Kamu baru memulai bisnis dan sedang mempelajari teknik marketing? Marketing merupakan bagian penting dalam menjalankan bisnis. Dengan menerapkan teknik marketing yang tepat, bisnis yang kamu jalankan bisa mengalami perkembangan yang pesat dan meningkatkan keuntungan.

Ditambah lagi, perkembangan teknologi digital saat ini memungkinkan kamu untuk menerapkan beberapa teknik marketing online untuk perkembangan bisnis yang tengah kamu rintis. Lantas apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam bagian teknik marketing itu sendiri? Kamu bisa pelajari dengan lengkap dalam penjelasan yang sudah Qoala Plus rangkum di bawah ini!

1. Ketahui dan Lakukan Segmentasi (Target Pasar)

Ketahui dan Lakukan Segmentasi (Target Pasar) Sebagai Teknik Marketing yang Pertama
Sumber foto: Jirsak via Shutterstock

Dalam teknik marketing, dikenal teori 4P. teori yang dapat meningkatkan penjualan dan pemetaan terkait target konsumen itu sendiri. Seiring dengan berkembangnya pasar, hal tersebut menuntut untuk berkembangnya strategi pemasaran itu sendiri. Dari yang semula menggunakan teori 4P, menjadi berkembang dengan strategi pemasaran 7P.

Beberapa hal penting dalam teknik marketing 7P adalah sebagai berikut:

  • Price (harga)
  • Product (produk)
  • Place (tempat)
  • Promotion (promosi)
  • People (pelanggan/konsumen)
  • Packaging (kemasan)
  • Process (proses)

Ketujuh poin di atas saling berkaitan dan tidak bisa dilepaskan dalam teknik marketing. Setelah kamu mengetahui teori pemasaran di atas, langkah paling awal yang bisa kamu lakukan dalam menjalankan teknik marketing adalah dengan mengetahui target pasar yang menjadi sasaran produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Kamu bisa mengetahui target pasar dengan melakukan riset kecil-kecilan, kemudian kamu bisa melakukan segmentasi terkait target pasar yang kamu dapatkan. Hal ini bertujuan agar kamu bisa melakukan pemasaran yang efektif, efisien, dan tepat sasaran, dengan tujuan selanjutnya demi meningkatkan penjualan dan pemasukan.

Dapatkan cuan berlimpah dari penjualan optimal sebagai agen asuransi terbaik di sini!

2. Perencanaan Produk

Dalam teknik marketing, hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan perencanaan produk atau jasa. Perencanaan produk atau jasa merupakan langkah strategis yang wajib dilakukan seorang pebisnis dalam membuat barang atau jasa. Perencanaan yang dimaksud berkaitan dengan jumlah produk yang dibuat, kapasitas, bahan yang dibutuhkan hingga scheduling produksi.

Perencanaan produk atau jasa bertujuan untuk efektifitas produksi produk itu sendiri. Selain itu, perencanaan produk juga dapat meminimalisir pemborosan dalam pembelian bahan, dan penggunaan bahan yang efisien, terakhir adalah dapat membuat waktu kerja dalam membuat produk semakin efektif.

Contoh strategi marketing ini berperan sangat penting, karena dapat berpengaruh dalam penetapan harga produk atau jasa ketika akan dipasarkan nantinya. Selain itu, perencanaan produk juga penting untuk menghitung modal yang dibutuhkan, terutama dalam membeli bahan baku dan peralatan dalam membuat produk.

Jika bisnismu masih memiliki ruang lingkup kecil, kamu bisa mengatasinya dengan mudah. Namun jika bisnismu berkembang pesat dan menjadi besar. Untuk membuat produk kamu harus membuat pabrik untuk memenuhi kebutuhan pasar. Perencanaan produk akan membuat kamu lebih mudah dalam menghasilkan produk, baik dalam jumlah kecil, sedang atau jumlah besar sekalipun.

3. Penetapan Harga Produk yang Sesuai

Salah satu contoh strategi produk maupun jasa atau strategi pemasaran yang tepat adalah dengan menetapkan harga produk atau jasa yang sesuai. Kamu harus melakukan perhitungan yang tepat dan cermat sebelum menetapkan harga jual. Ini bertujuan untuk mendapatkan harga produk atau jasa yang sesuai.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Penetapan Harga

Dalam menentukan harga sebuah produk atau jasa, sebagai seorang pebisnis kamu harus mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini:

a. Konsumen

Pertama adalah konsumen, yang merupakan prioritas utamamu. Kamu harus mematok harga yang sesuai dan dapat diterima oleh konsumen. Harga menentukan kualitas. Dengan harga yang tepat sesuai dengan kualitas yang diberikan, kamu dapat memuaskan konsumen.

b. Kompetitor

Kedua adalah kompetitor, yang merupakan saingan utama bisnismu. Kamu bisa menjadikan harga yang diberikan oleh kompetitor sebagai patokan utama dalam menentukan harga. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan tingkat keuntungan. Jangan sampai kamu mendapatkan kerugian hanya untuk menekan kompetitor.

c. Biaya

Ketiga adalah biaya, yang merupakan faktor terakhir dalam menetapkan harga produk atau jasa. Biaya yang dikeluarkan untuk produksi produk bisa dijadikan patokan dalam menentukan harga, kamu hanya perlu teliti dan cermat dalam menghitung biaya dan mengkalkulasikannya menjadi harga produk atau jasa itu sendiri.

Pasarkan produk dengan maksimal sebagai agen asuransi terbaik dengan bergabung sebagai Mitra Qoala Plus dan dapatkan cuan berlimpah!

4. Pilihlah Tempat yang Strategis serta Strategi Distribusi yang Tepat

Memilih tempat yang strategis juga merupakan salah satu jenis strategi pemasaran yang wajib kamu pertimbangkan.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Penentuan Tempat atau Lokasi yang Strategis

Untuk menentukan tempat yang strategis, setidaknya terdapat beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Hal tersebut adalah sebagai berikut:

a. Sesuaikan dengan Demografi Kosumen

Kamu wajib menentukan lokasi sesuai dengan demografi dari konsumen atau pelanggan produk maupun jasamu. Maka dari itu, sebelum kamu menentukan tempat atau lokasi, kamu harus memiliki pengetahuan demografi konsumen yang menjadi target pasar. Terdapat beberapa faktor penting untuk menentukan demografi, seperti gender, usia, dan tingkat pendapatan. Dengan begitu kamu bisa menentukan lokasi yang tepat untuk pelanggan.

b. Pertimbangkan Keramaian Tempat atau Lokasi Bisnis

Kamu juga harus mempertimbangkan keramaian tempat atau lokasi bisnismu. Dengan lokasi yang ramai dan lalu lalang dilewati banyak orang, bukan hanya pelanggan tetap saja yang akan membeli produk atau jasamu. Namun juga orang-orang lewat pun bisa menjadi pelanggan utamamu.

c. Pikirkan Juga tentang Keterjangkauan Tempat

Pilih tempat yang mudah dijangkau, hal ini untuk memudahkan pelanggan mengakses tempat usahamu. Dengan mudahnya akses pelanggan, akan lebih mudah juga mereka mendapatkan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

d. Pilih Tempat yang Mudah Dilihat

Terakhir, jangan lupa juga untuk memilih tempat yang mudah dilihat. Ini akan memudahkan pelangganmu yang mencari tempat usahamu.

Selain memilih tempat yang strategi, dalam contoh strategi pemasaran produk makanan kamu juga harus mempertimbangkan strategi distribusi yang tepat. Terdapat banyak strategi distribusi, mulai dari distribusi ritel, distribusi jaringan (dari produsen ke konsumen) dan berbagai sistem atau strategi distribusi lainnya.

Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan bisnis yang kamu jalankan dengan strategi distribusi. Tentukan strategi distribusi yang tepat dengan bisnis yang kamu jalankan.

5. Gunakan Teknik Promosi

Gunakan Teknik Promosi untuk Teknik Marketing yang Tepat
Sumber foto: EtiAmmos via Shutterstock

Teknik marketing yang baik adalah dengan menggunakan teknik promosi penjualan. Ada banyak teknik promosi yang bisa kamu gunakan. Sama dengan menggunakan strategi distribusi, kamu harus menggunakan teknik promosi yang tepat. Terdapat beberapa teknik promosi yang tepat, berikut ini beberapa teknik promosi yang dimaksud:

  • Memberikan potongan harga atau diskon
  • Lakukan giveaway atau memberikan hadiah untuk beberapa kuis
  • Gunakan jasa influencer atau Key Opinion Leader (KOL) untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan
  • Memberikan cashback untuk setiap produk atau jasa yang dibeli oleh pelanggan
  • Berikan hadian dan voucher belanja di waktu tertentu

Beberapa teknik promosi di atas tidak perlu kamu jalankan secara bersamaan, dan memang mustahil untuk dijalankan bersamaan. Kamu bisa memilih salah satu teknik promosi yang tepat dan disesuaikan dengan momen atau peristiwa tertentu, misalnya pada saat hari libur nasional atau tanggal cantik.

6. Penggunaan Media Sosial

Dalam teknik marketing online, media sosial adalah pondasi dan kunci untuk dapat menjalankan dan meningkatkan bisnis dengan baik. Media sosial seperti Instagram dan Facebook banyak digunakan sebagai etalase bisnis online. Banyak konten yang dibuat berdasarkan produk atau jasa yang dimiliki.

Sementara Instagram dan Facebook digunakan sebagai etalase bisnis, Whatsapp dan Telegram digunakan sebagai media untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara online. Penggunaan media sosial secara optimal dapat meningkatkan penjualan secara efektif.

Media sosial sendiri merupakan bagian dari teknik marketing online yang tidak dapat dilepaskan. Bahkan dalam strategi digital marketing, materi terkait media sosial merupakan materi utama yang wajib dipelajari dan dipahami dengan baik oleh setiap pebisnis dan terutama oleh setiap divisi marketing.

7. Lakukan Teknik Marketing Mulut ke Mulut

Salah satu teknik marketing penjualan yang lawas adalah teknik marketing dari mulut ke mulut, atau dalam bahasa Inggris kita mengenalnya dengan nama word of mouth. Jika sebelum berkembangnya teknologi digital, pemasaran dari mulut ke mulut merupakan teknik yang efektif untuk memasarkan produk atau jasa.

Saat ini berkembangnya teknologi digital tidak serta merta menghilang teknik pemasaran dari mulut ke mulut. Bukannya ditinggalkan, pemasaran dari mulut ke mulut justru ikut berkembang dan dan berevolusi berdasarkan berkembangnya teknologi digital itu sendiri.

Strategi pemasaran produk atau jasa dari mulut ke mulut, saat ini media sosial bisa digunakan untuk marketing mulut ke mulut. Salah satu contohnya adalah dengan melakukan review secara online di media sosial. Selain Instagram, media sosial yang umum digunakan adalah Youtuber.

Pada dasarnya, teknik marketing mulut ke mulut bekerja dengan meyakinkan masyarakat terkait produk atau jasa yang kita miliki. Jika di media sosial saat ini, banyak public figure atau tokoh yang melakukan review terkait produk atau jasa. Tujuannya adalah untuk meyakinkan masyarakat terkait produk atau jasa tersebut dan menggaet pelanggan baru.

8. Ciptakan Product Branding

Dalam teknik marketing online, bukan hanya media sosial saja yang dapat dimanfaatkan dan dapat mengoptimalkan penjualan. Kamu juga harus mulai memikirkan brand awareness dan untuk mencapai hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan blog atau website. Sebab, di era dengan kemajuan teknologi saat ini, bisa dibilang pemasaran bahkan tidak cukup dengan media sosial saja.

Jika media sosial diperuntukan bagi setiap produk atau jasa yang ditawarkan, untuk menciptakan kesadaran pelanggan terhadap brand dari produk atau jasa kita, kita wajib menggunakan media lain. Dalam hal ini yang terbukti efektif adalah dengan menggunakan blog atau website.

Karena penggunaan website atau blog memungkinkan kamu menggunakan kata kunci atau keyword untuk mengoptimasi brand dari produk atau jasamu di mesin pencarian. Menggunakan teknik SEO (search Engine Optimization), kamu bisa menggunakan teknik marketing online secara efektif dan product branding-mu akan semakin meningkat. Di tatanan masyarakat, banyak yang telah menyadari dan mengetahui keberadaan produk atau jasamu sebagai sebuah brand yang terpercaya.

9. Pemberian Insentif sebagai Media Promosi

Teknik Marketing dengan Pemberian Insentif sebagai Media Promosi
Sumber foto: Vitalii Vodolazskyi via Shutterstock

Dalam setiap penjelasan strategi pemasaran jurnal ilmiah, media promosi selalu disinggung. Hal ini tentu menunjukan bahwa promosi dan media promosi merupakan hal penting. Kamu bisa melakukan promosi dengan memanfaatkan pemberian insentif sebagai media utama.

Insentif sendiri bentuknya adalah bonus atau kompensasi. Jika kamu memberikan insentif kepada konsumen sebagai media promosi, maka artinya kamu memberikan produk atau jasamu sebagai bonus atau kompensasi. Tentu saja dengan syarat, misalnya dengan membuat review dan menyebarkannya di media sosial pelanggan masing-masing.

Namun pemberian insentif juga bukan berarti memberikan produk atau jasa secara cuma-cuma sebagai bonus, tapi juga bisa diartikan dengan memberikan diskon atau potongan harga. Perlu kamu ingat juga, bahwa dengan memberikan melakukan promosi, kamu mengharapkan sesuatu yang sebanding.

Karena promosi biasanya membutuhkan biaya yang besar, oleh karena itu reward yang didapatkan harus sebanding. Semisal peningkatan brand awareness atau meningkatnya permintaan akan produk atau jasa. Juga bisa dengan meningkatkan pelanggan loyal terdapat brand kita.

Dalam pembahasan strategi pemasaran yang sering dibahas dalam artikel berbentuk PDF juga, salah satu media yang baik untuk memanfaatkan promosi adalah dengan menciptakan wadah atau media yang menyatukan para pelanggan dari produk atau jasa kita. Ini juga bisa dijadikan sebagai media untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan.

10. Memberikan Potongan Harga atau Diskon

Salah satu contoh teknik marketing yang selalu efektif menarik pelanggan baru adalah dengan memberikan potongan harga atau diskon. Setiap pembeli, termasuk kamu sendiri, akan menyukai potongan harga untuk setiap produk atau jasa yang kamu butuhkan atau kamu inginkan. Hal tersebut wajar belaka, karena kita akan mendapatkan produk atau jasa dengan harga murah.

Dengan memberikan potongan harga, kamu bisa memanjakan dan memuaskan pelanggan lama serta dengan bersamaan kamu sedang menarik perhatian pelanggan baru. Tentu saja potongan harga atau diskon tidak bisa kamu lakukan secara sembarangan, karena bagian dari teknik marketing terdapat beberapa tips yang perlu kamu perhatikan.

Tips pertama, kamu bisa memberikan potongan harga di hari-hari libur nasional, seperti hari raya keagamaan atau hari kemerdekaan. Contohnya, kamu bisa memberikan potongan harga sesuai dengan hari libur nasional. Misalnya, kamu memberikan diskon di tanggal 17 Agustus, kamu bisa memberikan potongan harga sebesar 17%.

Selain itu, kamu bisa membuat stand atau booth di tempat-tempat yang ramai dikunjungi banyak orang. Bawa barang atau produk maupun jasa yang diskon dan tawarkan kepada masyarakat yang lalu lalang di tempat tersebut. Ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan dan menarik pelanggan baru.

11. Tawarkan Produk Secara Gratis

Salah satu dari macam-macam strategi promosi yang terdapat dalam teknik marketing adalah menawarkan produk secara gratis. Memang pada akhirnya pemasukan yang kamu dapatkan akan menurun karena produk yang keluar diberikan secara gratis atau secara cuma-cuma.

Namun kendati pemasukan menurun, lambat laun kamu bisa merasakan penjualan yang akan meningkat, ditambah lagi dengan branding produk atau jasamu yang akan semakin meluas. Teknik marketing ini sendiri merupakan salah satu contoh strategi pemasaran produk yang sudah lama dikenal meskipun banyak teknik-teknik marketing baru yang berkaitan dengan digital, teknik marketing ini tetap ampuh menarik pelanggan.

12. Ciptakan Hubungan Baik dengan Pelanggan

Ciptakan Hubungan Baik dengan Pelanggan
Sumber foto: PhotoByToR via Shutterstock

Salah satu elemen strategi pemasaran yang tidak akan pernah dapat dilepaskan yaitu hubungan baik antara penjual dan pelanggan. Seperti apapun strategi pemasaran yang kamu terapkan, akan efektif kamu jalankan jika kamu menciptakan hubungan baik dengan pelanggan.

Dalam teknik marketing, pelanggan adalah sasaran atau target utama. Setiap teknik penjualan dilakukan untuk menyasar pelanggan agar mau membeli produk ataupun jasa yang ditawarkan. Setelah memiliki beberapa pelanggan yang loyal dan tepat, kamu harus membangun dan menciptakan hubungan yang baik.

Cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah dengan menjawab dan menanggapi secara cepat dan ramah setiap pertanyaan pelanggan. Juga berikan reward khusus kepada pelangan setia dan pelanggan loyal. Sampaikan kepada setiap pelangganmu, bahwa setiap produk atau jasa yang kamu tawarkan hanya untuk melayani pelanggan dan memudahkan segala aspek kehidupannya.

Kamu bisa menggunakan media sosial secara optimal untuk menciptakan hubungan baik dengan pelangganmu. Jangan sungkan dan jangan malu untuk melakukan live dan menyapa langsung dengan pelanggan. Sebab, cara ini akan menimbulkan kedekatan dengan pelanggan sehingga terjadi human interaction yang menciptakan kepercayaan dan loyalitas pelanggan secara lebih. Hal ini akan semakin meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan.

Nah, itulah beberapa teknik marketing yang bisa kamu terapkan dalam menjalankan bisnismu. Terutama di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, terdapat beberapa penyesuaian teknik marketing yang efektif dan bisa meningkatkan penjualan. Hal tersebut dikenal juga dengan istilah teknik marketing online, sebagaimana yang bisa kamu pelajari secara detail di atas.

Bagi kamu yang merupakan seorang agen asuransi, pastinya sudah sangat familiar dengan teknik marketing. Tentunya, teknik marketing dilakukan sebagai salah satu cara untuk menggaet calon nasabah atau bahkan menjaga loyalitas nasabah dalam jangka panjang. Dengan perkembangan teknologi, kini cara agen asuransi menjaring nasabah bisa jadi lebih praktis dengan strategi promosi penjualan yang tepat! Caranya adalah dengan menjadi Mitra Qoala Plus dan dapatkan berbagai pelatihan hingga tips dan trik untukmu! Cari tahu selengkapnya di Qoala Plus! Ikuti juga Qoala Plus di media sosial seperti Instagram Qoala Plus untuk dapatkan informasi terkini lainnya!