Sebagai salah satu wujud nyata inovasi keuangan digital yang terus berkembang, insurance technology (insurtech) pun berperan sebagai salah satu platform yang memberikan banyak perubahan bagi industri asuransi. Dengan hadirnya industri insurtech yang didukung dengan penggunaan kemajuan teknologi, solusi kemudahan atas akses asuransi dari hulu ke hilir juga turut diberikan bagi seluruh masyarakat. Secara umum, insurtech berperan pula sebagai sarana yang dapat mendorong terciptanya inklusi keuangan di Indonesia.

Mengacu pada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, tingkat inklusi keuangan Indonesia ditargetkan untuk naik hingga 90% pada tahun 2024. Selaras dengan data yang dicatat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), indeks inklusi keuangan nasional tahun 2019 mencapai 76,19 persen dengan tingkat literasi keuangan sebesar 38,03 persen. Target ini juga sesuai dengan misi Qoala Plus yang memberikan kemudahan untuk seluruh lapisan masyarakat di Indonesia agar dapat memasarkan serta memperoleh asuransi secara lebih mudah dan terjangkau.

Direktur Bisnis Qoala Plus, Tirto Utomo menyatakan “Melalui kehadiran Qoala Plus, kami memungkinkan tenaga pemasar asuransi atau yang kami sebut Mitra Qoala Plus, untuk menemukan produk asuransi terbaik, mulai dari asuransi HCP (hospital cash plan), asuransi perjalanan, asuransi mobil, asuransi properti, hingga asuransi jiwa dan kesehatan. Para tenaga pemasar ini akan berperan sebagai roda penggerak pertumbuhan penetrasi asuransi yang bersinggungan secara langsung dalam terciptanya inklusi keuangan, sesuai dengan target pemerintah”.

Berdiri sejak tahun 2018, Qoala Plus sebagai platform digital serta salah satu unit bisnis perusahaan insurtech Qoala, memberikan optimalisasi layanannya lewat aplikasi yang mudah diakses hingga inovasi produk asuransi digital. Aplikasi Qoala Plus ini mempermudah para tenaga pemasar untuk menawarkan beragam jenis produk asuransi dengan proses end to end yang bisa dilakukan secara digital demi mempercepat proses verifikasi serta penerbitan polis. Sistem digital ini juga memberikan kemudahan bagi para tenaga pemasar untuk mendapatkan komisi secara instan dan tak terbatas. Variasi produk asuransi yang komprehensif yang ditawarkan oleh Qoala Plus juga membuka kesempatan bagi para tenaga pemasar untuk dapat menawarkan lebih banyak produk asuransi yang lebih cocok dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Performa dan Pencapaian Qoala Plus selama Tahun 2021

Performa dan Pencapaian Qoala Plus selama Tahun 2021
Sumber foto: Qoala Plus

Pada tahun 2021, Qoala berhasil menjadi salah satu perusahaan insurtech terbesar di Asia Tenggara terutama dalam hal penjualan asuransi retail. Hal ini didukung pula dengan pencapaian Qoala Plus yang berhasil mencatatkan pertumbuhan angka pemasaran produk asuransi hingga lebih dari 5 kali lipat ketimbang tahun 2020. Pertumbuhan ini juga diikuti dengan lebih dari 50 ribu tenaga pemasar baru yang telah bergabung dengan Qoala Plus di tahun 2021 yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Batam, Medan, Lampung, Jakarta, Bandung, Cirebon, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Samarinda, Makassar, Manado.

Banua Sianturi, selaku Senior Vice President Sales Qoala Plus menambahkan, aplikasi Qoala Plus juga memiliki manfaat bagi para perusahaan asuransi untuk membantu meningkatkan penjualan produk lewat channel distribusi baru melalui akses serta layanan yang terdigitalisasi.

Ken Sukasah, selaku Deputi Chief Sales Officer Sompo Insurance Indonesia menyatakan, “Sejak tahun 2020, Sompo Insurance telah bermitra dan berkolaborasi dengan Qoala Plus dalam perkembangan produk asuransi terintegrasi. Dengan kerja sama ini, kami telah berhasil menciptakan ekosistem digital asuransi yang menawarkan kemudahaan akses dari awal pembelian hingga klaim asuransi bagi masyarakat Indonesia, khususnya pelanggan asuransi kami. Melangkah bersama di tahun 2022, kami akan terus bermitra, menghadirkan produk perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan terus berinovasi. Hal ini tentunya selaras dengan misi kami dalam memberikan rasa aman serta ketenangan bagi para mitra dan pelanggan, baik dalam kebutuhan bisnis maupun personal. Pada akhirnya, kehadiran Qoala Plus juga selaras dengan tujuannya yang ingin mendukung peningkatan inklusi keuangan di tanah air.”

Bergabung menjadi Mitra Qoala Plus untuk jadi agen asuransi terbaik yang penuh cuan dan turut mendukung peningkatan inklusi keuangan di Indonesia sekarang juga!

Upaya Qoala Plus untuk Mengajak Para Tenaga Pemasar untuk Meningkatkan Inklusi Keuangan

Upaya Qoala Plus untuk Mengajak Para Tenaga Pemasar untuk Meningkatkan Inklusi Keuangan di Indonesia
Sumber foto: Qoala Plus

Selaras dengan tujuan tersebut, Qoala Plus juga menyelenggarakan serangkaian acara Qoala Plus Kick Off di beberapa kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung dan Medan. Dalam rangkaian acara Qoala Plus Kick Off ini, Qoala Plus bertemu dengan para tenaga pemasar dalam rangka pembahasan visi misi di tahun 2022, serta memberikan apresiasi kepada para tenaga pemasar yang telah berhasil mencapai target di 2021.

Di tahun 2022 ini, Qoala Plus juga menetapkan target pertumbuhan pada angka pemasaran asuransi sebesar lebih dari 5 kali lipat dari tahun 2021. Hal ini sejalan dengan visi Qoala untuk turut berperan dalam perkembangan industri asuransi nasional hingga peningkatan angka inklusi keuangan di Indonesia.

Qoala Plus juga turut memberikan andil dalam peningkatkan kesejahteraan tenaga pemasar melalui peningkatan kecanggihan teknologi yang memberikan kemudahan akses asuransi. Qoala Plus juga terus memberikan edukasi kepada tenaga pemasar dan mendorong digitalisasi proses kerja agar tenaga pemasar menjadi lebih produktif.

Keuntungan Jadi Mitra Qoala Plus
Komisi Langsung
Komisi Langsung

Pendapatan instan setelah menjual beragam produk asuransi personal maupun komersial terbaik

Qoala Points
Qoala Points

Rewards berupa poin yang dapat ditukarkan ke dalam bentuk komisi

Rewards
Rewards

Hadiah atau bonus dalam bentuk lain yang bisa diperoleh melalui program atau campaign Qoala Plus

Tentang Qoala

Logo Qoala
Logo Qoala

Qoala adalah perusahaan rintisan di bidang teknologi asuransi atau insurtech dengan misi memasyarakatkan asuransi melalui kombinasi pengembangan produk baru yang didukung oleh teknologi dan proses klaim berbasis digital dan machine learning. Sebagai perusahaan insurtech omnichannel terbesar di Asia Tenggara, Qoala beroperasi di empat negara, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Qoala telah bermitra dengan lebih dari 30 mitra asuransi terpercaya serta berkolaborasi dengan mitra korporat terbaik di seluruh Asia, termasuk 9 startup unicorn seperti Traveloka, Shopee, Dana, Tokopedia, JD.ID, Momo, Investree, dan Kredivo. Qoala meraih pendanaan dari MDI Venture oleh Telkom Indonesia, Central Capital Ventura oleh Bank BCA, dan beberapa investor global terkemuka lainnya.

Qoala juga sudah memperoleh pendanaan Seri B sebesar $65 juta atau sekitar Rp948 Miliar. Qoala mencatat pertumbuhan 30 kali lipat sejak menerima pendanaan seri A pada April 2020. Per Mei 2022, kisaran total pendanaan ekuitas yang berhasil didapat Qoala mencapai lebih dari 1,2 triliun Rupiah. Berdasarkan catatan DailySocial.id, jika ditotal dengan pendanaan seri sebelumnya, kisaran investasi yang berhasil dibukukan telah mencapai $87 juta. Berpotensi membawa valuasi perusahaan di angka $300 juta. Pendanaan inipun makin mendukung tujuan inklusi keuangan di tanah air hingga memperkuat posisi dan jangkauan pasar Qoala di Asia Tenggara.

Tentang Qoala Plus

Logo Qoala Plus
Logo Qoala Plus

Qoala Plus adalah salah satu unit bisnis utama dari Qoala yang berbasis digital untuk membantu tenaga pemasar menjual berbagai jenis produk asuransi dari partner terpercaya, mendukung pemasar menjadi wirausahawan, dan membangun hubungan baik dengan pelanggan. Teknologi Qoala Plus bertujuan untuk membantu Mitra mendistribusikan produk asuransi, menerima komisi secara instan, dan meningkatkan pemasaran asuransi meliputi pengelolaan polis dan penanganan klaim yang tentunya memiliki andil untuk mendorong inklusi keuangan di tanah air.

Mau jadi agen asuransi terbaik yang turut mendukung peningkatan inklusi keuangan di Indonesia? Yuk, bergabung menjadi Mitra Qoala Plus! Segera install aplikasi Qoala Plus di Google Play atau App Store! Kamu juga bisa kunjungi laman Qoala Plus untuk mendaftar dan mendapatkan informasi lainnya.