pertanggungan

Uang pertanggungan dari jenis polis dwiguna atau endowment relatif lebih kecil meskipun preminya tinggi. Bagaimana bisa? Sebagian besar premi akan dialokasikan untuk pos tabungan dan sisanya untuk proteksi jiwa. Tujuan dari asuransi dwiguna adalah mengumpulkan dana, berbeda dengan unit link yang berfokus pada mendapatkan return atau imbal hasil investasi.

b. Premi yang Harus Nasabah Bayarkan Selama Masa Kontrak Asuransi

Tujuan dari asuransi endowment adalah mendapatkan dana. Jadi, calon nasabah biasanya sudah memiliki target tabungan yang harus mereka dapatkan. Hal tersebut ditentukan sejak awal pembelian polis asuransi jenis polis endowment ini. Di sisi yang berbeda, asuransi unit link tidak menetapkan target namun berpotensi mendapatkan nilai tunai yang bertambah dari investasi. Oleh karena itu, batas minimum premi asuransi tersebut relatif lebih rendah dari dwiguna.

c. Asuransi Tambahan atau Rider

Nasabah atau pemegang polis asuransi dwiguna memang bisa mendapatkan manfaat tambahan atau rider. Meski demikian, rider tersebut biasanya tidak lebih banyak dari asuransi unit link. Sebenarnya, membeli asuransi dwiguna tidak harus menambahkan rider manfaat korean tujuannya sudah jelas untuk menabung.

Pertanyaan Umum Seputar Polis Asuransi Endowment (Dwiguna)

Asuransi merupakan perlindungan terhadap risiko finansial yang bisa menjadi atau bahkan menambah beban pada seseorang. Dalam memilih produk asuransi yang tepat termasuk jenis polis asuransi endowment, calon nasabah mungkin mengajukan beberapa pertanyaan kepada agen asuransi. Hal tersebut sangat wajar mengingat tidak semua orang sudah tahu dan paham seperti apa asuransi dan cara kerjanya.

Terkait jenis polis endowment atau asuransi dwiguna, ada beberapa pertanyaan yang umumnya masyarakat tanyakan, seperti berikut:

a. Apa Saja Elemen Polis Endowment?

Dilihat dari pengertiannya, sudah jelas jika ada dua elemen dari jenis polis endowment yaitu tabungan dan perlindungan jiwa. Dengan kedua elemen tersebut, nasabah atau tertanggung bisa mencairkan polis apabila masa polis sudah berakhir atau saat terjadi risiko meninggal dunia.

b. Apa Saja Fitur Polis Dwiguna?

Pada saat seseorang ingin mendapatkan proteksi diri sembari menabung tanpa harus memilih banyak produk, maka polis digunakan adalah pilihan tepat. Polis satu ini memiliki beberapa fitur yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut adalah beberapa fitur polis dwiguna atau endowment.

Salah satu keuntungan memilih asuransi dwiguna adalah tersedianya berbagai proteksi tambahan atau rider. Tetapi, nasabah tidak perlu memaksakan diri untuk membeli manfaat tertentu. Ada banyak manfaat tambahan yang tersedia sehingga nasabah bisa memilihnya dengan cermat. Fleksibilitas tersebut merupakan fitur dari polis endowment yang akan disukai oleh para calon nasabah asuransi.

Selain fleksibilitas dalam pemilihan asuransi rider, polis endowment juga memiliki risiko yang renadh dibandingkan unit link. Mengapa demikian? Tidak ada alokasi dana untuk investasi dari premi yang nasabah bayarkan setiap bulan. Sehingga dwiguna hadir dengan fitur risiko rendah.

Fitur dari jenis polis endowment lainnya adalah pengembalian premi yang lebih tinggi dari asuransi jiwa tradisional. Dengan demikian, keluarga tercinta akan lebih terlindungi dari segi finansial setelah tertanggung atau pemegang polis meninggal dunia. Mereka tidak hanya mendapatkan uang pertanggungan (UP) tetapi juga tabungan dari rencana polis endowment.

c. Apa Itu yang Dimaksud dengan Pure Endowment Policy?

Pure endowment policy merupakan asuransi yang memberikan manfaat asuransi hanya jika tertanggung masih hidup saat polis asuransi berakhir.

d. Apa Itu yang Dimaksud dengan Modified Endowment Policy?

Modified endowment policy memberikan manfaat lumpsum saat tertanggung meninggal dunia atau kontrak asuransi berakhir namun tertanggung masih hidup.

e. Apa Itu yang Dimaksud dengan Beban Polis?

Beban polis adalah istilah yang berkaitan dengan jenis polis endowment. Beban polis adalah adna yang harus nasabah bayarkan kepada penyedia asuransi setiap bulannya yaitu berupa premi asuransi. Beban tersebut dibayarkan agar nasabah tetap bisa mendapatkan manfaat asuransi yang tertulis dalam polis.

f. Apa Itu yang Dimaksud dengan Juvenile Endowment?

Juvenile Endowment merupakan asuransi yang orang tua beli untuk anak. Uang asuransi nantinya akan diterima oleh anak yang diasuransikan setelah jatuh tempo polis asuransi. Dengan kata lain, ahli waris akan mendapatkan santunan kematian apabila terjadi risiko meninggal dunia pada si anak sebelum jatuh tempo polis.

g. Apa dan Bagaimana Kondisi yang Dapat Menyebabkan Pembatalan Polis Endowment?

Pembatalan polis endowment merupakan kemungkinan yang bisa terjadi pada nasabah asuransi dwiguna. Pembatalan terjadi apabila nasabah tidak lagi mampu membayar premi asuransi selama periode yang sudah ditentukan.

h. Bagaimana Cara Mendapatkan Jenis Polis Endowment yang Tepat?

Pada umumnya, kamu bisa menggunakan cara yang sama agar mendapatkan pilihan asuransi yang tepat termasuk untuk polis endowment. Tetapi, jika ini kali pertama serta masih ragu dan khawatir salah pilih produk sementara ada kewajiban membayar premi yang tidak sedikit jumlahnya, coba ikuti beberapa tips ini.

  • Periksa kembali dan sesuaikan produk pilihan dengan kebutuhan dan kondisi finansial
  • Pertimbangkan tingkat bunga premi
  • Perhatikan apakah ada pilihan pembayaran premi yang fleksibel
  • Pilih polis endowment yang mudah dipahami saat agen menjelaskan detail dan poin-poin polis
  • Cari tahu besaran bonus yang ditawarkan
  • Jangan lupa pentingnya reputasi dan kesehatan kondisi finansial perusahaan asuransi

Seperti calon nasabah, agen asuransi harus mengetahui dan memahami setiap poin dan rincian dari jenis polis endowment. Bagaimanapun juga, agen asuransi merupakan pihak yang nantinya akan banyak membantu calon nasabah memilih solusi proteksi. Jadi, pastikan untuk selalu memperbarui informasi dan menambah pengetahuan seputar asuransi. Kamu bisa memanfaatkan keberadaan Qoala Plus untuk tujuan tersebut.

Namun, jika belum terdaftar sebagai agen asuransi, mungkin ini saat yang tepat untuk bergabung sebagai Mitra Qoala Plus. Ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan. Selain membantu nasabah mendapatkan solusi melalui edukasi yang kamu berikan, kamu juga bisa memperkaya wawasan dan pengetahuan tentang asuransi. Dan yang terpenting adalah peluang yang semakin terbuka untuk mendapatkan penghasilan.

Unduh aplikasi yang akan membantu kamu berlatih menjadi agen asuransi profesional melalui Google Play atau App Store sekarang juga!