Perkembangan zaman dan teknologi memberikan dampak positif bagi setiap aspek kehidupan manusia termasuk dalam cara pemasaran produk. Jika dahulu para pebisnis dan pemasar hanya berfokus pada pemasaran konvensional, kini semua jenis dan ukuran bisnis bisa memanfaatkan digital marketing atau pemasaran secara digital.

Pemasaran digital tentunya memberikan lebih peluang yang lebih besar untuk menjangkau lebih banyak target audiens yang nantinya bisa memberikan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Nah, jika kamu sedang atau baru merintis bisnis dan ingin berkembang dengan lebih cepat, coba untuk manfaatkan semaksimal mungkin media online. Itulah kenapa kamu harus mulai belajar cara pemasaran produk online.

Kali ini, Qoala Plus akan membagikan informasi seputar strategi pemasaran yang efektif yang bisa kamu lakukan secara online terlepas apapun jenis produk yang hendak kamu jual. Dengan begitu, pemasaran akan tetap berlangsung bahkan saat kamu meninggalkan laptop atau smartphone kamu atau saat beristirahat di malam hari.

Apa saja cara pemasaran produk yang efektif dan efektif secara online? Untuk memasarkan produk di dunia digital, kamu bisa melakukan beberapa cara memasarkan produk berikut agar mampu menarik konsumen tanpa batasan waktu dan jarak.

1. Optimasi Branding dengan Baik

Sudah punya brand atau produk yang hendak dipasarkan, misalnya makanan, kerajinan, atau pakaian? Jika demikian, kamu bisa memulai cara pemasaran produk makanan, misalnya dengan cara optimasi branding dengan baik.

Branding adalah pencitraan yang bisa setiap bisnis lakukan yang bertujuan agar produk yang mereka tawarkan menarik dan melekat di benak target audiens atau calon pelanggan. Jika dilakukan dengan baik, maka bisnis tersebut bisa memberikan kesan yang baik kepada para audiens atau pengguna. Dengan begitu, mereka akan mulai mengenali brand tersebut hingga membuat keputusan untuk melakukan pembelian.

2. Mulai Cara Pemasaran Produk Online dari Beragam Platform Media Sosial

Mulai Cara Pemasaran Produk Online dari Beragam Platform Media Sosial
Sumber foto: 13_Phunkod via Shutterstock

Jika masih bingung bagaimana cara memasarkan produk agar menarik konsumen, simpelnya kamu bisa mulai dari berbagai platform sosial media. Karena pemasaran yang hendak kamu lakukan adalah secara online, maka akan lebih baik untuk memanfaatkan media sosial. Saat ini, ada banyak platform media sosial yang memiliki pengguna aktif yang menghabiskan waktu mereka setiap harinya. Kamu bisa memilih Instagram, Tiktok, Facebook, atau media sosial lain yang sesuai dengan tujuan bisnis kamu sebagai salah satu cara pemasaran produk online yang efektif.

Singkatnya, mulailah untuk memasarkan atau setidaknya melakukan branding di media sosial agar orang-orang tahu bahwa kamu memiliki brand yang bisa memenuhi kebutuhan atau menjadi solusi untuk masalah yang sedang mereka hadapi. Contohnya, kamu bisa menjual produk makanan yang bisa audiens beli untuk kebutuhan nya terlebih mereka yang tidak punya banyak waktu untuk datang ke toko konvensional.

3. Lakukan Pengembangan Konten

Dalam memasarkan produk secara online, pastikan kamu akan menggunakan konten menarik. Ada berbagai jenis konten yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan media pemasaran, target audiens, dan tren. Diantaranya adalah konten berbentuk teks, suara, video, dan lain sebagainya. Jika sudah memiliki konsep, kamu bisa mulai mengembangkan konten tersebut agar bisa lebih menarik dan unik sebagai cara pemasaran produk online yang efektif.

Biasanya, konten menarik dan unik akan lebih mudah disukai. Bahkan, orang-orang akan selalu ingat konten tersebut terlepas dari jenis produk yang kamu akan jual. Jadi, mulailah cara pemasaran produk ini dengan membuat daftar ide konten dan lakukan riset untuk mengetahui konten seperti apa yang lebih cocok untuk target audiens tertentu.

4. Amati Produk-produk yang Ada di Internet

Saat memulai bisnis online, pastinya produk kamu bukanlah satu-satunya produk yang ada di pasaran. Bisa jadi sudah banyak produk serupa yang sudah ada di pasaran bahkan sebelum kamu launching produk tersebut. Saat berencana memulai bisnis, kamu harus siap dengan kompetisi dimana kamu akan menemukan banyak pesaing atau kompetitor yang berlomba merebut hati calon konsumen potensial.

Untuk menemukan cara pemasaran produk agar cepat laku terjual, jangan lupa untuk mengamati produk-produk yang sudah ada di internet. Kemudian, cari tahu keunikan dan daya tariknya masing-masing. Dengan begitu, kamu bisa menemukan celah untuk bisa menawarkan hal yang berbeda pada audiens meski menawarkan produk yang sama dengan para pebisnis online lainnya.

5. Promosikan Melalui Blog atau Website

Sudah punya website atau blog? Bagi bisnis online, baik website maupun blog dinilai memiliki peranan penting. Website bisa kita ibaratkan sebagai toko online, dimana para pengunjung atau target audiens bisa menjelajahi setiap halaman dari website untuk mendapatkan informasi seputar produk atau jasa yang kita tawarkan baik itu harga, produk detail, dan lainnya.

Tidak hanya itu, website juga seharusnya memudahkan calon pembeli melakukan transaksi dengan menawarkan berbagai metode pembayaran. Sehingga, pengunjung yang tertarik dengan produk atau jasa bisa langsung melakukan pemesanan tanpa harus menghubungi kembali pihak penjual atau pengelola website. Ini juga bisa kamu jadikan sebagai contoh cara pemasaran produk yang tidak boleh terlewatkan.

Sementara blog bisa kamu gunakan sebagai media untuk berbagi informasi seputar produk atau jasa. Biasanya berupa informasi terbaru atau artikel yang bertujuan mengedukasi serta membantu konsumen mendapatkan apa yang mereka cari. Dengan begitu, mereka akan tahu apa yang sebenarnya kamu tawarkan dan mengapa mereka harus membeli atau memilih produk atau jasa tersebut.

6. Membuat Online Shop di Marketplace

Cara pemasaran produk seperti pakaian atau makanan yang selanjutnya adalah membuat online shop di marketplace. Siapa sih yang tidak suka kemudahan dalam mendapatkan produk yang mereka butuhkan? Marketplace menjembatani penjual dan pembeli agar bisa bertransaksi tanpa batasan waktu, lokasi, dan jarak.

Apapun produk yang kamu jual, pastikan untuk segera membuat online shop atau toko online di beberapa marketplace terpercaya di Indonesia. Dengan begitu, orang-orang bisa menemukan produk yang kamu jual dan mungkin cocok atau menarik perhatian mereka. Terkadang, orang berbelanja bukan karena butuh namun karena merasa bahwa produk tersebut menarik dan harus mereka miliki.

7. Gunakan Strategi Content Marketing

Gunakan Strategi Content Marketing
Sumber foto: Vitalii Vodolazskyi via Shutterstock

Apa saja metode pemasaran produk? Sebenarnya, ada banyak metode yang bisa kamu coba. Kamu juga bisa mencoba strategi content marketing, yaitu memasarkan produk melalui konten-konten menarik dengan mengikuti tren dan minat audiens.

Ada berbagai pilihan jenis content marketing yang banyak orang-orang gunakan untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan melalui pemasaran digital. Apa saja? Ada blog artikel, konten video, infografis, review produk, testimoni, konten berbayar, e-book, e-mail, dan lainnya. Kemudian, kamu bisa memilih konten yang dirasa paling potensial dan selalu memiliki banyak peminat. Semua opsi cara pemasaran produk online yang efektif ini kembali pada kebutuhan dan tujuan bisnis yang ingin kamu capai.

Jadi agen asuransi terbaik dengan bergabung sebagai Mitra Qoala Plus dan dapatkan pelatihan cara pemasaran produk asuransi secara digital maupun training gratis lainnya!

8. Optimasi SEO atau Search Engine Optimization

Sudah punya website tapi masih sepi pengunjung? Berbisnis online bukan hanya sekedar membuat website lalu selesai. Tidak seperti itu karena kamu harus melakukan optimasi mesin pencari atau search engine optimization (SEO). Tujuannya agar website, toko online, konten, atau blog kamu bisa ditemukan oleh pengguna internet melalui mesin pencari saat mereka menggunakan keyword tertentu. Lalu, bagaimana maksud dari cara pemasaran produk satu ini?

SEO adalah upaya untuk mengoptimasi website agar bisa muncul di hasil pencarian teratas mesin pencari seperti Google atau mesin pencari lainnya. Akan lebih baik jika website kamu bisa muncul di halaman 1 dengan ranking teratas sehingga akan lebih mudah orang temukan. Akan tetapi, untuk bisa mencapai ranking atau posisi tersebut diperlukan perjuangan dan upaya yang tepat.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan termasuk kecepatan website, penggunaan keyword yang tepat sesuai brand atau produk yang dipasarkan, kualitas konten, user experience website, dan lain sebagainya. Selain itu, yang paling penting adalah website kamu harus sudah terindeks oleh Google atau mesin pencari lainnya.

Sayangnya, hasil dari SEO tidak bisa kamu rasakan dalam waktu singkat karena mesin pencari menggunakan algoritmanya untuk menentukan website atau konten mana yang layak untuk berada di posisi ranking teratas. Terlebih dengan banyaknya kompetitor bisnis di luar sana yang bahkan sudah lebih dahulu menggunakan strategi marketing berupa search engine optimization. Bahkan, kamu harus sering melakukan update konten agar mesin pencari mengenali bahwa website kamu adalah website aktif.

Oleh karena itu, kamu harus sering memantau dan mencari solusi sesegera mungkin apabila terjadi masalah yang menghambat proses SEO yang kamu lakukan. Apabila hal tersebut sulit untuk dilakukan oleh orang yang tidak memiliki pemahaman dan pengalaman tentang SEO, gunakan saja jasa SEO profesional. Artinya, kamu akan memiliki seorang ahli yang nantinya akan menangani SEO agar bisa memberikan hasil yang optimal demi mengaplikasikan cara pemasaran produk online yang efektif.

9. SEM atau Search Engine Marketing

Apakah cukup hanya dengan melakukan search engine optimization atau SEO? Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, hasil dari SEO itu tidak instan dan butuh waktu lama. Namun, hasilnya juga mampu bertahan lama terlebih jika tidak ada kompetitor yang merebut posisi ranking website atau bisnis kamu di mesin pencari. Itulah kenapa kamu harus selalu melakukan optimasi agar bisa mempertahankan posisi tersebut agar website akan lebih mudah ditemukan oleh para pencari.

Untuk kamu yang ingin segera mendapatkan hasil yang lebih cepat, sebaiknya lengkapi upaya optimasi SEO dengan search engine marketing (SEM). Sudah pernah mendengar istilah digital marketing satu ini sebelumnya?

SEM adalah upaya marketing yang pebisnis atau marketer lakukan untuk mengoptimasi dan mengiklankan website agar bisa muncul di halaman teratas mesin pencari. Lalu, apa bedanya cara pemasaran produk online satu ini dengan SEO?

Jika SEO merupakan pencarian organik dimana pengguna konten akan ditampilkan apabila sesuai dengan keyword atau kata kunci yang pengguna internet ketikkan di mesin pencari. Berbeda halnya dengan SEM yang merupakan paid search atau pencarian berbayar. Konten atau website kamu akan muncul di hasil pencarian melalui iklan yang dimunculkan oleh mesin pencari. Jadi, untuk bisa menampilkan website di mesin pencari, kamu harus memasang iklan seperti Google Ads atau Bing Ads sesuai dengan mesin pencari yang kamu targetkan.

10. Email Marketing Sebagai Alternatif Cara Pemasaran Produk Online

Jika kamu sedang memikirkan ide untuk menggunakan alternatif cara pemasaran produk makanan atau jenis apapun, mengapa tidak mencoba email marketing? Seperti namanya, email marketing adalah cara memasarkan produk menggunakan atau melalui email. Cara pemasaran satu ini juga tergolong efektif. Kamu bisa menjangkau calon pelanggan potensial maupun pelanggan setia secara personal dengan mengirimkan email yang berhubungan dengan marketing.

Melalui email sebagai salah satu cara pemasaran produk, kamu bisa memberitahukan pelanggan apakah ada produk baru yang hendak kamu launching, penawaran, atau promosi khusus yang bisa membuat mereka semakin senang dan tertarik untuk berbelanja. Dewasa ini, rasanya setiap orang suka penawaran khusus baik berupa diskon, cashback, voucher belanja, dan lain sebagainya.

Jadi, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan email agar bisa meningkatkan penjualan. Adapun alamat email biasanya didapatkan dari pelanggan atau pengunjung website yang bersedia berlangganan dengan mengklik tombol subscribe. Dengan begitu, mereka akan terus menerima pembaruan dari bisnis kamu.

Guna memastikan agar email marketing terlihat menarik dan membuat penerima email penasaran untuk membuka pesan masuk pada inbox email mereka, gunakan konten yang menarik. Bila perlu, sesuaikan dengan preferensi masing-masing pelanggan terlebih email memang bersifat personal. Kamu juga bisa mengelompokkan penerima email berdasarkan preferensi dan minat sehingga akan memudahkan dalam mengirim email. Sertakan juga tombol call-to-action (CTA).

CTA bisa kamu gunakan untuk nantinya menganalisis kenapa penerima email tidak membeli produk padahal mereka sudah mengklik tombol atau ikon keranjang. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu apa penyebab orang-orang tidak tertarik untuk berlangganan newsletter setelah mengklik CTA yang ditampilkan.

Sekarang kamu bisa mulai mempelajari email marketing sebagai cara pemasaran produk termasuk untuk produk kerajinan dan sejenisnya. Dengan begitu, kamu akan semakin tahu mengapa email marketing memang diperlukan dalam pemasaran digital terlebih dengan semua kelebihannya.

Dapatkan solusi kemudahan beransuransi, baik bagi nasabah maupun agen asuransi dengan cara pemasaran, dokumen, dan proses klaim digital yang didukung teknologi terbaik di Qoala Plus!

11. Gunakan Google My Business atau Google Bisnisku

Bagaimana cara tepat untuk memasarkan produk agar dikenal oleh konsumen? Memasarkan produk atau jasa memang tidak mudah dan akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis. Akan tetapi, kamu sudah harus mulai terbuka dengan perkembangan zaman dan teknologi yang memungkinkan kamu membuat toko secara online serta memiliki kehadiran secara online.

Berbicara tentang toko online dan pemasaran digital, ada begitu banyak tools yang bisa kamu gunakan dan manfaatkan sebaik mungkin demi mengaplikasikan cara pemasaran produk online yang efektif. Salah satunya adalah Google bisnisku (Google my business). Google my business adalah tool dari Google yang bisa orang-orang gunakan untuk mengelola tampilan bisnis mereka di halaman pencarian Google dan Google maps.

Saat seseorang mengetikkan keyword yang berhubungan dengan bisnis atau nama brand kamu, akan ditampilkan informasi-informasi mengenai bisnis yang kamu jalankan di bagian kanan layar pada halaman pencarian Google. Informasi tersebut biasanya berupa alamat, jam operasional, telepon, dan lain sebagainya. Setiap pemilik Google my business bisa menulis serinci mungkin informasi yang ingin mereka sampaikan pada pengguna internet.

Dengan demikian, orang-orang akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi seputar bisnis kamu melalui mesin pencari Google. Pelanggan juga bisa langsung menulis ulasan (review) yang bisa membantu pengguna lain mendapatkan informasi terkait sebuah bisnis. Review juga akan memberikan dampak positif bagi bisnis yang kamu jalankan. Sebab, review yang bagus akan mampu menarik serta memengaruhi pelanggan lain untuk mencari tahu lebih jauh tentang bisnis, brand, atau produk yang kamu tawarkan secara online.

Pada dasarnya, Google My Business memiliki beberapa manfaat yang akan mendukung cara pemasaran produk kamu, seperti:

  • Mudah ditemukan saat pengguna internet melakukan pencarian melalui Google dengan keyword atau kata kunci tertentu
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan sehingga mereka yakin kalau bisnis atau toko kamu bukan toko bodong alias bisnis yang memang berjalan secara online
  • Membantu pelanggan mendapatkan informasi yang dibutuhkan termasuk alamat toko fisik atau offline kamu apabila mereka tertarik untuk berkunjung ke toko untuk melihat dan membeli produk kamu

12. CRM atau Customer Relationship Management

CRM atau Customer Relationship Management
Sumber foto: Jirapong Manustrong via Shutterstock

Sebagai pemula, wajar jika kamu masih bingung bagaimana cara memasarkan produk. Bahkan, kamu masih harus memilah dan memilih strategi pemasaran online yang paling efektif. Saat bisnis mulai berkembang dan tumbuh lebih besar, kamu tentu harus menemukan lebih banyak cara atau strategi agar pelanggan tetap setia dengan bisnis kamu sambil mengumpulkan pelanggan potensial baru.

Nah, salah satu cara pemasaran produk online yang efektif yang bisa kamu gunakan adalah melengkapi strategi pemasaran yang sudah ada dengan penggunaan customer relationship management atau CRM. Yaitu, strategi bisnis yang memadukan proses, manusia, dan teknologi. Tujuannya tentu saja untuk menarik prospek penjualan dan mengkonversi mereka menjadi pelanggan. Bahkan kamu juga bisa mempertahankan pelanggan setia agar tetap merasa puas dan percaya pada bisnis kamu.

Dengan CRM, pebisnis atau perusahaan bisa mengetahui sebanyak mungkin informasi seputar kebutuhan dan perilaku pelanggan. Sehingga, mereka bisa meningkatkan layanan agar lebih optimal untuk setiap pelanggan. Mengetahui dan mengenal pelanggan serta kebutuhan mereka merupakan salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis.

13. Cara Pemasaran Produk Online dengan Influencer Marketing

Dengan semakin banyaknya platform media sosial, semakin banyak pula yang menggunakan strategi pemasaran berupa influencer marketing. Mereka menggunakan teknik marketing melalui jasa para influencer untuk memengaruhi pengguna media sosial agar melakukan pembelian melalui apa yang mereka makan atau gunakan.

Sebagai seorang pebisnis online, kamu juga harus bisa melihat peluang mendapatkan cuan atau profit melalui cara marketing satu ini. Ada banyak influencer yang menawarkan jasa mereka demi membantu kamu mengaplikasikan cara pemasaran produk online yang efektif. Namun, kamu bisa memilih satu atau beberapa yang bisa memberikan potensi penjualan. Selain itu, mereka juga harus bisa mewakili bisnis yang kamu jalankan sehingga orang tidak akan ragu untuk membeli produk yang kamu tawarkan melalui influencer.

Pastikan juga influencer pilihanmu masuk dengan budget yang kamu punya. Seorang influencer tentu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta memiliki ide-ide konten atau postingan yang menarik, tidak monoton, dan fresh atau bukan hasil plagiat dari influencer lainnya.

Dengan memilih influencer yang tepat, bisa dipastikan strategi influencer marketing kamu bisa berjalan sesuai harapan sehingga bisa menghasilkan penjualan dan memberikan profit. Kamu bisa menggunakan jasa mereka kembali di masa mendatang apabila terbukti traffic datang dari marketing yang mereka lakukan.

14. Affiliate Marketing

Sudah sering mendengar istilah affiliator terlebih setelah kasus viral belakangan ini? Affiliator adalah sebutan untuk orang yang membantu memasarkan produk atau jasa sebuah bisnis atau perusahaan melalui program affiliate marketing. Lalu, apa maksud dari cara pemasaran produk satu ini?

Singkatnya, affiliate marketing adalah sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang dalam memasarkan produk atau jasa. Dimana mereka (affiliator) akan mendapatkan bayaran atau komisi atau setiap penjualan yang berhasil mereka lakukan. Strategi pemasaran ini tentunya dilakukan secara online.

Kamu mungkin sudah sering menemukan orang-orang yang membuat konten dengan membagikan link produk pada konten tersebut agar bisa dilihat oleh khalayak. Orang-orang yang tertarik dengan konten tersebut dan penasaran tentunya akan mengklik link tersebut. Kemudian, mereka akan diarahkan pada produk yang suatu perusahaan atau bisnis jual.

Semakin banyak pesanan atau pembelian yang terjadi melalui link affiliasi tersebut, semakin besar pula komisi atau pendapatan yang seorang affiliator akan dapatkan. Biasanya, pendapatan tersebut akan secara otomatis terhitung dan terakumulasi dalam jangka waktu tertentu.

Sebelum menggunakan affiliasi marketing sebagai strategi pemasaran produk, pastikan terlebih dahulu kamu sudah menghitung dan menentukan persentase komisi untuk setiap affiliator. Meski menggunakan jasa affiliasi tetapi kamu tetap harus mempertimbangkan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari strategi marketing tersebut.

Biasanya, siapapun bisa bergabung dengan program affiliasi marketing suatu perusahaan atau merchant selama memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Kemudahan dari cara pemasaran produk online ini juga akan menguntungkan para pebisnis online termasuk kamu karena bisa memasarkan produk tanpa harus menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga untuk memikirkan konsep marketing.

15. Buat Program Referral

Jika biasanya kamu hanya berfokus pada penjualan melalui media sosial dan iklan online, sekarang bisa mulai menambahkan satu cara pemasaran produk lain yaitu membuat program referral. Program tersebut merupakan strategi yang akan mendorong pelanggan untuk mengajak orang lain agar menjadi pelanggan baru.

Ajakan tersebut tidak terbatas pada pembelian saja tetapi bisa juga untuk membagikan konten, membuat akun, atau berlangganan newsletter dan sebagainya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pelanggan cenderung mempercayai rekomendasi dari orang-orang yang mereka kenal. Bahkan peluang seseorang membeli produk atau jasa juga lebih besar jika melalui rekomendasi.

Referral marketing bisa menjadi solusi menguntungkan tidak hanya bagi perusahaan atau bisnis, tetapi juga untuk pelanggan dan calon pelanggan. Dimana perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari penjualan, pelanggan yang merekomendasikan produk kamu akan mendapatkan keuntungan berupa potongan harga atau penawaran menarik lain. Sementara pelanggan baru akan mendapatkan apa yang mereka cari dengan lebih mudah tanpa harus menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga.

16. Berkolaborasi dengan Bisnis Lain

Pernah terpikirkan ide untuk berkolaborasi dengan bisnis lain? Ini juga bisa menjadi salah satu cara pemasaran produk online yang tepat untuk menawarkan atau memasarkan produk yang akan menguntungkan kedua belah pihak.

Kolaborasi bisnis berarti kamu akan bekerja dengan bisnis lain untuk menghasilkan ide serta menemukan solusi guna mencapai tujuan bisnis bersama. Bahkan, ada begitu banyak alasan kenapa kolaborasi bisnis harus dilakukan.

Dalam dunia bisnis, tidak semuanya bisa dilakukan sendiri. Oleh karena itu, kamu perlu pihak lain dalam mengembangkannya. Kolaborasi bisnis juga bisa membantu membangun jaringan dimana kamu bisa mendapatkan kolega baru yang bisa jadi suatu saat nanti kamu butuhkan bantuannya.

Melalui kolaborasi dengan bisnis lain, bukan tidak mungkin akan menginspirasi dan memberikan pelajar yang baik untuk perkembangan dan kesuksesan bisnis di masa mendatang. Berkolaborasi berarti menyatukan ide, kreatifitas, rencana, dan inovasi yang bisa diterapkan dan sesuai dengan tujuan bisnis.

Hal tersebut juga bisa mendorong bisnis kamu untuk bisa lebih berinovasi baik dalam menemukan solusi maupun dalam hal penting lain. Tujuan akhir yaitu memberikan pelayanan dan produk terbaik pada pelanggan akhirnya bisa tercapai sehingga akan berdampak positif pada profit bisnis atau perusahaan.

17. Jangkau Komunitas

Jangkau Komunitas
Sumber foto: May_Chanikran via Shutterstock

Masih bertanya apa saja metode pemasaran produk yang tepat? Tahukah kamu jika saat ini ada begitu banyak komunitas yang memungkinkan setiap pengguna internet bergabung di dalamnya?

Keberadaan komunitas tersebut tentunya adalah salah satu peluang bisnis yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendukung cara pemasaran produk online yang efektif. Untuk melakukan pemasaran, mengapa tidak mencoba menjangkau komunitas tertentu? Bahkan, kamu juga bisa membuat komunitas tersendiri apabila sudah memiliki banyak pelanggan yang memiliki minat yang sama. Melalui komunitas tersebut, para anggota bisa bertukar pikiran maupun pengalaman seputar pembelian mereka terutama dalam memilih produk atau brand bisnis kamu.

Dari sana, kamu juga bisa membantu mereka menyelesaikan masalah atau menggali data yang berhubungan dengan tingkat kepuasan serta pengalaman pelanggan. Sehingga bisa membantu kamu apa yang harus dikembangkan dan apa yang tidak perlu lagi digunakan dalam memasarkan produk.

18. Pasarkan Produk di Forum

Salah satu kelebihan dari digital marketing atau pemasaran produk secara digital adalah tersedianya berbagai alat atau media pemasaran. Tidak ada batasan produk atau jenis bisnis dalam hal tersebut sehingga bisa digunakan oleh bisnis dengan berbagai ukuran dan jenis.

Cara pemasaran produk lain yang tidak kalah baik untuk pebisnis coba adalah memasarkan produk melalui forum seperti forum jual beli yang ada di media sosial tertentu seperti Facebook. Kamu juga bisa bergabung dengan forum-forum lain yang dinilai cukup potensial untuk mendapatkan return dari promosi dan pemasaran yang dilakukan di sana. Tentunya, pemilihan forum harus disesuaikan dengan jenis produk apa yang akan kamu jual atau tawarkan agar memiliki potensi yang lebih besar untuk mendapatkan penjualan.

Yuk, gabung sebagai Mitra Qoala Plus dan dapatkan berbagai pelatihan seputar pemasaran hingga penjualan asuransi digital maupun training gratis lainnya hingga cuan berlimpah!

19. Meminta Teman untuk Memberikan Testimoni Melalui Media Sosial

Meski terlihat sederhana tetapi tidak ada salahnya untuk meminta bantuan teman melakukan promosi atau marketing melalui akun media sosial mereka. Mereka tidak perlu melakukan hard selling namun cukup dengan memberikan testimoni melalui media sosial baik itu Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter, maupun media sosial lainnya.

Testimoni tersebut nantinya bisa dilihat oleh para followers atau pengikut akun medsos teman kamu sehingga kamu bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Kamu bisa memberikan sample produk pada teman dan minta mereka untuk melakukan testimoni. Jika memungkinkan, kamu bisa menyiapkan budget tersendiri untuk membayar setiap testimoni tersebut. Anggarannya bisa lebih minim dibandingkan dengan menggunakan jasa influencer. Rasanya, cara pemasaran produk makanan ringan online seperti ini cocok terutama untuk bisnis kecil yang baru mulai atau berkembang.

20. Selalu Update Informasi tentang Perkembangan Pemasaran Digital Terkini

Terlepas dari apapun strategi pemasaran dan promosi penjualan produk yang kamu pilih, jangan sampai kamu terlena dengan hasil yang sudah didapatkan hingga lupa untuk terus mempelajari pasar. Seorang pebisnis harus selalu bisa melihat peluang termasuk dengan cara selalu update informasi yang berhubungan dengan perkembangan pemasaran digital terbaru.

Pemasaran digital yang populer dan memiliki banyak peminat tentunya bisa kamu gunakan untuk kebutuhan marketing bisnis kamu. Kamu bisa mulai mempelajari sejauh mana tren tersebut bisa membantu meningkatkan penjualan dan apakah termasuk cara pemasaran produk digital yang profitable atau bukan. Itulah kenapa menjadi seorang pebisnis online tidak boleh lengah dan tidak boleh berhenti belajar dan mengamati setiap perkembangan yang terjadi di dunia bisnis digital.

Itulah 20 cara pemasaran produk online yang saat ini semakin banyak digunakan. Strategi pemasaran digital semacam itu cocok untuk semua jenis bisnis. Bahkan seorang agen asuransi juga bisa mengimplementasikan beberapa dari strategi pemasaran produk tersebut.

Jika sudah mengetahui bagaimana cara mendapatkan calon nasabah asuransi potensial, kini saatnya untuk mendaftarkan diri atau bergabung sebagai Mitra Qoala Plus. Semakin cepat kamu bergabung, semakin cepat pula kamu akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk asuransi. Mulai dengan melakukan pendaftaran, dan lengkapi langkahmu dengan mengunduh aplikasi dari Google Play Store atau App Store. Bersiaplah mendapatkan sebanyak mungkin uang atas setiap kerja kerasmu dalam memikat dan menarik hati calon nasabah asuransi yang memilih asuransi sesuai kebutuhan proteksi masing-masing.