Ada banyak pilihan usaha sampingan yang bisa ditekuni ibu rumah tangga untuk menambah penghasilkan keluarga. Melalui berbagai usaha sampingan ibu rumah tangga yang dilakukan, ibu rumah tangga berpotensi menghasilkan pemasukan yang besar. Bagi ibu rumah tangga yang gesit, yang merasakan banyak waktu luang tersisa setelah urusan rumah tangga selesai, beberapa potensi usaha dan pekerjaan bisa coba dilakukan.

Beberapa jenis pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang bisa menambah finansial bulanan yang dibutuhkan oleh keluarga. Bahkan, jika usaha yang dilakukan sukses, dapat memberikan penghasilan utama yang mungkin melebihi penghasilan suami. Berikut daftar usaha sampingan ibu rumah tangga yang telah dirangkum oleh tim Qoala Plus. Yuk simak penjelasannya!

1. Reseller dan Dropshipper

Reseller dan Dropshipper merupakan salah satu jenis usaha yang berkembang dengan adanya teknologi digital, dan semakin berkembang pesat dengan adanya pandemi Covid-19. Berdasarkan hal tersebut, pekerjaan ini bisa menjadi salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga di masa pandemi yang menarik untuk dicoba.

Cara kerja reseller dan dropshipper sangat mudah dan menguntungkan, dan waktunya juga fleksibel cocok untuk dijalankan oleh ibu rumah tangga yang sambil mengurus urusan domestik di rumah. Kita juga perlu mengetahui perbedaan dari reseller dan dropshipper.

Meskipun sama-sama merupakan bisnis yang menjual produk orang lain, tetapi sistem kerjanya berbeda. Reseller mengharuskan kita membeli terlebih dahulu produk kemudian menjualnya kembali kepada konsumen. Sementara dropshipper tidak perlu membeli terlebih dahulu, karena kita hanya sekadar meneruskan penjualan saja. Sedangkan yang mengurus pengiriman adalah produsen pemilik produk.

Kedua bisnis online ibu rumah tangga ini memiliki keuntungannya masing-masing, namun pada prinsipnya sama yaitu menjual produk orang lain.

2. Berjualan Makanan Beku (Frozen Food)

Menjual makanan beku atau frozen food bisa menjadi pilihan pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang. Setidaknya ada dua alasan yang membuat ibu rumah tangga bisa mendapatkan uang dari menjual frozen food. Pertama, kebutuhan masyarakat akan frozen food yang tinggi. Kedua ketersediaan barang yang melimpah dan banyak pilihan.

Karena usaha sampingan ibu rumah tangga ini bisa dilakukan secara langsung atau dijual online, semakin membuat ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan dari rumah. Karena banyak produk dan merek dari frozen food yang saat ini tersedia, kita tinggal memilih yang cocok dengan kita. Baik secara harga atau secara prosedur kerja sama.

Satu hal yang harus diingat, jika ingin menjadi reseller atau penjual makanan beku, kita setidaknya harus menyediakan beberapa kulkas beku di rumah untuk menyimpan produk-produk sebelum dijual.

3. Agen Asuransi

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Menjadi Agen Asuransi
Sumber foto: Tirachard Kumtanom via Shutterstock

Agen asuransi bisa menjadi salah satu pekerjaan atau usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar. Bahkan menjadi agen asuransi sebenarnya tidak membutuhkan modal. Pekerjaan yang dilakukan yaitu menawarkan asuransi kepada setiap calon nasabah agar membeli produk asuransi.

Biasanya ibu rumah tangga memiliki kemampuan marketing dan komunikasi yang baik dalam berjualan, hal ini tentu saja sayang jika tidak dimanfaatkan. Agar kemampuan tersebut tidak sia-sia, ibu rumah tangga bisa bekerja menjadi agen asuransi dan menawarkannya di lingkungan terdekat terlebih dahulu.

Ingin dapat penghasilan tambahan dengan menjadi agen asuransi? Kini, menjadi agen asuransi bisa jadi lebih mudah di Qoala Plus. Dapatkan solusi kemudahan beransuransi, baik bagi nasabah maupun agen asuransi dengan dokumen dan proses klaim digital yang didukung teknologi terbaik di Qoala Plus!

4. Katering Rumahan

Kemampuan terbaik setiap ibu rumah tangga adalah memasak. Memasak bukan lagi menjadi sekadar hobi, melainkan kebutuhan dan keharusan. Dengan kemampuan memasak, kita bisa menjalankan usaha sampingan ibu rumah tangga yang menjanjikan satu ini, yaitu katering rumahan.

Selain bisa memasak untuk kebutuhan makan di rumah, juga bisa jadi usaha untuk menambah pemasukan. Terutama jika seorang ibu rumah tangga yang tinggal di lingkungan perkantoran atau lingkungan pendidikan. Usaha katering sangat menjanjikan untuk dilakukan.

Karena setiap karyawan atau mahasiswa biasanya tidak memiliki waktu yang cukup untuk memasak. Menyediakan masakan untuk karyawan dan mahasiswa bisa menjadi pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang. Ditambah lagi jika masih memiliki sedikit lahan untuk dijadikan warung makan. Usaha ini akan semakin potensial.

5. Camilan hingga Kue (Dessert) Hits Kekinian

Jika katering rumahan menjual berbagai makanan yang sebagai lauk makan, ada pilihan lain yang bisa dilakukan selain menjual lauk makan, yaitu menjual camilan yang hits dan kekinian. Misalnya camilan asin seperti basreng goreng, cireng goreng atau camilan manis seperti bolu hingga kue dessert yang tengah hits dan kekinian. Tentunya, peluang ini bisa dijadikan opsi usaha sampingan ibu rumah tangga yang menarik.

Keuntungan menjual camilan yang tengah hits dan kekinian adalah akan cepat laris. Pasalnya sebagai produsen kita tidak perlu melakukan promosi berlebihan. Karena tengah viral, masyarakat akan mencari sendiri camilan itu. Dengan begitu, usaha cemilan untuk ibu rumah tangga satu ini bisa menghasilkan uang dengan cepat.

Memang banyak pilihan pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang, namun jika ada pilihan yang bisa dilakukan di rumah tentu hal tersebut sangat menjanjikan dan menjadi pilihan. Salah satunya yaitu menjual camilan kue.

6. Membuat Kerajinan Tangan (Barang Handmade)

Membuat Kerajinan Tangan (Barang Handmade)
Sumber foto: Anirut Thailand via Shutterstock

Salah satu jenis usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yaitu dengan membuat kerajinan tangan atau barang handmade. Terutama jika tinggal di desa berbasis wisata, cinderamata khas desa wisata bisa dijadikan sebagai produk utama yang dijual. Bisa aksesoris atau barang-barang sehari-hari.

Keuntungan sebuah desa yang berbasis wisata adalah banyaknya pengunjung yang datang ke desa, baik itu wisata alam atau wisata lainnya. Cinderamata merupakan barang yang dicari pengunjung sebagai oleh-oleh sekaligus sebagai bukti mereka pernah berkunjung ke tempat wisata tersebut. Membuat kerajinan tangan cinderamata merupakan salah satu pilihan pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang.

7. Jasa Menulis Lepas (Freelance Writer)

Kemampuan ibu rumah tangga tidak melulu mengurus urusan domestik di rumah saja, ada juga seorang ibu yang memiliki kemampuan atau hobi menulis. Bagi ibu rumah tangga yang memiliki kondisi seperti ini, bisa mulai mencari lowongan pekerjaan untuk ibu rumah tangga dalam bidang menulis.

Saat ini, banyak perusahaan dan startup yang membutuhkan content writer untuk kebutuhan marketing dan promosi di blog yang bisa kamu manfaatkan sebagai pilihan usaha sampingan ibu rumah tangga dengan jam kerja yang cukup fleksibel. Oleh karena itu, ibu rumah tangga bisa mulai mencari lowongan pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang ini. Keuntungan lainnya menjalankan pekerjaan ini adalah bisa dilakukan di rumah!

8. Jasa Menjahit

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan menjahit, bisa membuka toko jasa menjahit. Jasa jahit merupakan usaha rumahan modal kecil, karena tidak perlu modal banyak untuk membuka usaha satu ini. Cukup dengan memiliki mesin jahit dan peralatan pendukung lainnya, usaha ini bisa berjalan dengan baik.

Terutama jika usaha sampingan ibu rumah tangga ini dijalankan di sekitar kawasan pendidikan, banyak mahasiswa yang biasanya ingin mengecilkan celana atau pakaian lainnya. Membuka usaha ini di kawasan perumahan pun tidak akan rugi, karena banyak yang membutuhkan jasa menjahit pakaian. Kebutuhan untuk agar usaha ini bisa berjalan adalah kemampuan menjahit itu sendiri. Selama kemampuan menjahit dimiliki, usaha ini akan berjalan lancar.

9. Jasa Laundry Kiloan

Jasa Laundry Kiloan Sebagai Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga
Sumber foto: Odua Images via Shutterstock

Membuka laundry kiloan bisa jadi usaha sambilan ibu rumah tangga, menjalankan usaha ini juga tidak membutuhkan banyak modal. Cukup menggunakan mesin cuci dan alat setrika yang dimiliki di rumah, usaha ini akan berjalan lancar. Terutama jika usaha jasa laundry dibuka di sekitar kawasan pendidikan dan pekerjaan.

Sama dengan kebutuhan makan, para pekerja dan mahasiswa biasanya tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencuci, akhirnya jasa laundry yang menjadi pilihan. Tips sukses menjalankan usaha sampingan ibu rumah tangga satu ini adalah membuat pelanggan nyaman dan percaya.

Karena kepercayaan menjadi modal utama yang membuat usaha laundry bertahan. Sebagaimana umumnya bisnis jasa, kepercayaan adalah hal yang perlu dijunjung tinggi. Seperti menjamin setiap pakaian yang dicuci menjadi bersih, wangi dan rapi. Jangan lupa juga untuk memastikan setiap pakaian tidak ada yang hilang atau terlewat. Jika dua hal ini tidak bisa dipertahankan, pelanggan tidak akan kembali lagi ke tempat laundry kita.

10. Barang Handmade

Biasanya ibu rumah tangga memiliki kreativitas yang tinggi, baik dalam penggunaan barang atau membuat barang keperluan rumah. Kemampuan ini sangat jika tidak dijadikan sebuah bisnis. Ibu rumah tangga bisa membuat barang-barang handmade, atau buatan tangan yang berasal dari barang bekas. Membuat barang handmade seringkali menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga di desa.

Membuat barang handmade juga bisa menjadi peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta, bahkan di bawah satu juta. Berbeda dengan kerajinan tangan yang bisanya dijadikan cenderamata, barang handmade lebih kepada peralatan sehari-hari yang dibutuhkan di rumah. Seperti karpet dari bekas bungkus kopi sachet, atau tas dan dompet menyimpan receh.

11. Angkringan

Mencari ide lain untuk usaha sampingan ibu rumah tangga dalam bidang kuliner? Ibu bisa membuat angkringan. Terutama bagi yang memiliki rumah dengan lahan dan tempat yang strategis, bisnis ini bisa sangat menjanjikan untuk dijalankan. Selain itu, bahan baku untuk membuat makanan angkringan pun sangat terjangkau.

Hal ini membuat angkringan sebagai sebuah usaha modal 1 juta atau bahkan di bawah satu juta. Menciptakan tempat yang bersih dan suasana yang nyaman merupakan kunci kesuksesan bisnis ini. Karena semakin bersih dan nyaman tempatnya, semakin membuat pelanggan untuk betah berlama-lama. Semakin lama pelanggan di tempat angkringan, itu tandanya semakin banyak makanan yang dipesan.

12. Pembuat Ilustrasi (Illustrator)

Ibu Rumah Tangga yang Menjadi Pembuat Ilustrasi (Illustrator)
Sumber foto: Prathankarnpap via Shutterstock

Pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang tidak melulu seputar memasak, mencuci atau urusan domestik lainnya. Namun juga bisa berkaitan dunia kreatif yang berkutat dalam pembuatan karya, seperti membuat karya visual. Terutama bagi ibu rumah tangga yang memiliki passion di bilang illustrator.

Menjadi seorang ilustrator lepas bisa menjadi salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga. Di tengah kewajibannya mengurus urusan rumah, bisa sambil mengerjakan ilustrasi yang diminta oleh klien. Ilustrasi menjadi instrumen penting dalam melakukan marketing, sudah pasti banyak perusahaan atau startup yang membutuhkan jasa ilustrasi.

13. Fotografer

Fotografer juga merupakan pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang, terutama bagi ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan fotografi yang baik atau berpengalaman menjadi seorang fotografer. Tema fotografi yang bisa ditawarkan pun bisa berkaitan dengan kehidupan ibu rumah tangga.

Yaitu seperti dokumentasi saat hamil atau foto kelahiran anak, bisa juga foto kegiatan ulang tahun dan sebagainya. Menjadi fotografer bisa dijadikan sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga yang waktunya sangat fleksibel. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba opsi kerja sampingan ini?

14. Content Creator

Menjadi seorang content creator juga merupakan salah satu pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang di tengah era digital saat ini. Tema content yang diusung tentu saja berkaitan dengan mengurus dan mengelola rumah. Ibu rumah tangga bisa membuat video content yang mengajari bagaimana cara memasak atau menyimpan makanan yang baik (food preparation).

Saat ini menjadi content creator telah menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal, media yang digunakan bisa melalui Youtube, Instagram dan media sosial lainnya. Pemasukan yang didapatkan bisa berasal dari adsense atau kerjasama lain yang bisa menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan bagi kamu.

15. Jasa Tata Rias (Make Up Artist/MUA)

Jasa Tata Rias (Make Up Artist MUA) untuk Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga
Sumber foto: Dragon Images via Shutterstock

Masih mencari rekomendasi pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang? Salah satu yang bisa dicoba adalah dengan menjadi seorang Makeup Artis (MUA). Bahkan saat ini, para MUA yang berkualitas yang seringkali menangani tata rias para artis terkenal adalah para ibu rumah tangga.

Hal ini tentu saja menginspirasi, membuat usaha sampingan ibu rumah tangga satu ini banyak dilakukan. Faktor lain yang membuat setiap ibu rumah tangga wajib mencoba menjadi MUA karena setiap ibu pasti sangat senang berdandan. Mendandani orang lain sekaligus menghasilkan uang tentu saja merupakan pekerjaan idaman.

16. Berjualan Pakaian Bekas (Thrift – Secondhand)

Di kalangan anak muda hingga ibu-ibu, saat ini usaha sampingan ibu rumah tangga rumahan yang lagi trend yaitu menjual pakaian bekas atau yang dalam istilah beken dikenal dengan nama thrift shop.

Setiap ibu rumah tangga bisa menjual pakaian-pakaiannya yang masih layak pakai untuk dijual, atau bisa mendapatkan pakaian bekas dari gudang-gudang pakaian. Seperti thirft shop terkenal yang ada di Bandung contohnya, yaitu Cimol. Yang sering memiliki banyak pakaian bekas berkualitas dan layak.

17. Guru Les Online maupun Offline

Guru les bisa dijadikan sebagai pekerjaan online untuk ibu rumah tangga. Banyak orang tua yang mengirim anaknya untuk les, terutama les bahasa dan les matematika. Bagi ibu rumah tangga yang memiliki basic seorang guru dan memiliki kemampuan bahasa dan matematika yang baik, kemampuan tersebut bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai pekerjaan sampingan.

Ditambah selama pandemi Covid-19, banyak les yang dialihkan secara online, membuat guru les privat secara online dapat dijadikan sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga yang sangat menjanjikan.

18. Bisnis Day Care dan Sewa Peralatan Bayi

Bisnis Day Care dan Sewa Peralatan Bayi
Sumber foto: maroke via Shutterstock

Terdapat jenis usaha sampingan ibu rumah tangga yang punya bayi, yaitu dengan menjual jasa day care (tempat penitipan balita) atau menyewakan peralatan bayi. Untuk jasa day care, saat ini banyak keluarga milenial yang sibuk dengan pekerjaannya dan sering mengkhawatirkan bayinya. Jasa day care merupakan solusi dan pilihan keluarga milenial.

Sedangkan sewa peralatan bayi bisa jadi usaha sampingan ibu rumah tangga yang menjanjikan. Sebagaimana yang kita ketahui, peralatan bayi memiliki harga yang sangat mahal dan tidak sering digunakan. Banyak keluarga yang telah sadar untuk menyewa alat bayi ketimbang membelinya. Kesadaran tersebut bisa dimanfaatkan sebagai ide bisnis.

19. Jual Bumbu Siap Pakai

Bumbu siap pakai sangat dibutuhkan oleh ibu rumah tangga untuk keperluan memasak. Bagi yang menjadi ide bisnis yang laku setiap hari dan masih berkaitan dengan rumah tangga, bisa menjual bumbu-bumbu dapur siap pakai. Selain membuatnya untuk kebutuhan rumah sendiri, kita bisa sekaligus menjadikannya sebagai bisnis yang menghasilkan.

Usaha sampingan ibu rumah tangga jarang dilirik, karena asumsi bahwa setiap ibu rumah tangga bisa membuat bumbu sendiri. Namun, ada waktunya malas membuat bumbu atau tidak ada waktu cukup untuk memasak. Akhirnya, membeli bumbu siap pakai menjadi pilihan.

20. Flower Bouquet hingga Buket Balon

Jenis usaha sampingan ibu rumah tangga terakhir yang bisa dijalankan yaitu dengan menjual flower bouquet atau buket balon. Namun pertanyaan yang muncul, siapa kira-kira target pasar usaha satu ini? Tentu saja seseorang yang hendak merayakan sesuatu, baik itu wisuda, pernikahan, ulang tahun atau perayaan lainnya.

Buket bunga atau balon dibutuhkan sebagai hadiah, banyak yang memakainya untuk diberikan sebagai hadiah pernikahan, wisuda bahkan hadiah ulang tahun. Tentu saja ini merupakan salah satu bisnis menarik yang wajib dicoba. Ditambah lagi modal yang dibutuhkan tidak begitu besar, meracik bunga dan balon menjadi hiasan cantik bisa memberikan pemasukan yang berlipat ganda!

Itulah daftar usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa jadi inspirasi untuk dicoba. Jangan kira ibu rumah tangga tidak bisa bertindak banyak dalam menghasilkan pemasukan. Dari daftar di atas, kita bisa sadar bahwa ibu rumah tangga bahkan bisa berpenghasilan melebihi suaminya.

Selain sebagai inspirasi, semoga daftar pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang di atas dapat memberi motivasi dan dorongan untuk melakukan kegiatan yang berpenghasilan.

Ingin mendapatkan bacaan informatif lainnya? Kamu bisa kunjungi Qoala Plus blog untuk mendapatkan banyak bacaan menarik yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan.